Daenerys Dari Pembebas Budak Menjadi “Mad Queen”

Kemampuan Daenerys Targayen sebagai pemimpin yang bijak memang diragukan sejak awal kemunculannya. Bibit sadis dan rasa tak kenal ampunnya mulai terlihat dari beberapa kali ia menghukum orang yang menentangnya dengan membabi buta. Kini pada episode kelima musim kedelapan, penonton disuguhi adegan yang brutal dari cara Daenerys menaklukan Cersei dan pasukannya.

Pada saat episode keempat pasukan Daenerys dan Cersei nampak tak seimbang. Seperti yang disebutkan oleh Sansa, seharusnya mereka tak perlu buru-buru. Pasukan mereka banyak yang terluka selama menghadapi white walker dan wight, sebaiknya beristirahat dulu. Tapi Daenerys keras kepala dan kemudian tanpa strategi yang jitu naganya, Rhaeghal tewas secara menyedihkan. Naga yang tersisa adalah Drogon yang paling besar dan paling kuat. Sementara itu, kapal dan sebagian pasukan pun kocar-kacir.

Cersei cerdik. Ia mempermainkan emosi Daenerys. Ia membunuh ajudan dan sahabat Dany, Meissandei dengan keji. Ini merupakan titik kulminasi Daenerys. Ia sangat marah. Demikian pula dengan Grey Worm, kekasih Meissandei.

Full spoiler alert!

Wake up the dragon!

Nasihat Tyrion diacuhkan oleh Dany. Ia tak mau mendengarkan. Dany curiga kepada siapapun, kepada Jon Snow, Varys, juga kepada Tyrion. Varys sendiri menulis surat tentang identitas Jon Snow sebenarnya. Tapi tidak jelas apakah suratnya berhasil terkirim atau tidak karena ia keburu dieksekusi dengan api naga.

Jon dan Tyrion masih percaya Daenerys bakal memimpin dengan bijak setelah berhasil mengalahkan Cersei. Pasukan Jon dan Dany tidak banyak yang tersisa sehingga tumpuan pada naga. Tapi pihak musuh punya scorpion, senjata anti naga.

Sementara itu Tyrion membebaskan Jaime yang tertangkap. Adegan ini mengharukan. Keduanya yakin bakal tak pernah bertemu lagi. Tyrion tahu Jaime akan berupaya menyelamatkan Cersei. Dia memberitahukan cara ia kabur dulu saat dikejar banyak serdadu istana kepada Jaime.

Perang Dahsyat dan Brutal Dimulai

Peperangan berjalan singkat. Drogo berhasil melumpuhkan semua anti naga sehingga ia dengan mudah melumpuhkan para lawan. Seluruh kekuatan armada laut telah kalah. Kini ia menyerang dari atas lalu ke dalam benteng luar sehingga serdadu bayaran pun banyak menjadi korban.

Mereka menyerah. Lonceng tanda takluk pun dibunyikan. Tapi Danerys tak puas. Ia kemudian terus membakar bangunan dan rakyat sipil. Cersei dan Jaime terjebak di dalamnya. Hound dan Clegane yang berkelahi satu sama lain juga kemudian tewas setelah Hound melakukan aksi bunuh diri untuk mengalahkan kakaknya yang menjadi monster. Ia terjun bersama kakaknya ke dalam api yang sangat ditakutinya.

Dari pihak lawan sepertinya tak ada yang tersisa, penasihat gila Qyburn juga tewas. Demikian juga dengan Euron yang dikalahkan oleh Jaime. Kini King’s Landing dan Red Keep hanya menjadi reruntuhan dan penuh abu dari pembakaran. Ada banyak mayat manusia yang terbakar. Ribuan. Sisanya dibunuh oleh pasukan Dothraki dan Unsullied yang mengamuk.

Jon Snow nampak pucat. Demikian pula dengan Tyrion. Ini tak sesuai dengan rencana. Keduanya tak mengira Daenerys bakal sekejam itu. Jon Snow meminta pasukannya untuk mundur karena ia cemas pasukannya juga akan menjadi korban keganasan naga.

Di tempat lain Arya nampak tertegun melihat ulah naga yang dikendalikan Daenerys. Banyak wanita dan anak kecil ikut menjadi korban. Ia juga hampir mati terbakar dan tertimbun bangunan. Kemudian di depannya ada seekor kuda putih yang selamat. Ia pun di trailer nampak mengintip Dany yang merayakan kemenangan bersama Dothraki dan Unsullied dengan cemas. Tyrion yang berkeliling reruntuhan kota juga nampak tidak senang.

Ya rupanya tebakan fans terbukti. Daenerys susah menjaga kewarasannya dengan tekanan yang memuncak.

Wah MInggu depan adalah episode final yang menutup kisah Game of Thrones. Sudah 9 tahun film ini tayang, sebuah film yang ditunggu namun ceritanya sebagian tak sesuai harapan dengan kejutan yang tak disangka-sangka.

Gambar:HBO

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Mei 14, 2019.

2 Tanggapan to “Daenerys Dari Pembebas Budak Menjadi “Mad Queen””

  1. Berubah banget karakternya ya. Ayo bahas sampai final

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: