10 Vokalis Rock Pria Mancanegara Terbaik

sampul vokalis rock

Ada banyak vokalis band bergenre rock di dunia. Namun tidak banyak vokalis rock yang mampu memberikan kesan mendalam baik dari segi warna vokal maupun kemampuannya dalam hal penjiwaan untuk memberikan emosi pada lagu dan kualitas teknik bernyanyinya. Berikut vokalis rock pria favorit saya. Ada beberapa vokalis rock yang juga beken tidak saya masukkan. Mohon maaf bagi penggemar vokalis Metallica, Scorpion, Kurt Cobain dan sebagainya, karena isi artikel ini sangat subyektif.

Berikut para vokalis rock pria terbaik versi saya:

  •  Corey Taylor, Vokalis Slipknot

Corey TaylorUntuk saat ini si Corey Taylor adalah vokalis rock kesayangan saya. Suaranya wow dahsyat. Bisa disetel melankolis tapi juga bisa berubah menjadi gahar seperti suara monster dan suatu saat bisa nampak seksi (di SIC dan Diluted). Ia bisa growl dan juga bisa ngerap. Vokalis rock yang mirip dengan bintang Prison Break ini juga sangat ahli menjiwai lagu dan memberikan warna pada tiap lagunya. Oh ya si Corey Taylor juga pernah membawakan lagu-lagu Nirvana di sebuah acara dengan bermain gitar. Dan saya akui lagu-lagu Nivana semacam Polly jauh jauh lebih bagus ketika dibawakannya dibandingkan ketika dinyanyikan oleh masternya, Kurt Cobain.

 

  • Chester Bennington, Vokalis Linkin’ Park

Lagu Crawling begitu memikat dengan lengkingan suara Chester dan saya langsung jatuh cinta pada Linkin’ Park. Suara si Chester memang tinggi dan powerful, namun ia juga bisa ber-mellow ria dan tampil murung seperti di lagu Valentine Day. Saya menonton konsernya di Jakarta beberapa waktu lalu dan memang suaranya benar-benar keren. Ia tetap prima dan mampu teriak-teriak hingga konser berakhir tanpa kehilangan suaranya.

Chester

 

  • Axl Rose, Vokalis Guns N’ Rosesaxl rose

Banyak yang mengatakan Axl Rose vokalis rock terbaik hingga saat ini dan saya setuju. Suaranya khas berkarakter. Dari Welcome The Jungle, Sweet Child of Mine, Hair of Dog, hingga lagu yang melankolis seperti November Rain dan Don’t You Cry tetap melegenda dan bisa dinikmati kapan saja.

 

  • Andi Deris, Vokalis HelloweenAndi Deris

Saya menyukai kedua vokalis Helloween, namun saya lebih suka si Andi. Si vokalis pendahulunya, Kiske, memiliki jangkauan nada yang lebar sehingga lengkingannya yang jernih di I Want Out saya acungi jempol. Sedangkan Andi Deris memiliki warna vokal yang unik, merdu, namun juga powerful. Si Andi bisa tampil mengaduk-aduk emosi di Forever and One, tampil cool di Power, dan bisa garang di Are You Metal?

 

  • Eric Martin, vokalis Mr Big

Eric Martin adalah warna Mr Big. Memang Mr Big saya ibaratkan sebagai pemain rock baik-baik seperti juga Bon Jovi, tidak gahar seperti Slipknot dan tidak ‘nakal’ seperti Ugly Kid Joe, tapi tetap menarik. Ketika si gitaris, Paul Gilbert, sempat solo saya sempat menonton konsernya di Surabaya dan lagu-lagu Mr Big kurang bagus dinyanyikan olehnya. Ya, cukuplah ia ahli bermain gitar tapi urusan vokal biarlah si Eric yang memegang:) Eric sampai sekarang tidak banyak berubah, termasuk suaranya ketika tampil di Jakarta. Ia tetap cakep dan imut, baik rambutnya dipangkas pendek atau panjang.

Eric Martin

  • Jon Bon Jovi, Vokalis Bon Jovi

jon bon joviBon Jovi banyak memiliki lagu hits. Dan selain komposisi musik dan liriknya yang menarik, vokal Jon Bon Jovi ikut menyumbang kesuksesan mereka. Suaranya serak dan ‘lincah’ dan semi ‘country’. Lagu Bed of Roses, Always, Something for The Pain, Lie to Me, You Give Love a Bad Name dan lagu hits Bon Jovi lainnya tetap asyik didengarkan hingga saat ini.

 

  • Whitfield Crane, Eks Vokalis Ugly Kid Joewhitfield_crane_ugly_kid_joe_071712-m

Band anak ‘nakal’ ini menyajikan musik berkelas dengan suara Whitfield yang unik terutama nada tingginya. Lagunya bisa dinikmati hingga saat ini terutama Neighbor, Goddamn Devil dan I Hate Everything about You. Tapi karakter suara Whitfield bisa lebih jelas dinikmati di Cat’s in The Cradle. Ketika vokalisnya diganti saya merasa ruh Ugly Kid Joe ikut lenyap.

 

  • Jonathan Davis, Vokalis Korn

Lagu Falling Away from Me mengenalkan saya pada Korn dan sosok Jonathan Davis. Si mantan ahli bedah mayat ini seperti melakukan terapi saat bernyanyi sehingga ia seolah-olah bernyanyi untuk dirinya sendiri, tanpa mengindahkan penonton. Lagu-lagu semacam Blind dan Freak on a Leash memperlihatkan karakternya yang kompleks. Harus saya akui lagu One milik Metallica jauh lebih bagus ketika dibawakan olehnya.

Jonathan-Davis revolvermagz

 

  • Zack de la Rocha , Eks Vokalis Rage Agains The Machine

Lagu-lagu Rage Against The Machine (RATM) yang kemudian berubah nama menjadi Audioslave memiliki pola musik yang aneh dan unik. Saya terkadang membayangkan serbuan serangga ketika mendengarkan petikan gitar, juga suara dan gaya bernyanyi si Zack yang aneh. Tapi entah kenapa saya tetap menyukai Renegades of Funk dan Guerrilla Radio dan berharap si Zack kembali ke formasi RATM dan merilis album.

zach-de-la-rocha_thumb

  • Thom Yorke, Vokalis Radiohead

Kekuatan suara Thom adalah kerapuhan pada hatinya yang membuat lagu-lagunya juga nampak rapuh, menyayat, emosional sekaligus indah. Radiohead memang bukan musik rock yang gahar, namun cenderung bergenre rock alternatif. Lagu Creep dan Karma Police merupakan lagu favorit saya.

thom yorke-radiohead

Sebenarnya masih ada penyanyi rock yang juga berkelas dan asyik didengar seperti Sammy Hagar, Alex Band, juga Eddie Vedder. Mungkin saya tulis di artikel berikutnya.

Keterangan Foto:
1. Corey Taylor: diambil dari cogumelolouco.net
2. Chester Bennington: diambil dari theindiespiritualist.com
3. Andi Deris: diambil dari en.metalship.org
4. Eric Martin: diambil dari viorione.blogspot.com1
5. Axl Rose: diambil dari liveforlivemusic.com
6. Whitfield Crane: diambil dari http://www.thefrisky.com
7. Thom Yorke: diambil dari http://www.nme.co
8. Jonathan Davis; diambil dari http://www.revolvermag.com
9. Jon Bon Jovi: diambil dari metro.co.u
10. Zack de la Rocha: diambil dari fashiongrunge.com
Menswear Monday
11. Gambar Sampul: potongan gambar dari theindiespiritualist.com (Chester), http://www.nme.co (Thom Yorke), dan hai-online.com (Slipknot)

 

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juni 12, 2014.

24 Tanggapan to “10 Vokalis Rock Pria Mancanegara Terbaik”

  1. coldplay trmasuk band rock bukan.. suara vokalisnya, chris martin, jg enak.. 🙂

  2. Kok James Hetfield gak ada yaa ??
    suaranya ajib banget tuh…..

    • Hehehe dari awal saya sudah bilang jika pemilihan vokalis ini subyektif banget. Saya suka Metallica (ada artikelnya di blog ini). Suara James di Enter Sandman, One, Unforgiven, dll memang bagus, tapi beberapa aksinya secara live kurang nendang, masih kalah power sama Corey Taylor ataupun Jonathan Davis. Nanti mau buat artikel vokalis rock berikutnya, tapi sepertinya James juga tidak saya masukkan.

      • Klo liat rekaman konser metallica di jakarta 2013 kemarin wik, overall james hetfield kualitas vocal dan staminanya sangat mumpuni utk orang yg udah berumur…… klo dibanding sama om iyek msh jauh diatas (klo msh muda aku msh milih vocalist godbless ini haha)….

      • Iya ya hehehe aku ga nonton. Waktu itu ragu mau nonton atau tidak. Kalau Slipknot atau Korn kuupayakan bangey nonton:p
        Si Axl yang kurang bagus padahal usianya mungkin sebaya ya dengan pakde Hetfield.

  3. siip,,aq jg sgt nge’fans sma corey taylor,,apalg sma band slipknot dan stone sour,,mp3 aq jha penuh dngn lagu slipknot dri album awal smpe skrg,,the gray chapter,,
    SLIPKNOT TETAPLAH SLIPKNOT DAN AKAN MENJADI TERUS BESAR
    MAGGOT SUBANG

    • Salam kenal Rizky,
      Wah sama-sama suka om Corey Taylor ya? hehehe suara dia itu unik dan cakep banget. Saya suka hampir semua lagu dia, termasuk waktu kolaborasi dengan Soulfly, Korn, di Stone Sour, waktu tampil solo, dan band ‘seram’ Cradle of Filth

  4. wah padahal banyak lbh tinggi suara vokalnya loh : sebastian bach (skidrow) , bruce dickinson (iron maiden) , eric adams (manowar) dkk

    • Salam kenal Miklo,
      Hehehe terima kasih atas sarannya memang ada banyak vokalis rock yang berkualitas. Namun, pilihan saya ini memang saya akui bersifat subyektif.
      Saya pernah dengar satu album SkidRow yang ada lagu Remember You. Memang bagus lagu dan vokal penyanyinya. Untuk Iron Maiden, ada dua album kaset milik kakak saya, tapi entah kenapa saya kurang klik dengan lagu-lagunya. Sedangkan Eric Adams terus terang saya belum pernah mendengar lantunan vokalnya.
      Daftar 10 vokalis rock tersebut memang subyektif dan mungkin suatu saat saya ubah melihat kondisi musik rock yang bergerak dinamis.

  5. Hmmm di next post masukin juga ya nama nama ” giĺa ” seperti sebastian bach , rob halford , michael kiske , michael sweet .. 😀

    • Hai..salam kenal Aby,
      Wah referensi musikmu keren. Sebastian Bach dari Skid Row aku juga suka, cuma dulu tidak banyak lagunya yang kudengar. Tapi vokalnya yang tinggi melengking memang asyik didengar. Sedangkan dua nama vokalis lainnya, lagu-lagunya masih numpang lewat jika dengerin radio, belum kusimak baik-baik. Terima kasih info dan sarannya lain waktu akan kusimak lagu-lagu mereka.

  6. Vokalis muse kok gak masuk, matthew bellamy

  7. Corey taylor itu ngefans sama AXL rose…rela pensiun kalo ada reuni gnr formasi appetite for destruction..freddie mercury kemana ya

  8. for me, Freddie Mercury & Kurt Cobain, vokalis band lagu cadas terbaik sepanjang masa

    • Freddie di Bohemian Rhapsody memang keren dan vokalnya stabil. Kurt Cobain asyik di penjiwaan lagu meski gaya bernyanyinya terkesan malas-malasan. Wah kayaknya Queen dan Nirvana lain kali kuulas. Dulu sempat maniak Nirvana banget. Lagu favorit Nirvana: All Apologise, Lithium, Milk it, dan Lake of Fire. Sampai-sampai suka Bush dan Silverchair gara-gara tone lagu keduanya mirip Nirvana.

  9. Wi, James LaBrie koq ga masuk ? sama vokalisnya Alter Bridge, Myles Kennedy, suaranya bisa tingga dan gagah, waktu gabung sama Slash jg mantab nyanyikan lagu2 GnR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: