Internet Ultra Cepat Buat Apa?

Buletin cinemaniaID

Di era digital ini internet menjadi salah satu kanal yang mendukung aktivitas masyarakat modern, termasuk dalam urusan bisnis. Penetrasi internet di Indonesia juga semakin meningkat sehingga e-commerce dan start up tumbuh subur. Nah, seandainya Kalian diberi peluang menggunakan internet ultra cepat, ide apa yang bakal Kalian realisasikan?

Apakah ada relasi antara kecepatan akses internet dan pertumbuhan bisnis? Menurut saya ada sih. Dengan kecepatan akses yang cepat maka mengunggah sebuah artikel, gambar, dokumen maupun video tentunya jauh lebih cepat. Streaming bisa dilakukan dengan lancar tanpa tersendat, sehingga informasi bisa didapat dengan lebih cepat dan keputusan bisa segera dihasilkan.

Saat ini berbagai perusahaan telah merambah kanal di dunia maya untuk melebarkan segmen konsumennya. Ada berbagai cara mereka lakukan, di antaranya dengan membuat website. membuka toko online, membuat komunitas online, dan melakukan optimasi seluruh media sosial seperti facebook, instagram, twitter, youtube, dan Line. Agar lebih maksimal, sebagian perusahaan jasa dan barang juga merilis aplikasi mobile. Harapannya, dengan menjajagi setiap kanal maka kemungkinan pertambahan konsumennya juga semakin besar.

Namun, tidak mudah tentunya mengelola seluruh kanal dunia maya tersebut. Perlu petugas yang memahami dunia maya dan sabar. Oleh karena memasukkan satu-persatu foto produk juga memerlukan waktu, apalagi jika mengunggah dokumen dan video dalam ukuran besar.

Perkembangan internet dan teknologi informasi juga melahirkan peluang lahirnya berbagai start up dan wirausaha di bidang aplikasi mobile. Ada beragam start up yang menarik, dari urusan game, kursus online, penyedia jasa transportasi publik, layanan konsultasi kesehatan, dan sebagainya.

Saat ini memang telah terdapat ISP yang menjanjikan internet ultra cepat. Salah satunya adalah MyRepublic. Mungkin ada yang beranggapan tidak terlalu penting kecepatan akses internet, apalagi hingga ultra cepat. Wah kalau saya sih jelas mendukung dan menyukai akses internet ultra cepat.
Hemmm seandainya saya mendapatkan koneksi ultra cepat apa yang akan saya lakukan?

Saat ini saya bergabung dengan delapan orang lainnya dalam sebuah kelompok pecinta film. Kami doyan membahas film, baik film mancanegara maupun film nasional. Info yang kami bahas beragam dari musik soundtrack, hal-hal menarik dalam sebuah film, tren film saat ini, dan juga film-film yang akan diputar dan ulasan tentang film-film yang telah ditonton.

Ulasan dan artikel tersebut kami tuangkan dalam sebuah blog bernama CinemaniaID. Selain dalam bentuk artikel, kami juga merilis sebuah buletin yang bisa diunduh secara cuma-cuma.

Frekuensi kami memutakhirkan artikel memang belum terhitung harian. Adakalanya sih bisa harian, tapi rata-rata seminggu baru bisa beberapa kali. Demikian juga dengan memutakhirkan info di twitter dan instagram.

Oleh karena rata-rata Cinemania Squad adalah masih mahasiswa dan internetnya mengandalkan WiFi di kampus, maka kami cerdik-cerdik bagi waktu untuk menonton film, mengumpulkan bahan untuk membuat artikel, menonton trailer film, mendengarkan soundtrack film, membuat artikel, mengunggahnya, serta kemudian membuat buletin film dan mengunggahnya.

Memang nampaknya membuat artikel tentang film sepele karena jenis berita ringan, tapi proses yang kami lalui cukup banyak. Proses yang perlu kecepatan akses internet kencang adalah saat kami menonton trailer film, menyaksikan video klip sebuah soundtrack film, dan mengunggah buletin film yang berukuran cukup besar. Oleh karena akses internet yang kami gunakan adalah berkecepatan rata-rata, maka kami perlu bersabar untuk melakukan proses ini.

Ada banyak ide yang akan kami realisasikan dalam usia 16 bulan ini. Seandainya kami mendapat hadiah, misalnya dari My Republic dan Channel News Asia, maka kami akan segera realisasikan ide-ide tersebut.

Ide tersebut di antaranya membeli domain berekstensi com, id, atau net agar kami lebih profesional, sekaligus mengubah desain dan penampilan web agar lebih baik dan nyaman dilihat. Ide berikutnya yaitu lebih telaten mengurusi berbagai kanal media sosial terutama facebook, twitter dan instagram sehingga kami bisa lebih dekat dengan para pembaca setia blog dan buletin film.

Para anggota CinemaniaID berkeinginan mengkomersialisasikan buletin film namun tentunya dengan harga yang sangat terjangkau dan fitur yang tentunya jauh lebih baik dibandingkan buletin saat ini. Ada juga rencana untuk menjual merchandise yang berhubungan dengan film.

Rencana paling seru yang sedang digodok adalah membuat kanal di youtube dengan fokus membahas film-film yang sedang tren dan film-film yang layak direkomendasikan. Membuat video yang menarik dengan durasi tidak terlalu lama ini yang menjadi pe er kami.

Oleh karena salah satu anggota kami juga seorang penyiar radio, bisa jadi suatu saat streaming siaran berhubungan dengan film tersebut juga bisa dimasukkan ke dalam portal film kami. Ini serius lho hehehe kami berniat membentuk portal film yang one stop about movie. Syukur-syukur jika portal ini nanti juga dirilis dalam bentuk aplikasi mobile.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juli 16, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: