2019, Apa Rencanamu?

2019 menjadi tahun pemilu. Tahun yang diduga bakal keras dan bisa menentukan masa depan Indonesia. Berbeda dengan sebagian pihak yang merasa pesimis dengan tahun mendatang, aku berharap dan optimis nasibku berubah ke arah yang lebih baik.

Tahun ini, 2018, menurutku tahun yang penuh kerja keras namun tak begitu menampakkan hasil. Berbeda dengan tahun 2017 yang bagiku penuh kemujuran. Ya, tidak setiap tahun itu berjalan sesuai dengan harapan. Perlu kesabaran dan tentunya tetap bersemangat untuk menggapai impian.

Meskipun tahun depan disebut tahun yang bakal keras aku tetap bakal menaruh harapan tinggi, tetap bekerja keras dan selanjutnya pasrah kepada yang di Atas. Selain tetap berupaya konsisten menulis tiap hari, aku ingin melakukan lima hal berikut.

Meningkatkan Kemampuan
Aku mediocre. Kemampuan menulisku pas-pasan, atau malah kurang bagus. Kemampuan analisaku juga rasanya masih perlu ditingkatkan. Bahasa Inggrisku juga makin kurang cakap karena jarang digunakan.

Ya tidak ada salahnya aku melakukan perenungan bidang-bidang yang kurasa masih kurang. Aku ingin kembali percaya diri dan menjadi diriku yang lebih berani.

Mencobai Sesuatu yang Baru
Selama ini aku merasa diriku seperti katak dalam tempurung. Aku berada dalam zona nyamanku. Wake up Puspa! Ayo keluarkan keberanian dan potensimu. Tidak ada salahku aku mencoba sesuatu yang baru, belajar hal-hal baru atau mungkin pekerjaan baru?

Lebih Rajin Berolah Raga dan Memerhatikan Asupan Makanan
Tahun ini aku jarang berolah raga. Badanku jadi terasa kurang prima. Ayo lebih rutin lagi berolah raga. Jangan lupa makan buah, sayuran dan oatmeal lebih sering.

Menata Rumah
Uhuk rumahku berantakan. Terlalu banyak barang bikin ku pusing. Tapi barangnya bukan barang yang mahal sih, melainkan benda koleksi dan benda kenangan yang sayang untuk kubuang. Tapi aku ingin lebih nyaman di rumah. Untuk itu aku perlu menata rumah dengan menambahkan pot-pot tanaman dan sofa yang nyaman.

Berlibur Lebih Sering
Ini nih yang kucari. Aku perlu liburan lebih sering. Ya supaya seimbang antara otak kanan dan kiri. Terpikir untuk berlibur ke tempat kakak menimba ilmu ke Eropa sana. Hehehe siapa tahu lagi diskon pesawat terbang. Tahun depan targetku berlibur ke wilayah timur Indonesia. Ke Ambon, Nusa Tenggara, Papua, kayaknya bakal menyenangkan.

Kalau Kalian ingin melakukan apa tahun 2019?

Gambar: dokpri dan pixabay

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Desember 6, 2018.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: