Mengenal e-Learning: #2. Kursus Online Gratis Bagi Publik

2-coursera

Saat ini tentu banyak yang tidak asing dengan istilah kursus online gratis atau yang lazim disebut dengan Massive Open Online Course (MOOC). Saya mengenal dan menggunakan situs kursus online gratis ini secara aktif sejak dua tahun lalu. Ada beberapa situs yang saya gunakan, yakni Coursera (coursera.org), Venture Lab, dan Udacity. Menariknya saat ini banyak situs yang juga menawarkan kursus online bagi siswa sejak usia 4 tahun.

Keberadaan situs online ini sangat menarik sehingga dalam waktu dua tahun sejak akhir 2011 situs ini memiliki lebih dari ribuan pelajar asal Indonesia dari berbagai kalangan. Hal pertama yang membuat saya tertarik untuk bergabung menjadi anggota situs-situs ini adalah kredibilitas kampus-kampus yang menawarkan akses pengetahuan ini. Coursera bekerja sama dengan kampus-kampus ternama tingkat dunia. Di antaranya Harvard, Stanford, Princeston, Michigan University, Massachusetts Institute of Technology (MIT), Duke University, University of Pennsylvania, dan masih banyak lagi.

2-coursera-courses

2-dinosaurusJika pada awal-awal berdirinya, ketiga situs ini hanya menyediakan pengetahuan seputar komputer, statistik, dan ilmu sains lainnya, kini pengetahuan itu semakin beragam, mulai dari astronomi, arkeologi, sastra dan bahasa, kesehatan, kedokteran, ekonomi dan manajemen, investasi, matematika, statistika, dan sebagainya. Ada juga mata kuliah yang berbasiskan minat dan peristiwa saat ini, misalnya tentang film-film Hollywood, imajinasi, tentang musik rock, menciptakan tokoh super hero, dan belajar membuat lirik lagu. Seru bukan?!

2-statement of accomplishment

Dan banyak di antaranya yang memberikan statement of accomplishment atau badges/poin jika berhasil lulus menguasai pengetahuan tersebut. Pesertanya pun bukan hanya dari kalangan mahasiswa, tapi juga para guru, juga para siswa bergantung pada minat masing-masing peserta dan tingkat kesukaran.

2-khan academy pilihan mathKeberadaaan situs-situs pembelajaran gratis ini dirintis oleh Salman Khan dengan akademi Khan (khanacademy.org). Dilansir dari Reader Digest Indonesia, Khan memulai gagasannya sejak tahun 2004, namun baru mendedikasikan dirinya secara penuh pada tahun 2009.  Kini akademi Khan telah memiliki ribuan video interaktif dan ‘mata pelajaran’ yang bisa diambil oleh para peserta sejak usia sekolah dasar. Setelah akademi Khan, lahirlah Coursera, Venture Lab, Stanford Online, Wikiversity (en.wikiversity.org), TED Talks (ted.com),  dan Textbook Revolution (textbookrevolution.org). Di tingkat Asia ada e-learning yang diselenggarakan oleh Unesco bernama Unesco e-learning.

2-unesco e learning

2-course-recordLantas bagaimana seorang siswa dapat memanfaatkan situs ini? Setelah bergabung, maka siswa dapat memilih ‘mata pelajaran’ yang disukainya. Di sini siswa dapat mengukur dirinya sendiri apakah ia hanya ingin belajar hingga lulus sesuai periode yang diberikan atau hanya ingin mendapatkan materi pengetahuan. Jika siswa ingin lulus ‘mata pelajaran’ tersebut, ia harus mengerjakan sejumlah tugas, seperti membuat essai, menjawab pertanyaan (essai atau pilihan ganda), atau membuat tugas kreatif (seperti membuat video, melakukan eksperimen, dan sebagainya).  Jika lulus, siswa akan mendapatkan statement of accomplishment (seperti sertifikat), badges atau poin. Di situs pendidikan maya ini terdapat catatan siswa, berapa lama ia belajar dan apa saja keahlian dan ilmu yang telah ia kuasai. Bagi para guru, ia juga bisa belajar dari berbagai ‘mata pelajaran’ tentang cara dan metode pendidikan atau jika di khanacademy.org ia bisa mengetahui tingkat kemampuan para siswanya.

2-ttg pendidikan

Nah, bagi adik-adik dan anak-anak kita yang masih duduk di bangku TK rupanya juga ada kursus online yang diperuntukkan bagi mereka dan jumlahnya terus bertambah. 2-e-learning kidsAda Founding Dreams (http://www.e-learningforkids.org] dan kidsone (http://kidsone.in/english/stories/stories-index.html).  Di situs bertajuk Founding Dreams ada pembelajaran matematika sejak usia empat tahun. Agar menarik perhatian siswa, mereka menggabungkan permainan dan materi matematika.

2-e-learning for kids

Di kidsone mereka menawarkan e-book dengan kisah-kisah anak-anak menarik dalam bahasa Inggris dan bahasa India (Tamil, Telugu, dan Hindi). Buku ini bisa dibolak-balik seperti ketika kita membaca buku. Seru!

2-kids3

Referensi:

  • Cummins Pip. Akademi Khan. Majalah Reader Digest Indonesia. Oktober 2013. Hal 84-89.
  • Coursera. [http://coursera.org]. Diakses pada 22 Desember 2013
  • E-learning for Kids. [http://www.e-learningforkids.org/]. Diakses pada 22 Desember 2013
  • Khan Academy. [https://www.khanacademy.org/about]. Diakses pada 20 Desember 2013.
  • Kidsone. [http://kidsone.in/english/stories/stories-index.html]. Diakses pada 22 Desember 2013
  • Mahmudah, Nurul. Situs Ini Tawarkan Kuliah Gratis Bersertifikat. 4 Agustus 2013. [http://www.tempo.co/read/news/2013/08/04/215502232/Situs-Ini-Tawarkan-Kuliah-Gratis-Bersertifikat]. Diakses pada 21 Desember 2013
  • UNESCO e-learning. [http://e-learning.connect-asia.org/]. Diakses pada 23 Desember 2013
  • Wikipedia. E-learning. [wikipedia.com/e-learning]. Diakses pada 22 Desember 2013
Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Desember 24, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: