Lagu-lagu Ceria ala Sixpence None The Richer

sixpence

 

Nama Sixpence None The Richer mulai melambung sejak merilis single Kiss Me. Lagu romansa bernada ceria ini kontan laris menjadi soundtrack berbagai film, salah satuya yang menghiasi film serial Dawson’s Creek. Vokal Leigh Nash yang rapuh dan bening membuat beberapa lagu Sixpence None The Richer juga masuk dalam tangga lagu di berbagai negara. Apa saja lagu-lagu mereka yang asyik di kuping?

Ketika mereka hadir di Java Rockin’land tahun lalu saya merasa senang sekaligus kecewa. Senang karena mereka salah satu band favorit saya hingga saat ini. Namun yang membuat saya kecewa, kok mereka tampil di festival ya, durasinya paling banter cuma sejam. Tidak puas deh. Satu lagi, tema festivalnya rock, seharusnya mereka masuk pop. Tidak ada lagu mereka yang masuk dalam genre rock.

Meski lagu Kiss Me paling beken di antara lagu-lagu yang mereka rilis, saya paling menyukai lagu Need to be Next to You. Ehmmm lagu ini lagu solonya Leigh Nash sih ketika SNTR tengah vakum. Lagu ini sangat romantis dan menyentuh. Ketika saya sedang menyukai seseorang, lagu ini sering saya dengar.

Lagu yang menjadi soundtrack film Bounce yang dibintangi Ben Affleck dan Gwyneth Paltrow ini bercerita tentang seorang gadis yang kembali membuka hatinya kepada seseorang setelah hubungan masa lalunya kandas. Ketika ia yakin akan cintanya, ia memberanikan diri untuk melangkah agar hubungan mereka lebih dekat. Go..go girl! Berikut cuplikan liriknya.

Been running from this feeling for so long
Telling my heart I didn’t need it
Pretending I was better off alone
But I know that it’s just a lie
So afraid to take a chance again
So afraid of what I feel inside

But I need to be next to you
I need to share every breath of you
I need to know I can see you smile each morning
Look into your eyes each night for the rest of my life
Here with you, near with you, oh I
I need to be next to you

Band yang terdiri dari personel ini berasal dari Texas. Mereka sering berganti-ganti personel. Saat ini tinggal tiga orang anggota band yang terdiri dari Leigh Nash di vokal, Matt Slocum di gitar dan cello, serta Justin Cary di bass.

Sixpence+None+The+Richer+-+There+She+Goes+-+5'+CD+SINGLE-163418

Hingga saat ini mereka telah menelorkan enam album. Leigh Nash adalah vokalis yang mampu menjadi komandan band ini sehingga ketika ia bersolo karir, ia cukup sukses.

Lagu-lagu Sixpence yang keren dan masuk dalam album The Best of Sixpence sebagai berikut. Dulu saya saking senangnya dengan album ini sampai rajin mendatangi toko kaset (masih zaman kaset hihihi). Sayangnya ketika dipinjam teman, kaset ini tidak pernah kembali huuuhuhu.

Kiss Me
Lagu ini sangat ‘easy listening’. Sekali mendengarkan saya langsung menyukainya dan tidak pernah bosan. Musiknya riang tentang romansa dua sepasang remaja. Akhir tahun 1990-an lagu ini banyak dimainkan di festival-festival dan saya tetap tidak bosan mendengarnya.

There She Goes
Lagunya bernada riang dengan lirik yang banyak diulang. Ada iringan cello di sebuah bagian yang membuat lagu ini sedikit berkesan mellow.

I Need Love
Soundtrack film Here on Earth yang dibintangi Chris Klein, Leelee Sobieski, dan Josh Hartnett ini cenderung mellow dan banyak iringan keyboardnya. Liriknya dalam tentang seseorang yang merasa ‘terpenjara’ dan menginginkan kasih sayang dengan tulus.

I need love
Not some sentimental prison
I need God
Not the political church

Brighthen My Heart
Saya sudah pernah mengulasnya di lagu pengantar tidur. Ya, ini lagu doa. Tidak heran karena band ini dulu adalah band reliji. Saya suka dengan liriknya untuk lebih membuka hati dan mendekatkan diri kepada Tuhan dengan bahasa yang sederhana.

Trust
Agak mirip dengan Brighten My Heart. Lagu ini juga tentang hubungan manusia dengan Tuhan. Kita diharapkan percaya kepada Tuhan dan yakin Tuhan akan membantu kita. Saya menyukai liriknya yang lugas.

Trust in the Lord with all your heart
Lean not on your own understanding
In all of your ways acknowledge Him
And He will make your paths straight
Don’t worry about tomorrow
He’s got it under control
Just trust in the Lord with all of your heart
And He will carry you through

Breathe
Lagu peri saya menyebutnya. Lagu ini indah dan melodius seolah saya berada di sebuah taman bunga dengan serbuk peri. Lagu ini juga bernuansa religius dan puitis. Adem mendengarnya.

As I breathe
The air of Heaven
Drawing in Your fragrance
When I breathe
I feel your fullness come alive
Inside of me
You’re the breath that I breathe

Don’t Dream Its Over
Lagu ini merupakan cover lagu yang dibawakan oleh Crowded House tahun 1986. Saya lebih menyukai versi Sixpence yang lebih merdu dan ringan. Meskipun liriknya serius lagu ini tidak berkesan berat.

Hey now, hey now
Don’t dream it’s over
Hey now, hey now
When the world comes in
They come, they come
To build a wall between us
We know they won’t win

Dancing Queen
Ini lagu ABBA yang dibawakan dengan musik yang lebih bernuansa modern. Sama-sama bagus antara versi ABBA dan SNTR. Unsur musik tahun 80-an tetap terasa dalam lagu ini. Saya membayangkan sebuah pesta sekolah dengan bola lampu yang berkedeip-kedip. Seru.

Breathe your Name
Lagu ini bisa diartikan cinta terhadap pasangan, namun saya lebih menangkapnya sebagai perasaan cinta terhadap sang pencipta. Musiknya halus dengan lirik yang dalam.

And it’s nobody else’s but mine
You are in my heart
I can feel your beat
And you move my mind
From behind the wheel
When I lose control
I can only breathe your name
I can only breathe your name

Gambar tengah diambil dari eil.com

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Maret 26, 2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: