Film-Film Indonesia Tentang Naik Haji

Mekah I'm Coming

Idul Adha identik dengan peristiwa naik haji. Di Indonesia ada beberapa film yang berkaitan dengan menjalankan Rukun Islam kelima tersebut. Film-film tersebut di antaranya “Mekah I’m Coming”, “Haji Backpacker”, “Di Bawah Lindungan Kabah”, “Tauhid”, dan “Emak Ingin Naik Haji”. Aku ulas tiga di antaranya ya.

“Mekah I’m Coming”
“Mekah I’m Coming” merupakan film drama komedi yang sukses bikin aku tertawa terbahak-bahak. Ceritanya konsisten absurd dari awal hingga akhir film. Tak heran film ini jadi film pilihan di ajang Piala Maya dan Festival Film Tempo 2020.

Film yang dibintangi Rizky Nazar dan Michelle Ziudith ini bercerita tentang Eddy (Rizky Nazar) yang ingin meminang Eni (Michelle Ziudith). Eddy dengan percaya diri berkata ia sanggup untuk naik haji pada tahun tersebut. Ia tak tahu apabila untuk mendapatkan kuota resmi haji harus menunggu kira-kira sepuluh tahun.

Kuatir kekasihnya dipinang saudagar kaya raya, ia pun nekat. Ia mendatangi agen yang menjanjikan haji plus dan bisa berangkat tahun itu juga. Tak dinyana ia tertipu ketika sudah sampai di Jakarta. Eddy pun takut pulang dan disebut haji hoax.

Mekah I'm Coming

Ceritanya lucu namun juga sedih. Di Indonesia ada banyak agen travel haji dan umroh yang menipu. Sungguh malang nasib jamaahnya, apalagi tak sedikit yang bersusah payah mengumpulkan dana dari menabung hingga menjual barang berharganya.

Film ini bisa kalian saksikan di Disney Plus Hotstar. Kayaknya nanti aku buat ulasan versi panjangnya.

“Emak Ingin Naik Haji”
“Emak Ingin Naik Haji” adalah film yang dirilis tahun 2009. Film ini dibintangi Reza Rahadian, Didi Petet, dan Aty Cancer. Sutradaranya adalah Aditya Gumay.

Film ini bikin sedih. Ceritanya tentang seorang perempuan paruh baya yang ingin sekali naik haji. Emak (Aty Cancer) sehari-harinya hanya berjualan kue. Tabungannya tak kunjung cukup. Sedangkan putranya, Zein (Reza Rahadian) hanya sebagai penjual lukisan keliling yang pendapatannya tak pasti.

Di tempat lain ada yang berhaji untuk mendapatkan citra baik untuk karier politiknya. Ada juga yang sudah berkali-kali naik haji dan umrah.

emak ingin naik haji

Ceritanya menyentuh dan juga menyentil kondisi di mana ada yang begitu susah mendapatkan antrian kuota naik haji, ada juga yang begitu mudahnya berkali-kali naik haji. Film ini raih enam nominasi Piala Citra, di antaranya aktor terbaik dan aktris terbaik untuk Reza Rahadian dan Aty Cancer.


“Haji Backpacker”
“Haji Backpacker” menggaungkan nama Abimana Aryasatya. Film ini dirilis tahun 2014 dan dibintangi Abimana bersama Dewi Sandra, Laudya Cythia Bella, Ray Sahetapy, Dion Wiyoko, dan Dewi Sandra. Sutradaranya adalah Danial Rifki.

Film ini bercerita tentang sosok Mada yang diperankan oleh Abimana. Ia merasa hidupnya tak sesuai harapannya, ibunya meninggal dan gadis dicintainya meninggalkannya. Ia pun kemudian memilih berkelana ke sembilan negara hingga kemudian tiba di Mekah.

Haji Backpacker
Film ini banyak menyajikan tempat-tempat yang indah. Cocok bagi pecinta traveling. ‘”Haji Bakckpacker” bisa ditonton di KlikFilm.


Gambar: Falcon, MD Pictures, dan Mizan Productions

~ oleh dewipuspasari pada Juli 21, 2021.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: