Kursus Perencanaan Keuangan Singkat Bagi Pemula

Bagi Kamu yang ingin belajar cara mengelola keuangan personal, Kamu bisa belajar nih kursus online singkat di Indonesia X. Nama kursus tersebut adalah Short Introduction to Personal Financial Planning. Sesuai judulnya, kursus perencanaan keuangan pribadi ini sangat singkat, hanya satu modul. Apa saja materinya?

Pada kursus yang diasuh Tri Djoko Santoso, CFP ini Kamu akan mendapatkan materi berupa siklus kehidupan manusia, perencanaan keuangan, peran asuransi jiwa dan kesehatan, serta peran reksadana. Yuk kita bahas satu-persatu!

Setiap manusia tentu mengalami hal yang pasti yaitu lahir, menua, dan meninggal. Juga ada unsur ketidakpastian, seperti meninggal dini atau hidup terlalu lama. Ketidakpastian lainnya adalah sakit berkepanjangan, cacat, dan sebagainya. Mengingat kedua unsur tersebut, maka manusia sebaiknya mempersiapkan diri atas risiko tersebut. Oleh karena saat seseorang sakit berkepanjangan atau cacat maka ia tidak lagi produktif secara keuangan, sehingga keluarganya tidak bisa bergantung kepadanya. Untuk itulah perlu adanya tabungan dan asuransi untuk mengantisipasi ketidakpastian tersebut.

Itulah peranan pentingnya perencanaan keuangan. Oleh karena ketika kita menua dan kemudian tumbuh dewasa maka ada banyak hal yang memerlukan uang, seperti pendidikan ke universitas, menikah, memiliki rumah, dan sebagainya. Setiap peristiwa kehidupan itu menurut Pak Tri disebut tujuan keuangan, karena apapun peristiwanya perlu uang. Ia menyarankan selagi saya dan kamu produktif maka sisihkanlah sebagian uang untuk mengantisipasi risiko dan mendanai kebutuhan masa depan. Selain menabung untuk mengantisipasi ketidakpastian adalah asuransi. Ia menyarankan peserta kursus untuk memiliki asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

Ada beberapa hal lagi yang ia sarankan kepada para peserta kursus. Menurutku materi ini cocok bagi pemula atau Kamu-kamu yang ingin belajar bagaimana mengelola keuangan. Muda kaya-raya, tua pun makin bijak dan sejahtera.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juli 13, 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: