Linkin Park dan Hybrid Theory (II-Tamat)

Masih ada delapan lagu lagi dalam Hybrid Theory yang belum kubahas. Dari delapan lagu ini, satu di antaranya begitu hits yakni One Step Closer, satu lainnya unik karena merupakan proyek instrumentalia Mr Hahn, dan beberapa di antaranya merupakan lagu yang underrated, lagu yang bagus tapi kurang populer. Yuk kita bahas satu-persatu.

One Step Closer
Bahas Linkin Park tanpa menyebut One Step Closer maka bakalan kurang lengkap. Lagu ini yang lebih dulu diperkenalkan ke publik, meski kemudian lagu Crawling yang lebih populer. One Step Closer cocok sebagai single debut, lagunya memiliki ciri khas Linkin Park dan video klipnya dikemas menarik. Aku suka dengan konsep video klipnya yang seperti konser di terowongan kereta api lawas. Cakep banget!

Di video klip, rambut dua vokalis diwarnai mencolok. Selain kelima personel ada sosok-sosok aneh seperti biarawan dalam posisi melayang. Mereka nampak sedang berlatih bela diri.

Lagu ini memiliki ciri khas yaitu intro dan rhythm gitar yang berulang dan mudah terekam di benak. One Step Closer salah satu favoritku dalam album ini karena duo vokalis ini nampak kompak dan bagian mereka berduet di bagian chorus begitu energik. Gara ngerap Mike Shinoda juga maksimal, begitu pula turntable dari Mr Hahn memberi warna dalam lagu ini.

Menilik dari liriknya, lagu ini bercerita tentang pertentangan batin karena merasa apa yang didengarkan selama ini bertentangan dengan keyakinan dan pendapatnya. Ia memerlukan ruang untuk bernafas agar tidak merasa penat dengan kata-kata yang didoktrinkan kepadanya. Bagaimana jika sekarang waktunya ia yang berpendapat dan pihak tersebut diam dan mendengarkan?

Everything you say to me
Takes me one step closer to the edge

And I’m about to break
I need a little room to breathe
‘Cause I’m one step closer to the edge
I’m about to break

Forgotten
Lagu ini diciptakan oleh Linkin Park dan Mark Wakefield. Forgotten awalnya berjudul Rhinestone. Lagu ini tanpa tedeng aling-aling langsung di bagian chorus. Asyik nih lagu ini buat berlari.

Lagu ini agak sulit dipahami. Menurutku lagu ini tentang kenangan dan masa lalu yang terus melekat hingga sepanjang hayat. Tapi bukankah itu tidak masalah kecuali kenangan itu seperti mimpi buruk.

From the top to the bottom,
bottom to top, I stop
At the core I’ve forgotten,
in the middle of my thoughts
Taken far from my safety,
the picture’s there
The memory won’t escape me,
but why should I care?

A Place for My Head
Lagu ini underrated. Aslinya? Lagu ini keren dengan intro yang asyik dan bagian ngerap Mike di awal yang enak didengar. Bagian bridge juga wow. Lagu ini berbeda dengan sebagian besar lagu dalam Hybrid Theory. Lagu ini seperti Forgotten, juga turut diciptakan oleh Mark Wakefield.

Lagu ini bercerita tentang rasa muak kepada seseorang yang awalnya bersikap baik ke kita tapi kemudian bertindak seolah-olah kita berhutang budi kepadanya. Oleh karena ada rasa seolah berhutang budi itu maka kita segan menolak apa yang dimintanya.

Lagu ini juga asyik untuk berlari atau untuk adegan baku hantam seperti John Wick atau adegan laga di The Raid. 

I’m so
Sick of the tension, sick of the hunger
Sick of you acting like I owe you this
Find another place to feed your greed
While I find a place to rest

Pushing Me Away
Lagu ini biasa saja. Musiknya agak mirip dengan lagu-lagu Linkin Park dalam album ini. Liriknya tentang keinginan berhenti untuk berkelakuan dan bertindak seperti yang diharapkan banyak orang. Lebih baik menjadi diri sendiri.

Why I never walked away
Why I played myself this way
Now I see your testing me
pushes me away

By MySelf
Termasuk lagu Linkin Park yang biasa dan agak datar. Agak mirip dengan Pushing me Away dan cenderung mudah dilupakan. Lagu ini menurutku tentang ketidakpercayaan diri.

I can’t hold on.
To what I want when
I’m stretched so thin.
It’s all too much to take in.
I can’t hold on.
To end things watching everything spin.
With thoughts of failure sinking in.

High Voltage
High Voltage dan My December hanya ada di album yang diedarkan di Jepang. Mengapa berbeda hanya beredar di Jepang? Mungkin dikarenakan pada lagu ini dan My December kental sekali peranan Mike Shinoda. Sementara, Mike Shinoda sendiri memiliki darah campuran Jepang.

Lagu ini dibawakan oleh Mike Shinoda dengan musik yang lebih berkesan hip hop. Mike ngerap sepanjang lagu dan sepertinya lagu ini khusus dibuat oleh Mike, Brad, dan Mr. Hahn dan dinyanyikan untuk Mike Shinoda. Lumayan bagus, meski kurang wah.

Terus terang aku kesulitan memaknai lagu ini. Mungkin lagu ini tentang Kalian yang bisa jadi apa saja sesuai keinginan.

High voltage
The unforgettable sound
High voltage
Bringing you up and taking you down
High voltage
Coming at you from every side
High voltage
Making the rhythm and rhyme collide

My December
Lagu ini dicipta Mike Shinoda dan terdapat dalam album yang diedarkan di Jepang. Lagunya muram dan suram, seperti Valentine’s Day.

Lagunya cenderung melankolis dengan bagian rap yang tidak banyak. Chester bernyanyi seolah-olah ia sosok yang rapuh dan begitu kesepian.

Give it all away
Just to have somewhere
To go to
Give it all away
To have someone
To come home to

Cure for The Itch
Lagu ini merupakan proyek Joe Hahn berupa instrumentalia. Lagunya asyik di awal seperti lagu untuk film luar angkasa. Tapi di bagian tengah hingga akhir agak datar dan monoton.


Jadinya dari 14 lagu, lagu yang saya favoritkan adalah One Step Closer, Papercut, In The End, dan Crawling. Lagu yang underrated adalah a Place for My Head dan My December.

Yup artikel bedah album debut Linkin Park sebagai band nu metal telah saya pungkasi sampai di sini dulu. Selanjutnya akan saya selingi dengan beberapa artikel lainnya agar Kalian tidak bosan, baru kemudian bahas album Linkin Park selanjutnya (tamat).

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Agustus 12, 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: