Tembang-tembang Kurang Populer dalam Meteora Linkin Park

Album kedua, Meteora, merupakan lagu tersukses Linkin Park, dimana terdiri atas 13 lagu (album internasional). Album ini paling laris di sepanjang karir Linkin Park dan menempatkan berbagai singlenya di puncak tangga lagu berbagai negara.

Sebenarnya album ini agak mirip dengan album pertama, Hybrid Theory. Tema-temanya juga mirip tentang kemarahan, frustasi, dan tekanan. Beberapa lagu diambil dari curahan hati Chester Bennington atas masa lalunya yang kelam juga kisah yang ditulis oleh Mike Shinoda dari pengalaman orang-orang di sekelilingnya. Personel dalam album ini tetap seperti dalam album Linkin Park sebelumnya. Masih ada Joe Hahn alias Mr Hahn (synthesizer, turntable), Brad Delson (lead gitar), Rob Bourdon (drum), dan Dave Farrell (bas).

Lagu-lagu yang beken pada album kedua ini adalah Numb, Faint, Somewhere I Belong, From This Inside, dan Breaking The Habit. Lagu Breaking The Habit menempati puncak tangga lagu di berbagai negara. Namun yang berhasil mendapatkan nominasi Grammy adalah tembang berjudul Session. Yuk kita kupas satu-persatu tembang dalam album kedua yang rilis tahun 2003 ini. Bagian pertama bahas delapan lagu yang kurang populer. Apa saja lagu tersebut?

Foreword
Foreword hanya semacam intro. Instrumentalia sepanjang 14 detik ini seperti sedang memukul kaca hingga pecah berkeping-keping.

Figure 09
Terus terang lagu ini mirip dengan lagu-lagu ala Linkin Park. Biasa banget, mudah dilupakan. Liriknya juga hampir sama dengan tembang-tembang LP lainnya tentang luka yang terus terbawa hingga kini dan sulit untuk dilupakan.

Nobody’s Listening
Apakah Kamu mendengarkanku? Mendengar kisahku dalam laguku?
Yeah, lagu ini memiliki sound yang unik berkat musik tiup yang biasa dalam dalam film-film samurai atau ninja Jepang. Unik. Lagu ini cocok menjadi soundtrack film Jepang ketika ninja atau samurai beraksi.

You never forget the blood sweat and tears
The up-hill struggle over years the fear and
Trash talking and the people it was to
And the people that started it just like you

Easier to Run
Lagu yang muram dan sendu tentang keinginan kabur melarikan diri daripada menghadapi sesuatu yang sulit, apalagi ketika sebuah rahasia dan luka tersikap.

Lagunya banyak memberikan porsi pada Chester, sepertinya lagu ini salah satu tentang curahan hati Chester dimana ia merasa lukanya terus menghantuinya dan membuatnya tertekan.

It’s easier to run
Replacing this pain with something numb
It’s so much easier to go
Than face all this pain here all alone

Session
Instrumentalia yang keren ala Mr Hahn. Sesuatu yang menyegarkan dalam album Meteora. Track ini juga hadir dalam film Matrix Reloaded.

Don’t Stay
Track yang underrated adalah Don’t Stay. Lagu ini memiliki intro dan melodi yang asyik dinikmati. Cuma separuh hingga selesainya agak datar. Cerita lagu ini tentang keinginan untuk mengambil jarak dengan seseorang yang dulu dirasa dekat.

Don’t stay
Forget our memories
Forget our possibilities
What you were changing me into
(Just give me myself back and)
Don’t stay

Lying from You
Lagu ini agak berbeda dengan lagu-lagu lainnya dalam album ini. Lebih kental hip hopnya, meskipun Chester masih tetap menyumbangkan nada tingginya.

Lying from You bercerita tentang tersiksanya diri ketika berpura-pura menjadi orang lain. Meski berisiko tidak bakal disukai orang lain karena menjadi diri sendiri, itu lebih baik daripada terus berpura-pura.

Hit The Floor
Intronya unik, perpaduan musik synthesizer dan distorsi gitar yang seru. Perpaduan hip hop Mike Shinoda dan vokal melengking Chester yang asyik. Lagu ini memiliki riff gitar yang intimidatif, asyik untuk nge-dance atau jadi teman untuk berlari.

Tentang apa ya Hit The Floor? Lagu ini tentang bagaimana menahan diri hingga kesabaran itu ada batasnya. Terkadang seseorang terlalu ingin turut campur pada hidup seseorang, seakan-akan ingin mengambil kendali atas hidup orang tersebut. Padahal bisa jadi orang tersebut keberatan dan menunggumu hingga jatuh.

Tembang ini termasuk underrated dan jarang ditampilkan dalam konser, padahal lagu ini menurutku lagu yang menarik dalam album ini.

Dari delapan lagu di atas ada empat lagu yang kurekomendasikan. Yaitu, Session, Hit The Floor, Don’t Stay dan Nobody’s Listening.

Lima tembang lainnya yang populer dalam album ini akan kubahas kemudian. (bersambung)

Linkin Park tahun 2003 (dok. Thenewfury)

Ket gambar cover dari youtube

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada September 1, 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: