Bebas Menambah Ilmu Itu Merdeka di Era Digital

Sobat, apa makna kemerdekaan menurut Kalian dalam era digital ini? Apakah dengan merdeka kita bebas berpendapat asal bertanggung jawab atau bebas meraih cita-cita sesuai keinginan? Opini tiap pribadi untuk istilah merdeka bisa jadi beragam dan berbeda satu sama lain. Kalau aku sendiri beranggapan merdeka di era digital itu bisa bebas menambah ilmu dan wawasan dari mana saja dan kapan saja.

Dahulu ilmu itu rasanya mahal dan langka. Untuk meraih ilmu ataupun keahlian tertentu maka perlu sekolah atau kursus di tempat tertentu dan itupun perlu menunggu hingga kelasnya dibuka atau hingga kuota muridnya terpenuhi. Aku ingat betapa beratnya menyisihkan uang saku masa itu agar dapat mengikuti kursus A atau B. Terkadang kursus yang kuidam-idamkan pun batal kuikuti karena jumlah muridnya sudah penuh atau malah sebaliknya, pesertanya belum mencapai kuota tertentu. Saat ku kuliah sering kali aku tidak dapat masuk ke mata kuliah tertentu karena peminatnya membludak. Lain waktu aku tergiur untuk mengikuti mata kuliah yang diajarkan jurusan tertentu, tapi mana mungkin dapat kuikuti karena berbeda jurusan.

Ya, dulu rasanya sulit untuk menambah ilmu. Jika misalkan mampu pun terkadang waktu dan tempatnya tidak pas. Namun, aku bersyukur pada era digital ini setiap orang mulai merdeka untuk menambah ilmu dan pengetahuannya. Siapapun bisa mengikuti kursus online (MOOC-massive open online course) yang diadakan secara cuma-cuma dan dapat diakses kapanpun. Beberapa universitas juga mulai membuka distance learning dan e-learning dengan meminimalkan pertemuan secara tatap muka sehingga mereka yang tinggal di pelosok ataupun di daerah dekat perbatasan bisa mengakses ilmu tersebut asal terkoneksi dengan internet.

Kursus online ini materinya semakin banyak dan lengkap, dari ilmu yang bisa digunakan untuk menambah pengetahuan dan lazim diajarkan di perguruan tinggi, maupun pengetahuan yang menambah wawasan. Aku suka menambah pengetahuanku terkait latar belakangku di bidang teknologi informasi di Coursera dan IndonesiaX. Jika bosan, aku pun mengikuti berbagai materi lainnya yang menarik seperti materi tentang musik etnik mancanegara, tentang makna dari dongeng, tentang perencanaan keuangan, dan masih banyak lagi. Ilmu itu tidak berkaitan dengan latar dan pekerjaannku, tapi menarik dan menambah wawasanku.

Ketika mengikuti berbagai kursus online aku juga bisa mengukur pengetahuanku dengan mengikuti kuisnya dan berdiskusi dengan peserta kursus lainnya. Aku bisa memilih mengerjakan soal-soalnya berdasarkan waktu senggangku, apakah pagi, siang, atau malam. Jika pun aku merasa belum cukup dengan mengikuti kursus tersebut, aku juga bisa bergabung dengan berbagai forum sesuai dengan topik yang kuminati.

Saat ini ilmu semakin mudah didapat dan bisa diakses kapan saja. Itulah arti kemerdekaan bagiku di era digital. Harapanku ilmu yang bisa diakses oleh masyarakat bisa semakin banyak dan akses internet semakin muda, sehingga pemerataan pendidikan di seluruh penjuru nusantara bisa tercapai.

NB: “Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog PalingBaru #LombaBlogPalingBaru”
Sumber gambar: pexels dan shutterstock

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Agustus 29, 2017.

2 Tanggapan to “Bebas Menambah Ilmu Itu Merdeka di Era Digital”

  1. Menarik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: