Serial “On The Verge”, Tentang Masa Krisis Empat Perempuan 40-50 Tahun

On the verge

Konon masa krisis adalah usia 40 tahunan. Pada masa ini baik pria dan perempuan seperti memiliki cara pandang baru atau semacam ‘pencerahan’. Berkat krisis dan pencerahan ini ada yang hidupnya malah kacau balau. Namun ada juga yang lebih tertata dan membaik. Kisah perempuan dalam masa krisis 40-an dikisahkan dalam serial “On The Verge”.

Ada empat perempuan yang bersahabat. Usianya sekitar 45-50 tahun. Mereka adalah Justine (Julie Delpy), Anne (Elisabeth Shue), Ell (Alexia Landeau), dan Yasmin (Sarah Jones). Justine seorang chef dari Prancis, Anne seorang desainer dari keluarga kaya raya, Ell orang tua tunggal yang bekerja serabutan, dan Yasmin seorang ibu rumah tangga yang ingin kembali bekerja.

Justine sedang sibuk menyusun buku, bekerja, dan juga merawat keluarganya. Ketika di rumah ia tetap memasak, mengantar anaknya ke sekolah, dan menghadapi suaminya yang egois dan merasa pendapatnya yang paling benar.

Anne tak bisa lepas dari ibunya. Suaminya sendiri kurang bisa diandalkan karena seorang junkies. Ell punya tiga anak dari pria berbeda-beda dan tak bertanggung jawab. Ia selalu nampak kelelahan dan mencari cara menghidupi keluarganya dengan bekerja apa saja.

Yasmin adalah ratu drama. Ia suka mengomentari banyak hal dan menganggap dunia tak adil kepada dirinya yang campuran kulit hitam dan Persia. Ia suka mengalami serangan panik yang membuat suami dan anaknya was-was kepadanya.

Serial "On The Verge", Tentang Krisis Empat Perempuan 40-50 Tahun
Putra Justine merasa kesal melihat sikap ayahnya kepada ibunya. Ia juga tak suka melihat ibunya berulang kali meminta maaf atas sesuatu yang sebenarnya bukan kesalahannya.

Topik-topik tentang kehidupan rumah tangga, pekerjaan, tunawisma, dan politik menjadi obrolan keempat perempuan tersebut. Sebenarnya topik yang sederhana dan tetap menarik, hanya mereka lebih banyak membahas dari sisi negatif.

Keempat perempuan ini bukan sosok yang ideal. Justine nampak takut dengan suaminya, meski di tempat kerja ia perempuan yang tangguh. Ia enggan berpendapat karena suaminya pasti menyangganya atau marah kepadanya.

Anne masih tak bisa hidup independen, ia bergantung pada keluarganya. Ia takut untuk mandiri karena suaminya juga tak punya keuangan stabil.

Sedangkan Ell suka berbuat curang, misalnya menjual kaus buatan murid-murid disabilitas karena tak punya cukup uang untuk menghidupi tiga anaknya. Sedangkan Yasmin terlalu suka mendramatisir.

Tapi karena mereka bukan sosok yang ideal, mereka jadi terasa nyata. Mereka sosok yang bisa ditemui sehari-hari di dunia nyata. Aku juga ingin punya sahabat yang awet hingga dua dekade lebih.

Film ini tayang di Netflix sebanyak 12 episode. Satu episode berkisar 30 menitan. Bakal ada musim keduanya sepertinya.

Omong-omong serial film ini karya dari Julie Delpy. Di episode pertama ia juga bertugas sebagai sutradara.

Julie Delpy adalah aktris asal Prancis yang beken lewat trilogi before bersama Ethan Hawke. Di sini ia memang nampak sudah berumur, namun tetap manis.

On the verge
Film ini memang tak memiliki unsur ceria, cenderung muram. Namun rasanya lebih membumi karena karakternya lugas dan memiliki kekurangan.

“On The Verge” memang tidak wah dan glamour, namun lumayan seru untuk dinikmati. Apalagi bagi mereka yang kangen dengan akting Julie Delpy.

Gambar dari Netflix

~ oleh dewipuspasari pada September 11, 2021.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: