“Asal Kau Bahagia” Gagal Bikin Baper

Sabtu jelang siang kemarin, SCTV memutar film “Asal Kau Bahagia” sebagai salah satu film spesial libur lebaran. Aku cukup antusias untuk menyaksikannya, meskipun premisnya tak ada sesuatu yang baru, seperti kisah dalam film “Ghost”-nya Demi Moore dan “If I Stay”-nya Chloe Grace Moretz.

Film ini bertaburan idola remaja. Ada Aliando Syarief (Ganteng-ganteng Serigala), Aurora Ribero (Susah Sinyal), dan Teuku Rassya (Cerita Cinta). Uniknya mereka tetap menggunakan nama yang sama dengan nama tokoh yang diperankan mereka. Aliando dipanggil Ali, Teuku Rassya disapa dengan Rassya.

Ceritanya berpusat pada pasangan remaja, Aurora dan Ali. Suatu ketika Aurora meminta bertemu. Ali kemudian menuju tempat tersebut tapi kemudian mengalami kecelakaan parah saat berkendara. Ia pun koma.

Selama masih koma, ruh Ali melayang-layang. Ia mampu bergerak dan menggerakkan benda tapi orang-orang tak bisa melihatnya. Yang mampu melihatnya hanya sahabatnya, Dewa (Dewa Dayana). Ia pun meminta tolong kepada sahabatnya untuk memberikan pesan ke kekasihnya. Ia tak ingin kekasihnya bersedih. Ia juga diam-diam penasaran apa yang membuat Aurora jatuh cinta padanya.

Rupanya Aurora juga menyimpan rahasia. Ia menyimpan rahasia itu dalam buku hariannya. Ali ingin tahu apa yang ditulis Aurora. Sebenarnya ada rahasia apa yang ditutupi Aurora dari Ali?

Premisnya sebenarnya apik jika dibuat mendalam seperti “If I Stay” tapi di sini konfliknya hanya seputar Ali, Aurora, dan sahabatnya. Rassya juga hanya mendapat porsi kecil.

Artikulasi beberapa pemain kurang jelas, sehingga aku sampai membesarkan volume agar paham yang mereka obrolkan. Tapi sebagian di antara dialog itu tetap kurang tercerna.

Selama 1,5 jam aku hanya melihat Ali yang bolak balik mengganggu kawannya. Ekspresi dan gestur yang sama berulang-ulang, seperti kebingungan dan kesal. Sedangkan ekspresi Aurora tetap datar dan tindakannya di film tidak menunjukan ia benar-benar kehilangan kekasihnya. Rasya sendiri penampakannya di film tidak seperti yang dideskripsikan oleh Aurora. Ia tetap Rassya seperti kesehariannya.

Aku hanya ingin tahu akhir dari film ini. Selama 90 menitan aku hanya disuguhi drama bertele-tele yang membuatku bertanya-tanya, kapan filmnya berakhir. Ketika akhirnya filmnya tamat dan ending-nya dibuat tak seperti pada umumnya, aku merasa datar.

Sejak awal aku bertanya-tanya ini dikisahkan mereka masih SMA atau sudah kuliah dan bekerja ya? Soalnya kehidupannya hedon dan gaya pacarannya terlalu jauh untuk ukuran anak SMA. Atau memang filmnya menyuguhkan realita anak muda jaman sekarang ya?

Aku jadi gemas dan ingin membandingkannya dengan filmnya Chloe Grace. Di situ Chloe juga jadi anak SMA yang lagi mendaftar beasiswa masuk perguruan tinggi. Meskipun ada adegan pacaran dan hura-hura ala anak SMA tapi tetap disuguhkan kehidupan anak SMA yang berjuang untuk mendapatkan beasiswa di sekolah musik. Latarnya masih kuat. Sementara di film “Asal Kau Bahagia” fokusnya hanya tetap tentang rasa ingin tahu apa si kekasih benar-benar mencintainya, seperti masalah hidup hanya berfokus pada urusan asmara.

Sisi positifnya di sini lagu yang menghiasi filmnya beberapa di antaranya enak didengar. Lagu Armada “Asal Kau Bahagia” dan cover-nya pas di sini. Pengambilan gambarnya beberapa apik, di lorong-lorong, lebuh pas lagi jika dibuat untuk film horor.  Panorama pantainya apik. Akting si sahabat, Dewa yang paling bisa diapresiasi dan menghidupkan cerita.

Detail Film:
Judul: Asal Kau Bahagia
Sutradara: Rako Prijanto
Pemeran: Aliando Syarief, Aurora Ribero, Teuku Rassya, Dewa Dayana
Genre : Drama remaja, romantis
Skor : 5/10
Gambar: Falcon Pictures, IDN Times

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juni 9, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: