Berkenalan dengan Pawoon

IMG_20160619_164728

Era digital ini semakin banyak kalangan muda yang memiliki usaha di bidang start-up teknologi. Salah satunya adalah aplikasi kasir online berbasis cloud server yang bernama Pawoon.

Saat acara Smesco Digipreneurday kemarin (18/6) di Galeri Indonesia Wow, saya baru tahu ada start-up bernama Pawoon. Start-up ini unik karena berupa aplikasi kasir online yang cocok bagi pelaku bisnis seperti UMKM, ritel, restoran, waralaba dan sebagainya.

Untuk usaha start-up digital ini, Ahmad Zabadi, Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) Smesco, turut mendukung, karena sistem aplikasi kasir juga sangat diperlukan oleh UMKM. Dengan aplikasi kasir online maka UMKM tidak pusing dengan membuat laporan transaksi keuangan, melakukan stock opname, juga dapat membina hubungan baik dengan pelanggannya.

Selama sesi tersebut Opid Adisuryo, chief marketing officer, mengenalkan produk beserta keistimewaan Pawoon. Oleh karena saya masih kurang paham dengan fitur-fitur aplikasi Pawoon, maka saya langsung menuju websitenya. Rupanya aplikasi ini memiliki dua versi, yang cuma-cuma dan berbayar.

Untuk yang cuma-cuma, layanan ini hanya disediakan selama 30 hari dan terbatas bagi pelaku bisnis yang memiliki transaksi kurang dari 300 transaksi/bulan. Untuk itu mereka yang tertarik mencoba layanan ini bisa mendaftarkan usahanya di halaman website Pawoon.

Pawoon

Versi gratis juga ada berupa aplikasi android yang bisa dipasang di smartphone Anda dengan memgunduhnya terlebih dahulu di Google Play, dimana fiturnya terbatas hanya untuk satu kasir dan satu tempat, tanpa ada kantor cabang. Kalau melihat dari aplikasi berbasis androidnya sih sebenarnya sudah lumayan dan cukup untuk sebuah usaha yang baru merintis.

Tentunya fitur dan layanan lebih mantap dan dapat diandalkan dengan berlangganan. Dengan sistem berlangganan maka pemilik waralaba bisa memiliki kasir online untuk semua cabang waralabanya. Demikian pula dengan pemilik sebuah kedai, maka ia dapat mencatat pesanan pengunjung secara online sehingga menghindari kesalahan pemesanan makanan.

Transaksi

Keunggulan utama aplikasi kasir Pawoon yaitu menggunakan bahasa Indonesia dan mudah dipahami sehingga karyawan yang baru direkrut juga mudah memahaminya. Selain itu ada layanan bantuan dari Pawoon seperti bagaimana mengkoneksikan berbagai cabang, cara memasukkan inventory, dan bagaimana cara mencetak dengan menggunakan printer wireless dan sebagainya.

Menilik dari sistemnya yang versi cuma-cuma, sistem mampu mencatat nama pelanggan dan transaksinya, juga bisa mencetak transaksi harian, bulanan dan seterusnya juga memiliki fitur analisa, seperti produk apa yang paling favorit juga pada waktu-waktu paling laris sehingga pemilik usaha dapat merancang strategi pemasaran yang efektif berdasarkan analisa tersebut.

Aplikasi Pawoon bukan hanya mencatat transaksi keuangan juga ada fitur inventory dan  customer relation management, sehingga pengguna aplikasi ini dapat berhubungan dengan pelanggannya.

CRM

Untuk usaha start-up digital ini, Ahmad Zabadi, Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) Smesco, turut mendukung, karena sistem aplikasi kasir juga sangat diperlukan oleh UMKM. Dengan aplikasi kasir online maka UMKM tidak pusing dengan membuat laporan transaksi keuangan, melakukan stock opname, juga dapat membina hubungan baik dengan pelanggannya.

Start up ini baru berdiri tahun 2014. Setelah idenya menarik perhatian pada ajang IDEABOX, maka Pawoon termasuk salah satu yang masuk program inkubasi dan akselerasi. Pawoon bekerja sama dengan Zahir yang telah berpengalaman dalam membuat aplikasi keuangan/pembukuan.

Melihat semakin maraknya pelaku UMKM dan keterbatasan mereka dalam hal mengelola transaksi keuangan, maka Pawoon menargetkan 10 ribu pengguna hingga akhir tahun 2016.

Dari penjelasan Opid dan menilik informasinya di website, maka dengan Pawoon diharapkan para pelaku UMKM mendapatkan hal-hal sebagai berikut:
1.Keamanan terkait dengan keuangan mereka karena setiap transaksinya tercatat oleh sistem.
2. Memonitor persediaan barang secara real time dan up to date. Dengan hal ini merela dapat melakukan perencanaan pembelian dengan baik
3. Pengguna aplikasi ini dapat melakukan analisa penjualan, misalnya produk mana yang paling laris, jam-jam berapa atau hari apa penjualan laris-manis, dan konsumen mana yang memiliki pembelian berulang.

Dengan adanya fitur-fitur tersebut pada Pawoon maka memungkinkan UKM untuk memiliki laporan keuangan, sebagaimana diperlukan sebagai persyaratan pengajuan kredit ke bank.

Pawoon juga telah bekerja sama dengan perbankan seperti Bank Mandiri sehingga pelaku UMKM yang menggunakan aplikasi kasir ini dapat memiliki kesempatan untuk mengajukan kredit perbankan untuk menambah modal usaha.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juni 19, 2016.

2 Tanggapan to “Berkenalan dengan Pawoon”

  1. Keren nih start upnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: