Ngobrolin Es Krim

Es krim tart
Es krim disebut-sebut sudah berusia ratusan tahun. Dulu pada masa Romawi, para prajurit bersusah payah mencari salju yang bersih untuk menjadi bahan es krim. Ada kalanya mereka dapat hukuman berat hingga kehilangan nyawa bila saljunya mencair. Tapi untunglah kini sudah ada mesin pendingin.

Dulu salju disajikan dengan air mawar atau bahan pemanis. Es krim pada masa itu dianggap sebagai sajian yang mewah.

Dalam perkembangannya bahan es krim mulai beragam. Ada yang ditambahkan susu, es krim, aneka ragam kacang, buah-buahan, sari buah, dan aneka bahan lainnya.

Es krim terkenal dari Italia yaitu gelato menggunakan bahan dasar susu, krim, dan gula. Hasilnya es krim yang teksturnya lebih kental. Mirip-mirip dengan gelato adalah es krim maras dondurma alias es krim Turki.

Es krim Turki ini lengket dan elastis. Rupanya ada bahan khusus yang membuat es krim ini unik yaitu akar anggrek liar dan diaduk dengan tangan.

Lalu ada es krim Singapura yang seperti es potong. Bahannya bisa dari apa saja lalu dibiarkan beku dan dipotong. Biasanya disajikan di antara dua keping roti tawar.

Nah dalam cerita Little House juga pernah ada cerita tentang es krim. Namanya es krim telur. Jadinya selama musim dingin keluarga Almanzo membuat semacam iglo dari balok-balok es salju. Nah iglo itu jadi semacam gudang penyimpanan makanan selama musim dingin.

Es krim jagung
Keluarga Almanzo memiliki resep es krim sederhana. Bahannya adalah susu segar, telur, dan gula. Telur dikocok hingga berbusa dan kaku. Lalu dicampurkan ke adonan susu dan gula. Adonan tersebut lalu ditaruh di ‘iglo’ selama minimal satu jam. Jadi deh es krim telur.

Kini di Indonesia makin beragam jenis bahan dan rupa-rupa es krim. Ada dari buah-buahan, kacang-kacangan, ketan hitam, kacang ijo, jagung, kacang merah, dan bahan yang tak umum seperti sea salt, charcoal, bubble gum, dan sebagainya.

Bentuknya pun juga macam-macam. Ada bon-bon, ala mochi, ala tart, juga bentuk buah seperti menyerupai nanas dan jagung. Unik.

Kalau Kalian suka es krim yang mana?

Es krim nanas

~ oleh dewipuspasari pada Maret 10, 2021.

Satu Tanggapan to “Ngobrolin Es Krim”

  1. Eskrim Joyday deuh..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
<span>%d</span> blogger menyukai ini: