Tujuhbelasan

merah putih

Kampung kami sudah berhias umbul-umbul merah putih. Jalanan dan saluran air juga sudah dibersihkan. Nampak rapi sekaligus meriah. Siap untuk menyambut tujuhbelasan.

Tujuhbelasan tahun lalu dimeriahkan oleh lomba-lomba buat anak dan kalangan dewasa. Sayang acaranya kurang peminat. Plus tidak ada malam renungan untuk merayakan hari kemerdekaan ini. Namun, pemimpin kampung kami tidak putus semangat. Tahun ini ia mengerahkan karang taruna sebagai panitia acara.

Dan direncanakannya sejumlah acara untuk mengembalikan semangat nasionalisme juga mempererat persaudaraan antarwarga di kampung kami. Para ibu nampak antusias juga geli melihat daftar lomba. Di antaranya lomba balap egrang dan memasak tumpeng. Tiap RT harus mengirimkan wakilnya untuk pertandingan tingkat RW.

Wah wah wah nampaknya harus berlatih dulu nih. Jika jatuh dari egrang tentunya bukan nyeri punggung belaka, melainkan juga bakalan malu. Untuk tumpeng diberi ketentuan maksimal Rp100 ribu. Kaum ibu mencoret-coret rincian lauk-pauk dan bumbu agar pas di angka 100 ribu. Ada nasi kuning, kering tempe, irisan telur dadar, ayam goreng, serta hiasan potongan cabe merah dan ketimun.

Nah, tumpeng ini akan menjadi sajian utama pada malam harinya. Yup malam renungan. Selain diumumkan pemenang para lomba, juga ada makan tumpeng bersama dan pidato untuk mengembalikan semangat nasionalisme.

Bagi saya, semangat nasionalisme bukan berarti siap perang, melainkan melakukan hal apa saja untuk berkontribusi positif bagi lingkungan sekeliling di wilayah RI. Salah satunya menjaga lingkungan tetap bersih.

Yuk yuk yuk siapkan energi untuk lomba balap egrang untuk menyemarakkan tujuhbelasan.

Gambar diambil dari news.okezone.com

~ oleh dewipuspasari pada Agustus 15, 2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: