Helloween: Band 80-an yang Aktif Berkiprah

Helloween-Holidays

Helloween memiliki lagu bertemakan helloween, perayaan tiap akhir Oktober, yang sangat kondang pada tahun 90-an. Musiknya dinamis dan khas musik metal pada masa itu. Namun Helloween bukan hanya menyuguhkan lagu rock berirama rancak dengan petikan gitar berkecepatan tinggi, namun juga musik rock klasik yang melodius. Yuk kita ulik lagu-lagu Helloween yang asyik disimak.

Band asal Jerman ini dikomandoi Andi Deris sebagai si vokalis yang memiliki suara tinggi memukau. Berbeda dengan band rock lain seperti Metallica dan Nirvana, saya tidak terlalu mengenal band ini, hanya tahu lagu-lagunya. Baru tahu nama Andi Deris setelah mendengar lagu solonya yang sangat….sangat menarik perhatian saya. Dan selain suaranya merdu, Andi Deris berwajah cukup tampan. Cocok sebagai vokalis rock yang berkarisma hehehe.

Sebelum Andi Deris yang baru masuk tahun 1993, band yang didirikan tahun 1984 oleh Kai Hansen (vokal dan gitar) dan Piet Sielck (vokal dan gitar), ini awalnya bernama Gentry. Setelah keluar masuk personel dan berubah-ubah nama, maka mereka kemudian sreg dengan nama Helloween. Personel awal mereka adalah Kai Hansen (vokal), Michael Weikath (gitar), Markus Grosskopf (bas), dan Ingo Schwichtenberg  (drum). Setelah Michael Kiske masuk, Kai fokus di gitar. Tapi kemudian ia memutuskan keluar.

poster

Saya mengenal Helloween berkat lagunya bertema perayaan labu kuning itu. Kakak laki-laki saya, mas Ari, yang memberitahukan lagu itu, dan menyodorkan kaset yang dipinjamnya dari temannya. Dulu tidak ada mp3, sehingga kami mengandalkan jaringan kawan-kawan sesama pecinta rock untuk mendapatkan kaset. Jika beli sendiri harganya Rp 8 ribu/kaset dan nilai segitu masa itu cukup besar bagi kami yang masih duduk di bangku SMP. Jika kakak pertama konsen mengoleksi Kla, mas Ari fokus pada Metallica, maka saya sudah puas dengan Cranberries.

Balik ke Helloween, saya mulai mengagumi musik-musik mereka ketika mendengar lagu bernuansa sedih bertajuk Forever and One (Neverland) yang masuk album The Time of The Oath (tahun 1996). Saya langsung jatuh cinta pada vokal Andi Deris dan atmosfer muram-tragis yang melingkupi lagu ini. Sedih sekali mendengarnya dan membuat saya langsung membayangkan seseorang yang merana karena kehilangan pasangannya. Dan jika mood saya sedang sedih, mata bisa tiba-tiba basah ketika mendengar lagu ini.

Forever and one I will miss you
However I kiss you yet again
Way down in neverland
So hard I was trying tomorrow I’ll still be crying
How could you hide your life, your life

Teman sekelas saya yang mengetahui minat saya akan musik rock bercerita jika bandnya bernama dr Stein yang diambil dari salah satu lagu Helloween. Awalnya saya kurang paham siapa yang dimaksud dengan dr Stein…setelah mendengar lagu dan membaca liriknya, rupanya yang dimaksud dr Stein adalah Frankenstein, pencipta monster dari mayat untuk memenuhi rasa ingin tahunya. Lumayan sih lagunya. Namun yang lebih asyik didengar menurut saya adalah I Want Out. Iringan gitar dan bagian solo gitarnya keren. Liriknya juga lugas tentang seseorang yang ingin bebas menurutkan cita-citanya tanpa turut campur atau pemaksaan kehendak dari pihak lain. Suara Kiske di sini lebih melengking dibandingkan Andi karena vokalnya memiliki rentang empat oktaf, namun Andi lebih merdu dan pandai menulis lagu.

I want out to live my life alone
I want out leave me be
I want out to do things on my own
I want out to live my life & to be free

Lagu-lagu Helloween yang juga asyik didengar adalah Future World, I Can, Power, dan Windmill. Lagu Windmill ini masuk dalam rock klasik dan memanjakan pendengar akan kekhasan suara si Andi. Hingga saat ini sudah belasan album yang dirilis Helloween dan mereka masih aktif tur dan rekaman meski sudah tidak lagi muda.

Nah, ada satu lagu proyek solo Andi Deris yang sangat berkesan pada saya. Somewhere, Someday Someway dari album Come in From The Rain (1997). Musiknya berbeda dengan musik khas Helloween, terutama iringan intro dan outro gitarnya. Yang tetap sama adalah vokal khas Andi. Musiknya melenakan, terutama bagian solo gitarnya. Bagian terbaik saat Andi menyanyikan baris

whoever wherever two heart belong together
whenever I can’t say.
somewhere someday someway

Wow banget!

300x300

Keterangan Gambar:
1. Poster diambil http://www.helooween.org
2. Gambar Helloween pumpkins : 4hdwallpapers.com dan myspace.com

 

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juni 3, 2014.

2 Tanggapan to “Helloween: Band 80-an yang Aktif Berkiprah”

  1. Bukan weikath pendiri Helloween mbak…Si Kai Hansen lo mbak…?!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: