Merdeka Itu…

Merdeka

Apa makna dari merdeka? Menurut KBBI, merdeka itu bebas dari perhambaan, penjaaan atau berdiri sendiri. Bisa juga bebas dari tuntutan. Merdeka juga bisa bermakna tidak terikat dan bergantung pada pihak lain. Jadi apakah Kalian sudah benar-benar merdeka?

Indonesia sudah merdeka sejak 17 Agustus 1945. Akan tetapi Indonesia belum bisa disebut negara yang mandiri atau mungkin karena adanya globalisasi maka sulit untuk berpijak dengan kaki sendiri karena ada perjanjian, kerja sama dan arus investasi dari negara-negara lain.

Seandainya bantuan dan kerja sama itu tidak ada, apakah indonesia bisa mencukupi kebutuhan hidupnya sendiri? Entahlah, saat ini saya ragu.

Beberapa tahun silam Indonesia mencapai swasembada beras. Pertaniannya cukup maju. Pendidikannya terakui di tingkat Asia Tenggara dan produksi perkebunannya di antaranya masuk dalam jajaran top dunia. Akan tetapi sekarang Indonesia melakukan impor untuk beras, gula, daging sapi dan banyak hal. Sehingga ada pertanyaan bagaimana jika suatu saat kerja sama itu musnah dan Indonesia harus bergantung pada tanahnya sendiri?

Seharusnya sih bisa karena tanah Indonesia sangat subur. Ikannya juga berlimpah ruah.

Masalah sumber daya pangan memang krusial terutama bagi generasi mendatang. Jumlah penduduk Indonesia sudah begitu besar dan merupakan bom waktu. Jika ledakan penduduk ini tak tertangani dengan baik bisa terjadi bencana kemiskinana, kelaparan dan sebagainya.

Saya rasa Indonesia belum merdeka dari hal-hal krusial tersebut. Tentunya pemerintah tak bisa sendiri mengatasinya. Setiap orang bisa memberikan kontribusi, bisa bertanam di rumahnya, bisa mengikuti KB, membuka lapangan usaha sendiri dan sebagainya.

Hari ini 71 tahun silam merupakan momen terpenting bangsa Indonesia. Tidak mudah meraih kemerdekaan tersebut sehingga haruslah dijaga dengan sebaik-baiknya. Salam Merdeka!!!

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Agustus 17, 2016.

2 Tanggapan to “Merdeka Itu…”

  1. Dirgahayu indonesiaku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: