Garda Oto Digital, Bikin Klaim Makin Gampang

Sobat, tahukah Kalian setiap tanggal 18 Oktober diperingati sebagai hari asuransi (insurance day). Nah, mumpung sebentar lagi merupakan puncak  peringatan hari asuransi, saya akan mengulas sebuah brand asuransi yang tahun ini merayakan ulang tahunnya ke-61. Ingin tahu kenapa brand ini spesial dan apa saja inovasinya pada usianya yang telah matang ini, yuk baca artikel berikut.

Literasi berasuransi di Indonesia sebelum pencanangan hari asuransi relatif rendah. Asuransi masih menjadi prioritas kesekian. Masih banyak yang belum paham apa sebenarnya makna asuransi yang disimbolkan sebagai payung tersebut.

Dinamika perasuransian di tanah air mulai berkembang setelah 18 Oktober 2006 dicanangkan sebagai peringatan hari asuransi pertama. Literasi berasuransi gencar dilakukan ke kampus-kampus agar mereka mengenal manfaat asuransi sejak dini. Setelah itu produk asuransi pun mulai banyak dikenal masyarakat,  seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan dan berbagai asuransi umum lainnya.

Melakukan registrasi asuransi relatif mudah. Dulu biasanya agen yang mendatangi calon tertanggung atau calon tertanggung yang berkunjung ke cabang-cabang perusahaan asuransi. Proses mendapatkan polis dan pembayaran klaimnya relatif mudah, namun yang banyak dipersoalkan adalah proses klaimnya. Ada yang bercerita proses klaimnya berbelit-belit, ada juga yang mengeluh prosesnya dan manfaatnya tidak seperti yang dijanjikan, dan sebagainya.

Saya dan pasangan selama ini sudah merasakan berbagai manfaat dari asuransi seperti asuransi kesehatan,  asuransi jiwa dan asuransi ketenagakerjaan. Asuransi umum lainnya yang kami miliki adalah asuransi kendaraan, sayangnya tahun ini belum kami perpanjang karena sedang menjajagi produk asuransi lainnya yang lebih baik, terutama dari proses klaim. Selama ini pasangan biasanya menelpon terlebih dahulu ke bengkel rekanan untuk memesan tempat, kemudian pasangan meminta ijin ke atasannya untuk mengantar mobil ke sana. Oleh karena proses pengerjaannya tidak bisa ditebak waktunya maka pasangan sering berinisiatif untuk menelpon bengkel tersebut untuk menanyakan kapan mobil bisa diambil. Oleh karena memerlukan waktu dan energi untuk urusan klaim, maka pasangan berupaya tidak sering-sering berurusan dengan bengkel, kecuali untuk pemeriksaan reguler dan ketika hendak melakukan perjalanan jauh.

Asuransi  Astra dan  Era Digital

Nah, salah satu asuransi yang mengedepankan inovasi untuk kenyamanan penggunanya adalah Asuransi Astra. Asuransi Astra tahun ini telah berusia 61 tahun. Pada 10 Oktober 2017 mereka meluncurkan layanan yang disebut Garda Oto Digital, sebuah layanan yang  memberikan kemudahan dari proses registrasi hingga klaim bagi warga Jakarta.

#MakinGampang Klaim, Banyak Bonusnya

Layanan ini menandai bahwa mereka peduli dan paham kebutuhan masyarakat berubah pada era digital ini. Apalagi masyarakat Jakarta dikenal sebagai masyarakat yang sibuk, dimana waktu itu merupakan sesuatu yang berharga. Dengan layanan Garda Oto Digital ini maka masyarakat akan makin gampang dalam membeli polis dan melakukan klaim kendaraan melalui internet atau situs gardaoto.com.

Apa saja sih kemudahannya? Selain proses klaim bisa dilakukan dengan bermodal gadget dan akses internet, pelanggan bakal dimudahkan karena dapat memilih lokasi klaim yang diinginkan. Untuk surveinya Kalian bisa juga memilih waktu dan tempatnya.

Kendaraan bisa lho dijemput di rumah atau di kantor untuk menuju bengkel saat proses klaim, sehingga waktu tidak terbuang.  Saat urusan perbaikan selesai maka kendaraan juga bisa diantar kembali ke rumah atau ke kantor.  Jika ingin memantau status perbaikan kendaraan, sudah sampai mana prosesnya, maka juga bisa dicek melalui aplikasi Garda Mobile Otocare.

Garda Mobile Otocare

Bagi yang masih bingung, berikut cara registrasinya. Kalia buka website layanan Garda Oto Digital, kemudian klik ‘Beli; di pojok kanan atas halaman website tersebut. Kemudian masukkan info kendaraan dengan jelas dan jadwal survei yang diinginan. Pada tahap kedua, masukkan dokumen dan data diri tertanggung. Kemudian, lanjut ke pembayaran dimana Kalian bisa memilih berbagai metode pembayaran.

Bagi Kalian yang mendaftar dan mengaktifkan polis hingga Desember 2017 Kalian bakal mendapatkan banyak bonus menarik. Kalian bisa bawa pulang on board unit (OBU) sehingga memudahkan ketika melaju di jalan tol. Selain itu Kalian berkesempatan mendapatkan ponsel pintar Samsung Galaxy Note 8 dengan spin to win. Oh ya polis asuransi kendaraan bermotor Garda Oto dapat dicicil dengan bunga nol persen dengan tenor tiga dan enam bulan.  Jadinya tepat jika Garda Oto Digitak, #MakinGampang klaimnya, banyak bonusnya.

Asuransi Astra juga pada kesempatan ini memamerkan berbagai fitur terbaru pada aplikasi mobile Garda Mobile Otocare v3.0 dan Garda Mobile Medcare v.2.0 yang dapat digunakan oleh pelanggan dan komunitas (non pelanggan). Pada apps Otocare, ada fitur baru yakni Friends, Meet Up, Claim Report, Claim Status, Emergency, dan Event. Sedangkan pada Medcare mobile terdapat penambahan fitur Event, Friends, Meet Up, Challenge, Claim Status, dan Rating Provider.

Apps Garda Mobile Medcare

Oleh karena saat ini saya sedang melakukan penjajagan asuransi kendaraan, maka informasi ini relevan bagiku. Aku pun kemudian bertanya ke customer service apakah mobil yang sudah berusia lima tahun boleh diasuransikan dan berapa besarannya. Ternyata bisa, aku kemudian diminta mencoba layanan simulasi premi Garda Oto Digital untuk menghitung estimasi besaran premi. Aku mencoba memasukkan yang total loss dan komprehensif. Aku bisa membandingkan kedua besaran premi tersebut, apakah nantinya aku memilih yang total loss atau  harga komprehensif (keseluruhan) plus tambahan cover untuk kejadian tak terduga di perjalanan, seperti banjir dan huru-hara, kuserahkan ke pemegang keputusan, yaitu si pasangan.

Mencoba melakukan simulasi premi

Hasiil simulasi untuk total loss

Kalau melihat  layanannya memang memanjakan pelanggan. Sayangnya layanan ini baru bisa dinikmati pelanggan di area Jakarta. Mudah-mudahan ke depan bisa dinikmati oleh lebih banyak kalangan.

Peluncuran  layanan ini dilakukan oleh CEO Asuransi Astra, Rudy Chen, di Ciputra Artpreneur pada Selasa (10/10), diawali dengan Direktur Astra International Suparno Djasmin. Ia mengemukakan bahwa inovasi merupakan keunggulan dan pembeda antara asuransi Astra dengan perusahaan asuransi lainnya.

irektur Astra International Suparno Djasmin

CEO Asuransi Astra, Rudy Chen

Menurut Rudy Chen, Garda Oto Digital melengkapi platform digital asuransi Astra. Saat ini sudah ada berbagai aplikasi digital, di antaranya  Garda Mobile Medcare, Garda Mobile CRakses, Garda Mobile Otosales, Garda Mobile Otocare, Garda Mobile HRakses, dan Garda Mobile Otosurvey. Dengan adanya inovasi berupa penambahan fitur aplikasi dan layanan Garda Oto Digital, ia berharap visi Asuransi Astra  yaitu “Bring Peace of Mind to Millions” dapat tercapai.

Proses klaim jadi makin mudah (sumber: instagram/gardaoto)

 

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Oktober 16, 2017.

2 Tanggapan to “Garda Oto Digital, Bikin Klaim Makin Gampang”

  1. dan pada era digital, semua hal berpacu untuk terus berinovasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: