Yuk Mengenal Al-Azhar Memorial Garden


Al-azhar memorial garden

Tentu Kalian telah mengetahui bahwa di Karawang terdapat pemakaman yang indah bernama San Diego. Nah, rupanya Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar juga telah memiliki pemakaman khusus untuk umat muslim bernama Al-Azhar Memorial Garden.

Saya beruntung diajak kawan-kawan berkunjung ke Al-Azhar Memorial Garde. Saya penasaran dan ingin tahu seperti apakah pemakaman muslim yang dikelola Al-Azhar. Apakah indah dan ekslusif seperti San Diego, saya menduga-duga.

Dari Jakarta sekitar dua jam menuju lokasi Al-Azhar Memorial Garden. Bus menembus kemacetan Jakarta dan tol Cikampek. Saat kami tiba, saya merasa senang melihat tempatnya yang teduh dan asri juga rapi.

Air mancur

Pemakaman muslim yang terletak di Karawang Timur ini memiliki luas total 25 hektar. Sedangkan kebutuhan liang lahat adalah 3×2 meter. Sehingga dengan luasan tersebut maka bisa menampung 29 ribu liang lahat. Sejak dipasarkan tahun 2012, sudah ada tiga ribu liang lahat yang dipesan dan 100 liang yang telah terisi.

Al-Azhar Memorial Garden dilatarbelakangi oleh kebutuhan para keluarga Al-Azhar yang umumnya berasal dari golongan menengah ke atas dan para public fihure yang kesulitan mencari tempat pemakaman bagi keluarganya. Mereka juga menginginkan pemakaman yang memenuhi syariat Islam. Dalam perkembangannya, tempat pemakaman ini tidak hanya dikhususkan bagi menengah ke atas, tapi bisa ke siapa saja.

Bu maya dewi

Syariat pemakaman islam bertujuan untuk memperlakukan jenazah dengan hormat. Syariat pemakaman yakni:
1. Makam muslim tidak bercampur dengan makam non muslim.
2. Harus menghadap kiblat
3. Sederhana hanya terdiri dari gundukan tanah, tidak dibangun apapun di atasnya.
4. Tidak boleh dilangkahi, diduduki, atau diinjak-injak.
5. Kedalaman makam 1,5m agar tidak diganggu hewan dan tidak berbau.
6. Boleh meletakkan batu nisan sebagai pertanda
7. Berdasarkan fatwa MUI DKI Jakarta tahun 2011 menumpuk jenazah hukumnya haram
8. Berdasarkan fatwa MUI No 9 tahun 2014, membeli makam dimana terdapat unsur tabzir dan israf di dalamnya adalah haram. Tabzir itu mubadzir dan israf itu berlebihan.

Ziarah kubur bagi peziarah di antaranya dapat memberikan hikmah melembutkan hati. Bisa memunculkan sifat sederhana dan rasa cukup, juga dapat mengenang jasa-jasa yang dimakamkan. Selain itu ziarah kubur dapat membuat ibadah dan rasa takwa kepada Allah semakin baik. Bagi yang telah meninggal maka ziarah kubur dapat membuat mereka merasa senang dikunjungi.

Sahliyah

Untuk itu kavling makam syariah yang masuk dalam layanan Al-Azhar Memorial Garden memenuhi ketentuan sederhana, khusus untuk muslim, tinggi hanya 10 cm, ada jalan setapak untuk menjaga makam agar tidak terlangkahi, bersih, asri dan tertata rapi, serta kepastian makam mengarah ke kiblat dengan adanya sertifikat kiblat resmi dari Kementerian Agama Kabupaten Karawang.

Rapi

Rupanya ada tiga tipe liang lahat yang ditawarkan oleh Al Azhar Memorial Garden ini, yakni single ukuran 1,5×3 meter dengan biaya 25 juta jika cash, 25.500.000 selama 12 bulan dengan cash keras atau 28 juta dengan cicilan selama lima tahun dengan BTN Syariah.

Tipe berikutnya yakni tipe double dengan ukuran 3,5×3,9 meter untuk dua orang, dan tipe family untuk empat orang dengan ukuran 3,5×7,5 meter. Untuk cicilan juga ada asuransi, sehingga mereka yang memesan dan masih mengangsur maka otomatis lunas ketika ia meninggal. Oh iya untuk biaya batu nisannya terpisah dari biaya total pemakaman dan perawatan.

Makam

Layanan dari Al-Azhar Memorial Garden juga meliputi layanan prosesi pemakaman syariah dan perawatan makam dengan biaya perawatan sekali untuk sepanjang masa. Layanan prosesi pemakaman syariah meliputi menangani proses pemakaman, mulai dari rumah duka hingga ke Al-Azhar Memorial Garden. Juga ada layanan pemindahan makam dari makam lama ke Al-Azhar Memorial Garden. Saat ke sana saya melihat mereka yang bertugas membersihkan makam sedang melaksanakan tugasnya.

Al-Azhar Memorial Garden juga memiliki layanan waqaf bagi kaum dhuafa yang tinggal di sekitar pemakaman. Jadinya jika Kalian punya uang berlebih dan memesan makam di Al-Azhar Memorial Garden, maka bisa memberikan waqaf berupa makam bagi seorang kaum dhuafa. Akan tetapi kaum dhuafanya ditentukan oleh Badan Amil Zakat dan diprioritaskan yang tinggal tak jauh dari pemakaman.

Tempat pemakaman ini juga menjadi proyek percontohan pemakaman di Cimahi dan Pondok Rangoon karena diakui kerapihan dan keprofesionalan dalam pengelolaannya.

Wah jadi banyak tahu dan dapat pencerahan tentang syariat pemakaman dan tentang tempat pemakaman yang layak dan rindang.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Mei 31, 2016.

6 Tanggapan to “Yuk Mengenal Al-Azhar Memorial Garden”

  1. Bagus dan indah tempatnya ya, cocok utk umat Islam karena pemakaman sesuai dgn syariah.

  2. Jauh dari kesan seram … apalagi dengan adanya kursi dan gazebo, agar penziarah yg lansia bs langsung duduk atau istirahat.. Wajar saja kalo jadi percontohan …

  3. Tempatnya bagus, salam kenal ya ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: