Smesco Bak Taman Mini Produk Indonesia

Produk smesco

Sudah ketiga kalinya saya bertandang ke even yang dihelat di Galeri Indonesia Wow, Smesco. Pada lantai satu dan dua saya melihat beragam produk unggulan dari UKM yang dibina oleh Smesco. Rupanya selain produk unggulan tersebut masih ada beragam produk lainnya dari 34 provinsi di Indonesia. Tak heran apabila Smesco menyebut dirinya taman mini produk Indonesia dengan 34 paviliun provinsi.

Ada dua gedung besar di kompleks Smesco. Pada lantai dasar gedung berbentuk seperti durian kerap digunakan sebagai ajang pameran baik pameran produk, resepsi pernikahan, ataupun bursa karier. Sedangkan bangunan yang lebih baru, Galeri Indonesia Wow menjadi pusat pameran produk UKM juga menjadi tempat menimba ilmu dan diskusi para pengusaha start-up maupun UKM.

Galeri indonesia wow

Ketika saya berkeliling di lantai satu dan dua saya melihat aneka produk baik produk seni maupun produk makanan/minuman dengan kualitas yang baik dan harga yang wajar. Ada produk fashion, hiasan rumah, kain tenun, aneka furniture, dan sebagainya. Dan ketika saya naik ke lantai tiga ternyata masih ada produk-produk lainnya dari berbagai provinsi di Indonesia

Pada Smesco Digipreneur Day yang diselenggarakan 19 April 2016, Direktur Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Ahmad Zabadi menjelaskan Smesco memang dirancang sebagai rumah bagi para start up dan UKM. Hal ini disebabkan MUKM memiliki potensi besar dan bisa dioptimalkan. Banyak produk dari UKM yang layak ekspor tapi mereka kurang memahami metode pemasaran dan pengemasannya sehingga jalan di tempat.

Ahmad zabadi

Saat ini MUKM telah memberikan kontribusi pada PDB di Indonesia. Namun sebagian besar di antara mereka masih berupa usaha mikro dan kecil dimana omzet dan asetnya masih tergolong kecil.

Ahmad Zabadi mengeluhkan masih kurangnya apresiasi kepada produk lokal dari masyarakat padahal dari segi kualitas juga tak kalah dari produk luar. Budaya gengsi, prestise, dan konsumtif masyarakat Indonesia sudah terkenal di kalangan produsen luar, namun ironinya hal ini masih kurang berlaku untuk produk lokal. Dengan adanya Smesco, kami berharap produk lokal tak kalah bersaing dengan produk luar dan bisa jadi tuan rumah, paparnya.

Wayang golek

Untuk itu ia mengundang para MUKM untuk menjadikan Smesco sebagai pusat untuk meningkatkan kualitas produk dan menjadi wadah belajar untuk memasarkan produk ke pasar global. Para MUKM bisa menjadi partner Smesco dengan mendaftar dan memberikan contoh produk ke Smesco untuk dikurasi. Jika produknya lolos kurasi maka produk mereka berhak di-display di Smesco dan mendapatkan dukungan promosi.

Selain dukungan promosi, para MUKM binaan Smesco akan mendapatkan fasilitas HAKI dan sertifikasi produk. Produk MUKM juga akan mendapat peluang untuk dipromosikan ke pameran besar seperti Inacraft dan masuk ke retail modern seperti Sevel. Saat ini sudah 300 UKM yang produknya juga dijual di Sevel. Jika produk mereka diterima di retail modern maka hal ini menunjukkan kualitas produk mereka terakui dan bisa bersaing di pasar global.

Mug

Ahmad Zabadi berharap nantinya para UKM yang telah mandiri akan diwisuda oleh Smesco, sehingga ada penyegaran dan membuka kesempatan bagi para UKM lainya untuk mendapatkan dukungan promosi dari Smesco. Namun hal ini bukan berarti Smesco akan putus hubungan dengan UKM yang telah diwisuda. Tetap akan terjalin hubungan dalam bentuk forum berbagi tentang kisah keberhasilan, jelas Ahmad Zabadi.

Dengan adanya wisuda maka Smesco tidak akan menjadi museum produk. Para UKM lainnya yang kualitas produknya telah meningkat juga bisa menjadi produk unggulan dan kemudian mendapat kesempatan produknya di-display di lantai 1 dan 2.

Ia juga mendorong para paviliun provinsi juga terus meningkatkan kualitas produknya. Saat ini paviliun provinsi yang memegang omzet tertinggi adalah Jawa Tengah, disusul Jawa Timur.

Sebagai direktur Smesco, ia berupaya untuk terus meningkatkan kualitas layanan pemasaran MUKM. Apalagi Smesco sudah menjadi salah satu representasi dan destinasi wajib para diplomat dan dubes dari negara asing. Juga ada banyak delegasi dari negara lain yang tertarik untuk mengenal dan belajar tentang pengelolaan MUKM di Indonesia.

Nah, jika Kalian kangen dengan makanan dari daerah lain atau ingin memberikan suvenir ke kawan kalian dari negara tetangga, Kalian bisa berbelanja di Smesco. Atau Kalian bisa menjadi pengusaha start up dan UKM binaan Smesco dengan proses kurasi produk terlebih dahulu.

Aneka kopi

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada April 21, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: