“Marriage Story”, Konflik Rumah Tangga Karena Miskomunikasi

Nicole (Scarlett Johansson) adalah wanita yang cantik dan penuh semangat. Ia lucu dan juga berbakat di bidang seni. Itulah sosok Nicole yang digambarkan oleh Charlie Barber (Adam Driver). Ia menyayangi Nicole, istrinya. Tapi…

Sosok si suami yang digambarkan Nicole dalam catatannya juga banyak sisi baiknya. Charlie pekerja keras dan sayang anak. Ia hobi baca dan ia sutradara panggung yang banyak dikagumi. Tapi…

Sepasang suami istri itu sama-sama sedang marah. Emosi membuat mereka sulit berpikir jernih. Mereka hanya ingin pendapatnya benar dan masing-masing dari mereka tak mau mengalah.

Kertas yang menggambarkan sisi baik dari pasangan tak mereka berikan ke penasihat pernikahan. Mereka tetap ingin berpisah dan memenangkan hak asuh sang anak.

Maka mulailah mereka bersaing keras. Mereka mencari pengacara paling andal dan berlomba menarik perhatian sang anak. Sang anak merasakan perubahan yang tak nyaman di sekitarnya.

Mengaduk-aduk Emosi. Bikin Kesal Sekaligus Haru
Kedua-duanya adalah karakter yang menarik. Secara individu, Nicole dan Charlie, orang yang mengagumkan. Hanya mereka keras kepala dan sama-sama memiliki ego yang tinggi.

Sebagai penonton, aku merasa ikut kesal dan terpicu untuk merasa emosi melihat sikap Nicole kepada Charlie yang dingin, juga sedih mendengar kata-kata kasar yang dilontarkan Charlie ke Nicole sebagai puncak kekesalannya. Kenapa mereka tidak bisa berhenti dan menjauh sejenak? Sebab sebenarnya mereka pasangan yang serasi. Mereka juga sebenarnya masih saling menyayangi.

Ya. Film ini bikin penonton kesal dan juga sedih. Noah Baumbach selaku sutradara cerdik menggiring penonton untuk menyelami karakter masing-masing tokoh dan hal apa yang paling membuat tiap karakter frustasi terhadap sikap pasangannya.

Baik Scarlet Johansson maupun Adam Driver berhasil memerankan sosok istri dan suami yang memiliki kepribadian menarik sekaligus nampak egois. Adam menurutku tampil luar biasa di sini. Perannya ini seolah menepis anggapan buruk penonton yang tidak menyukai perannya sebagai Kylo Renn di “Star Wars”. Scarlett dan Adam masing-masing meraih nominasi Oscar untuk perfoma aktingnya di film ini.

Nah seolah-olah tidak cukup dengan persaingan antara Nicole dan Charlie, di sini juga ditampilkan persaingan antara para pengacara, Nora versus Jay. Mereka saling mengulik dan mencari kelemahan lawan. Sikap pengacara membuat keduanya tak nyaman. Mereka mulai berpikir-pikir ulang tapi keinginan untuk menang di pengadilan dan mendapat hak asuh anak lebih menarik bagi mereka.

Mungkin salah satu yang membuat film ini sukses karena cerita ini dibuat oleh Noah Baumbach, yang pasangannya juga sutradara terkenal. Greta Gerwig adalah sutradara “Little Women” dan juga seorang aktris. Suami istri ini kemarin bersaing ketat untuk meraih predikat film terbaik. Sebelum bersama Greta, Noah menikah dengan Jennifer Jason Leigh, seorang aktris yang juga bertalenta. Kisah Noah dan Jennifer ini selintas mirip Charlie dan Nicole.

Sayangnya “Marriage Story” gagal memborong Oscar dan Golden Globe padahal film ini masuk ke dalam enam kategori nominasi Oscar dan Golden Globe. Ia hanya mampu meraih penghargaan untuk kategori aktris pendukung terbaik. Laura Dern sebagai pengacara memang tampil menyakinkan sekaligus menjengkelkan di sini. Kualitas aktingnya memang tak diragukan. Ia sudah langganan penghargaan.

Selain cerita dan kualitas akting yang jempolan, film ini juga unggul dalam hal editing, sinematografi dan skoring yang apik.

Detail Film:
Judul: Marriage Story
Sutradara: Noah Baumbach
Pemeran: Scarlett Johansson, Adam Driver, Laura Dern, Alan Alda, Julie Hagerty, Azhy Robertson, dan Ray Liotta
Genre: Drama
Skor: 8/10

~ oleh dewipuspasari pada Mei 15, 2020.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: