Scarborough Fair: Cinta yang Tak Sampai

zelda dan link

Apa jadinya jika seorang peri pria jatuh cinta dengan seorang putri. Kisah cinta mereka sepertinya sulit terwujud. Dan kisah ini mirip seperti yang dikisahkan dalam lagu Scarborough Fair.

Scarborough itu apa ya? tanya saya kepada Ovi. Eh bukannya merujuk pada nama kota ataupun sebuah festival, ia malah dengan semangat bercerita tentang nama sebuah daerah di Vietnam yang menjadi konflik Laut China Selatan karena daerah ini kaya minyak dan gas bumi. Eh kok ga nyambung ya dengan lagunya. Padahal maksudku bertanya apa sih sebenarnya yang dimaksud dalam lagu Scarborough Fair.

Oh ya tentang Scarborough di Vietnam atau Scarborough Soul ada sebuah film dokumenter yang menentang aksi perang Vietnam dengan memutar lagu Scarborough Fair. Mungkin karena judul lagu dan daerah itu sama ya.

Kembali ke lagu Scarborough Fair. Scarborough adalah sebuah desa kecil di Inggris yang kemudian kaya raya dan menjadi tempat peristirahatan orang kaya karena penemuan air mineral. Setiap 15 Agustus hingga 45 hari ke depan diadakah perayaan yang mengundang banyak warga dari luar kota.

Namun sebenarnya cerita dalam lagu ini tidak merujuk pada kisah desa Scarborough atau festival tersebut, namun pada kisah cinta yang pernah terjadi di desa tersebut.Lagu ini adalah lagu balada yang diciptakan akhir abad pertengahan. Ada yang menghubungkannya dengan seorang pria yang bercerita tentang gadis yang dicintainya seumur hidup (true love). Ia berupaya mempertahankan cintanya, namun tak berdaya.

Lirik Scarborough Fair (sumber: www.free-notes.net)

Lirik Scarborough Fair (sumber: http://www.free-notes.net)

Ada juga yang mengaitkannya dengan kisah dongeng tentang seorang pria bangsa peri yang jatuh cinta dengan putri dari bangsa manusia dan berniat menculiknya. Namun, entah ia sadar harapannya terlalu tinggi ia meminta gadis tersebut menyanggupi permintaannya yang sulit terlaksana. Si gadis nampaknya juga berang dan meminta hal yang sama.

Putri Zelda (sumber: selda.wikia.com)

Putri Zelda (sumber: selda.wikia.com)

Saya lebih suka dengan ide terakhir. Dalam benak saya membayangkan kisah cinta itu seperti Link dan Putri Zelda dalam cerita video game (zaman Nintendo dan Spica) yang dulu beken, The Legend of Zelda. Hingga saat ini saya menduga-duga apakah mereka akhirnya bersama, soalnya saya belum tamat waktu itu memainkan game tersebut. Level permainannya cukup sulit.

Lagu ini kembali dipopulerkan oleh Simon & Garfunkel. Setelah itu beberapa penyanyi dan grup menyanyikan ulang. Yang menurutku asyik didengar adalah Celtic Women, Sarah Brightman, dan Vienna Boys’ Choir karena lagu ini model balada klasik.

Dan juaranya menurutku adalah Vienna Boys’ Choir yang masuk dalam album Voices. Koor yang anggotanya semuanya anak laki-laki ini sangat mantap membawakannya. Saya seolah diundang menyaksikan festival jaman dulu di desa asri di Eropa dan menikmati penampilan mereka yang minimalis dengan petikan gitar.

vienna boys' choir (sumber: www.singers.com)

vienna boys’ choir (sumber: http://www.singers.com)

Dinamika lagu yang apik dan nuansa yang sendu membuat lagu ini begitu melankolis. Saya penasaran mengapa ada kata parsley, sage, rosemary dan thyme dalam liriknya. Setelah ubek sana sini, rupanya empat bumbu masak ini memiliki makna yang penting. Parsley melambangkan kenyamanan, sage berarti kekuatan, rosemary melambangkan cinta, dan thyme adalah keberanian.

Lirik
Are you goin to scarborough fair? parsley, sage, rosemary and thyme
Remember me to one who lives there, she once was a true love of mine

Tell her to make me a cambric shirt, parsley, sage, rosemary and thyme
Without no seams nor needlework, then shell be a true love of mine

Tell her to find me an acre of land, parsley, sage, rosemary and thyme
Between the salt water and the sea strand, then shell be a true love of mine

Tell her to reap it in a sickle of leather, parsley, sage, rosemary and thyme
And to gather it all in a bunch of heather, then shell be a true love of mine

Are you goin to scarborough fair? parsley, sage, rosemary and thyme
Remember me to one who lives there, she once was a true love of mine

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Agustus 10, 2015.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: