Agustus yang Bersejarah

Agustus

Agustus yang bersejarah. Bulan Agustus merupakan bulan paling bersejarah bagi Indonesia. Oleh karenanya tak salah apabila Agustus dipatrikan sebagai bulan paling nasionalis dan paling bermakna bagi negara kita. 

Hawa bulan Agustus sudah terlihat. Pemandangan penjual bendera, umbul-umbul merah putih sudah terlihat di sana-sini, siap memeriahkan dirgahayu bangsa Indonesia.

Beberapa kampung mulai menyiapkan perlombaan untuk anak-anak. Kaum dewasanya mulai memikirkan Tujuhbelasan alias pentas dan acara syukuran.

Beberapa waktu lalu tempat ku pernah bekerja juga selalu mengadakan upacara bendera peringatan tujuhbelasan. Kami siap menjadi anggota paduan suara dan berlatih beberapa hari jelang upacara. Kegiatan ini menyenangkan dan bisa jadi selingan rutinitas pekerjaan.

Sebentar lagi Indonesia bakal merayakan 71 kemerdekaannya. Lagi-lagi yang dipertanyakan adalah benarkah Indonesia sudah menjadi bangsa yang merdeka?

Secara formalitas, Indonesia memang sudah merdeka. Akan tetapi realitanya, Indonesia belum merdeka dari kemiskinan, kebodohan, dan juga sikap yang mudah terprovokasi untuk terpecah-belah. Jangan sampai ada lagi kerusuhan Tanjung Balai lainnya. Keberagaman itu indah dan janganlah selalu ingin diseragamkan.

Selamat datang Agustus, selamat jelang perayaan HUT kemerdekaan RI.

Gambar dari sini

~ oleh dewipuspasari pada Agustus 2, 2016.

2 Tanggapan to “Agustus yang Bersejarah”

  1. Agus-tus emang istimewa di Indonesia.
    Penjual bendera mulai berserakan di pinggir jalan.

Tinggalkan komentar