Sulit dan Pahit

‘Sulit’, ‘pahit’, ‘sakit’ rumit, ‘sedikit’, ‘pelit’, ‘buncit’, ‘sempit’ dan ‘pailit’. Hemmm kenapa kata-kata yang berakhiran ‘it’ tersebut sebagian memiliki makna negatif ya. Tapi sebenarnya relatif sih kalau orang-orang memandangnya dari sisi berbeda.

Sulit, hemmm soal matematika atau fisika yang sulit tentu menjadi momok sebagian siswa. Tapi ada juga yang menganggapnya sebagai tantangan.

Kata ‘sulit’ menjadi menyebalkan ketika sesuatu yang sebenarnya mudah dan cepat kemudian menjadi lama karena dipersulit. Kenapa ya ada saja orang atau instansi yang doyan mempersulit. Seperti hari ini. Aku merasakan tugasku dan temanku dipersulit sehingga seolah-olah menjadi rumit padahal sebenarnya mudah. Ah entahlah mungkin ia belum pernah berada di posisi yang dipersulit atau malah ia ingin ‘balas dendam’ karena sering dipersulit.

Seseorang yang dikecewakan umumnya kemudian tumbuh menjadi pahit. Hidupnya pahit sehingga ia ingin sekelilingnya merasakannya juga. Percayalah sebagian hal terjadi berulang, ketika seseorang dipersulit bisa jadi suatu ketika ia mempersulit orang lain. Saat ia merasakan hal-hal pahit, mungkin ia akan membuat sekelilingnya menjadi pahit. Bak siklus dimana rantai itu harus diputuskan.

Eh kalau pahitnya pare rasanya banyak yang suka. Jadi pahit juga bisa bermakna netral atau juga bisa positif.

Bagaimana dengan sakit, rumit, sempit, sedikit, buncit, pelit dan pailit? Adakah sisi netral atau positif pada kata-kata tersebut?

Kredit gambar: Laserbrody (tautan berikut)

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada April 28, 2017.

2 Tanggapan to “Sulit dan Pahit”

  1. Pahitnya pare aku suka :))

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: