Memaknai Pembangunan Berkelanjutan dari Sang Pakar

Hai teman-teman masih semangat untuk selalu menambah ilmu dan wawasan, bukan?! Oleh karena bulan Maret dan bulan April diperingati sebagai hari Air dan hari Bumi maka saya ingin mengupas kursus online yang usai beberapa waktu lalu dan bakal dirilis lagi sekitar bulan Mei. Nama kursusnya adalah Sustainable Development atau pembangunan berkelanjutan. Pengajarnya adalah seorang pakar lingkungan yang dulunya juga seorang menteri, hayo tebak? Yuk pengajarnya adalah Prof. Dr. Emil Salim yang menjadi Menteri Lingkungan Hidup era orde baru.

Lingkungan hidup tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Bumi sebagai lingkungan hidup merupakan rumah manusia dan tempat manusia untuk melangsungkan berbagai aktivitasnya. Jika lingkungan hidup di sekelilingnya rusak ataupun sumber dayanya habis karena nafsu serakah maka yang bakal rugi adalah manusianya itu sendiri.  Untuk itulah pentingnya manusia agar tidak merusak alam dan melakukan pembangunan dengan memperhatikan kelangsungan sumber daya alamnya.

Kursus online ini tergolong mudah dan bisa diikuti apa saja serta tidak perlu memiliki latar belakang khusus. Ada beberapa hal yang baru dan belum banyak diketahui. Yakni alasan perlunya pembangunan berkelanjutan, maknanya, ciri-cirinya, dan proses-proses yang menyertainya.

Alasan utama pentingnya pembangunan berkelanjutan adalah karena sejak beberapa waktu lalu jumlah manusia sudah melebihi dari kapasitas ideal penghuni bumi. Saat ini jumlah manusia di seluruh dunia adalah berkisar tujuh milyar, padahal idealnya bumi diisi oleh 4,5 milyar penduduk.  Jika pertumbuhan manusia ini tidak dikendalikan melalui program kependudukan maka bisa dibayangkan suatu saat bisa terjadi ‘hukum rimba’. Hanya manusia yang kuat dan kaya yang mungkin bisa memiliki tanah untuk tempat tinggal dan menikmati sumber daya alam. Hal tersebut tentu hal ingin dihindarkan, sehingga itulah pentingnya menjaga sumber daya alam tetap eksis dan bumi tidak rusak. Kalau rumahnya sudah rusak, mau tinggal di mana?

Development that meets the needs of the present without compromising the ability of the future generations to meet their own needs

Oleh karena sumber daya alam adalah sebenarnya harus bisa digunakan hingga generasi manusia mendatang, maka perlu upaya agar sumber daya alam tersebut digunakan seefisien mungkin dan ditingkatkan nilai tambahnya, selanjutnya bagaimana proses itu bisa memutar atau membentuk lingkaran daur ulang sehingga semuanya bisa dimanfaatkan. Yang tak kalah penting adalah memahami baik-baik daya dukung alam, jangan sampai melewati ambang batas daya dukungnya. Artinya, jangan sampai tanah dieksploitasi hingga melewati kemampuan tanah itu untuk menumbuhkan tanaman.

Oleh karena Indonesia bukan negara sendiri tapi berhubungan dengan negara lain, maka aspek lingkungan mau tidak mau juga melibatkan kawasan regional dan global. Juga perlu ada harmonisasi di segala lini masyarakat dan intervensi pemerintah akan proses ekonomi yang tentunya berkaitan dengan proses pembangunan berkelanjutan sehingga tidak terjadi eksploitasi sumber daya alam atau merugikan pihak-pihak tertentu.

Durasi kursus online yang diadakan di Indonesia X ini juga singkat, yakni hanya selama tiga pertemuan dan kemudian diakhiri dengan ujian akhir. Jika ingin memulai untuk belajar di kursus online maka saya rasa materi ini bisa diikuti oleh siapa saja, termasuk oleh mereka yang masih berstatus pelajar. Biayanya cuma-cuma dan waktu belajarnya setiap minggu hanya berkisar 30 menit hingga satu jam. Lumayan kan waktu senggang dibuat untuk mengasah otak:)

Selamat membaca, tetap bersemangat untuk menimba dan menyebarkan ilmu dan wawasan.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada April 3, 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: