Bedah Lirik: Senandung Dal Segno yang Terkesan Sinis

Lagu ini lahir sebelas tahun silam alias tahun 2001, ketika aku duduk pada tahun kedua di ITS. Lagu ini terkesan mendayu-dayu, namun yang membuatku terpaku hingga lagu ini berlalu adalah baris reffrain-nya yang tidak biasa. Liriknya itu terkesan sinis banget, benar-benar lirik yang tidak biasa.

Terkutuklah Engkau bila Kau mendambakan diriku

Membusuklah Engkau bila Kau tetap menginginkan diriku

Kontan lagu ini menjadi lagu nomor satu yang kutunggu-tunggu selama tahun 2001. Aku sangat suka dengan musik yang hidup atau lirik lagu yang unik. Dan menurutku lagu ini memenuhi kriteria dua-duanya. Jenis musik rock yang tidak pedas seperti Between Angels and Insect-nya Papa Roach melainkan kelam seperti Falling Away from Me-nya Korn namun lebih kalem. Aku setuju bila nilai lagu ini setara dengan Milk It-nya Nirvana dengan aransemen dan liriknya yang unik.

 

Sayangnya lagu ini jarang diputar di radio, dan sialnya, aku juga tidak tahu nama band yang membawakan lagu ini.  Hingga ketika perjalanan dari Bandung ke Jakarta Sabtu lalu (14/7) aku tiba-tiba teringat dengan lagu ini. Ketika itu radio itu memutar lagu Kikan yang bertajuk “Serasa”. Aku yang tengah melamun kontan terpaku, lagu itu salah satu favoritku. Dan lagi-lagi aku tidak tahu nama penyanyi sebelumnya, seingatku vokalisnya pria dan menempati tangga lagu pertama sekitar tahun 2004 di radio-radio Surabaya (band ini atau lagu ini akan kuulas di artikel berikutnya). Lalu iseng-iseng kuketik reff lagu ini di Google dan muncullah nama Dal Segno dan link di youtube untuk lagu ini.

 

Jelas lirik dan aransemen musiknya tidak biasa karena nama band mereka juga unik. Nama band ini menggunakan bahasa latin dan digawangi tiga personel, Olly, Ivan, dan Ambonk. Dan rupanya penggemar mereka cukup banyak dan berharap band ini kembali muncul dan menelorkan lagu-lagu dengan lirik mereka yang unik.

 

Kembali ke lirik “Senandungku”,awalnya aku beranggapan lagu ini menceritakan sosok pria yang angkuh terhadap gadis-gadis yang memuja dirinya. Bisa jadi benar, karena ada tipe pria atau wanita tertentu yang terobsesi dengan sosok yang dicintainya hingga ia hidup menderita. Namun, setelah kucermati lirik lagunya secara utuh dari baris pertama hingga pamungkas, nampak bahwa sosok pria dalam lagu ini adalah sosok yang rapuh dan tidak percaya diri.

 

Menurutku, tokoh pria di sini menyukai tokoh gadis, bahkan bisa dibilang ia jatuh cinta pada gadis ini. Dan si gadis juga menyukai pria yang digambarkan memiliki cacat fisik ini dengan tulus, bahkan berani memperjuangkan cintanya. Sayangnya, si pria merasa hubungan mereka akan sia-sia bila dilanjutkan, entah karena tidak percaya diri atau karena sebab lain, sehingga ia mengkhianati hatinya (baris terakhir) dan berupaya membuat gadis menderita dan membenci dirinya agar mau melepaskannya. Mirip dengan kisah romantika awal Izaku dan Noriko dan Kisah Legenda Pelangi. Lagu yang sebetulnya sedih, namun dibungkus seolah-olah menjadi lagu yang angkuh dan sinis oleh pilihan kata-kata dalam liriknya.

 

Selain kekuatan liriknya, lagu ini kuat oleh aransemen dan emosi vokalisnya. Musik pada awal-awal lagu nampak mengambang dan artikulasi vokalisnya kurang jelas (perlu telinga tajam dankonsentrasi untuk menangkap kata-kata) mirip dengan Kosong-nya Pure Saturday, tapi di bagian reff menghentak dan emosi vokalisnya semakin terakselerasi pada bait terakhir yang seolah menyimpulkan isi lagu ini. Kerja yang brilian.

 

Lirik lagu selengkapnya:

Terus menerus terlintas saat pertama kau menatapku

Masih merona wajah ini memuji kau buatku memerah

Kental darahku pun menggumpal lunak lidahku mengeras

Nafasku tercekik saat halusnya jemarimu menyentuh cacat tubuhku

 

Reff:      Terkutuklah engkau bila kau mendambakan diriku

Membusuklah engkau bila kau tetap menginginkan diriku

 

Tak kan habis nada ini kusenandungkan

Tuk memuja dirimu yang dianugrahi keindahan yang sempurna

Dan tak kan pernah cukup tinta ini kugoreskan

Tuk kugambarkan besarnya hati yang kan kupersembahkan pada dirimu

 

Pasti ku kan temukan cara tuk membuat dirimu menderita

Pasti kau kan penuh siksa dengan benci yang selalu kupelihara

Hati ku tak kan pernah berhenti tuk menghianati diriku

 

Tadi malam (6/10) ada Hendri yang mengirimkan link video Dal Segno di Youtube, ini dia videonya jika padha kangen dengan lagu ini.

 

 

 

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juli 16, 2012.

46 Tanggapan to “Bedah Lirik: Senandung Dal Segno yang Terkesan Sinis”

  1. sayang mrka dah facum.skrang lirik2 lagu yg ber jener em0ji adalah captain jack asal jogja,lirik2 nya bnr2 em0sional

  2. pernah 1x liat video clip aslinya…masih berkesan hingga sekarang

  3. simak juga deh lagu2 nya phyruhize, penuh emosi juga lho

  4. Salam kenal mba dewi…. gw ambownk ds.gila msh ada yg mratiin dalsegno ke gini.thanx mba tulisannya!

    • Wah mas Ambownk salam kenal ya..thanks banget sudah mampir ke blog ini. Saya sudah ngefans lagu Senandungku sejak 2001 tapi waktu itu cuma dengar di radio. Di Surabaya sempat jadi no 1 beberapa minggu. Nah baru tahun ini mendalami lagu2 Dal segno lainnya.Bagaimana kabar band Dal segno?apa masih eksis atau ganti nama band?

      • kita sdh ga ngeband lg mba,tpi msh ngumpul…..sudah sibuk masing2 sm kluarga.kadang msh ada kpinginan ngeband lagi….hehehe.gw minta alamat email lo mba kalo boleh.thnx yah.

      • Setuju, keluarga memang nomor satu:) Tapi hobi juga kalau bisa tetap jalan hehehe.

        salam,
        puspa

    • mas ambownk. bisa minta arsip lagunya dal segno..? sy sudah cari kemana-mana tapi belum dapat. plis…. mungkin ini harapan terakhir untuk bisa dapat lagu lagunya dal segno..

  5. masih berharap DS hidup kembali…

  6. sayang sekali, hanya satu album dan langsung facum.

  7. Pengen download lagu dalsegno 1 album , ayo donk minta link ny. Plisss

    • Dulu pernah iseng-iseng nyari di 4shared.com dan dapat..tapi sudah lama sih dan itu masuk ilegal ya:p. Coba tanya langsung mas Ambownk Dalsegno (ada di komentar), dia kan punggawanya Dalsegno:)

  8. Kalo ada yang tau kasih tau ya, minta tolong.

  9. Kok dal segno fakum ya…sy sangat demen dgn dal segno..ayo mas terus berkarya lagi dong…mas ap ad no hp yg bisa sy hubungin…slm knl ivan al_atas…in pin bb sy mas…287b70de + 082255990007…mari bangkit lagi ya

    • Hai Bang Ivan,
      Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Wah demen lagu Dal Segno juga ya, pasti bang Ambownk drummer Dal Segno senang banget. Coba lihat di baris komentar artikel Bedah lirik tersebut, nah di situ ada personelnya Dal Segno mas Ambownk, bisa langsung kontak Beliau di situ.

      salam hangat

  10. sya pernah denger kl lagu ini sempet dilarang diputar,,kira2 apa ya alasan’a dilarang diputar…slam knal smua…

    • Wah masak dilarang? Saya baru tahu. Mungkin liriknya terkesan kasar gitu ya. Coba tanya ke Mas Ambownk yang ada di komentar, Beliau drummer Dal Segno. Oh iya salam kenal Iffan.

  11. bagi link download albumnya dong, saya sudah setengah mati nyari tapi gak ketemu… pliiiiiiiiiissssssssssssss

    • Salam kenal Aree,
      Wah pencinta musik Dal Segno juga? Bisa tanya ke Mas Ambownk. Dia drummer-nya Dal Segno dan ada namanya di kolom komentar artikel ini. Semoga dia ga pelit ngasih beberapa lagunya hehehe.

  12. salam kenal smua,gw ambownk (bassist dS)… maaf baru bisa nimbrung lg di blog nya mba dewi…alhamdulillah dS (olly,iyan n gw(ambownk)) baru slesai buat klip akustik senandungku.kita sudah upload diyoutube,boleh diliat deh… ksh komentar,kritik n saran juga boleh….harus malah.hehehe….! makasih mba dewi atas artikel n semangatnya….(mba whatsappin gw dong contact mba dewi ilang soalnya) thnx a lot mba n smua temans dS

  13. Wah, ini salah satu lagu favorit saya mbak… dan sampe sekarang masih ada di playlist… waktu itu saya sampe rekam manual dari radio ke pita kaset… 🙂

    • Salam kenal Pungky,
      Wah memang masa itu lagunya Dalsegno unik jadinya berkesan hingga sekarang. Di kolom komentar ada mas Ambownk, punggawa Dalsegno, bisa berkenalan langsung sama dia:)

  14. temans dS yg ada diblog mba dewi bisa add dS di facebook dalsegno.band or follow @dalsegnotweet. kita bisa ngobrol2.ok thnx.mba dewi contact di email ga ada mba.alamat email kmrn salah.tolong kirim lg y mba.thnx.

  15. Agan-agan coba masuk ke link ini yaa http://www.filedropper.com/dalsegno
    untuk download lagu-lagu album dalsegno…salam kenal semua

  16. Terkutuklah engkau bila kau mendambakan diriku

    Membusuklah engkau bila kau tetap menginginkan diriku

    lirik tajam dan penuh makna, #Evergreen
    jujur lagu ini wkt saya msh SMA, dan membekas sampe skrg dan gk prnh ada kata bosan buat diputer..
    salut n rescpect ma personil Dal Segno, trs berkarya :)..
    buat mbak dewi, terima kasih ulasan bedah lirik nya..

  17. liriknya kuat banget .. saya adalah salah satu manusia yang suka memperhatikan kata perkata dan kemudian saya analisa.. lirik lagu ini, konsepnya kuat, berbeda dan mempunyai kekuatan yang bisa menghidupkan nama band nya…walaupun ds telah vakum, tapi lewat lirik yang berkarakter, ds tetap hidup sampai saat ini .. salut

    • Salam kenal Novlok,
      Iya liriknya suram tapi menarik.

      • salam kenal bu, semoga ds masih berkenan menghadirkan eksistensinya, paling tidak mengobati untuk rasa penasaran. dan saya rasa ds mempunyai tanggung jawab moral kepada publik untuk berbagi cerita lirik lagu tersebut ..hehehe. semoga saja

      • Ada personel Dalsegno yang sering main ke artikel ini. Ia drummernya alias bang Ambownk.
        Kalau ingin mengikuti kegiatan Dalsegno saat ini bisa follow twitternya di @dalsegnotweet dan facebook dalsegno.band

  18. Lgunya sgt menarik,, btuh telinga yg tajam tuk menghafal nada lirik gunya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: