Siapa Band Pengusung Rap Metal/Nu Metal Favoritmu?

Wah aku masih semangat nih bahas tentang rap metal, atau sekarang lebih banyak dikenal dengan nu metal. Ada banyak pengusung genre musik ini. Aku ingin membahasnya secara sekilas dulu, entah kapan kubahas satu-persatu lebih dalam  hahaha. Ngomong-ngomong siapa band favorit Kalian, apakah Korn, Limp Bizkit, Rage Against The Machine, I’ll Nino, dan siapa lagi ya?

Rap metal ada yang mendefinisikan sebagai genre musik yang memadukan vokal dan elemen instrumental hip hop/rap dengan rock. Sebelum mulai beken pada akhir tahun 1990-an, Anthrax dan Faith no More pernah mencobanya dan cukup berhasil, kemudian diikuti dengan Rage Against The Machine, Kid Rock. Popularitas genre rap metal atau ada juga yang menyebutnya nu/alternatif metal tak terbendung pada akhir tahun 1990-an dengan kehadiran Korn dan Limp Bizkit.

Namun popularitas nu metal/rap metal ini juga mengundang pro dan kontra.  Ada sebagian kritikus yang menganggap musik ini kurang layak menjadi bagian dari musik rock. Musik ini dianggap agresif, bising, miskin lirik, dan berorientasi komersial. Puncak pro dan kontra terjadi pada saat Woodstock dimana banyak penampil yang mengusung genre musik ini. Iya juga sih, aku dulu punya Hai Klip Woodstock 99 dan banyak membahas tentang penampil nu metal.

Ah ada banyak istilah tentang rap metal. Ada juga yang menyebutnya aggro metal dan rapcore. Entahlah. Kalau nu metal sepertinya istilahnya lebih luas, bisa rap metal dan genre metal lainnya. Band-band yang tergolong dalam genre ini di antaranya Beastie Boys, Deftones, Papa Roach, Crazy Town, Hollywood Undead, Slipknot, Korn, Limp Bizkit, Linkin Park, System of a Down, 311, Insane Clown Posse, Disturbed, P.O.D, I’ll Nino, RATM, System of a Down, Mudvayne, Drowning Pool, Soulfly, Kid Rock, dan masih banyak lagi. Hahaha banyak banget ya.

Lantas siapakah musisi pengusung nu metal favoritku. Hemmmmm berattttt. Aku suka genre nu metal, sama halnya dengan genre alternatif rock dan classic rock. Agak susah menyebutkan yang mana band favoritku karena kadang aku suka akan bandnya, tapi kadang aku hanya suka lagunya. Banyak di antara band-band tersebut yang one hit wonder atau hanya beken pada satu lagu, tapi ada juga yang eksis hingga sekarang seperti Slipknot, Linkin Park, Korn, Kid Rock, dan Papa Roach.

Sudah ada beberapa band nu metal favoritku dan yang sekarang masih eksis telah kubuat artikelnya. Belum semua sih. Yang sudah kubuat artikelnya meski belum komplet yaitu Linkin Park, Korn, dan Slipknot.

Selain band-band tersebut, ada lagu-lagu genre nu metal yang menurutku keren meski aku tidak terlalu mengikuti band yang membawakan lagu-lagu tersebut, di antaranya adalah lagu-lagu berikut:

  • Bring me to Life (2003) – Evanescence
  • Bodies (2001) – Drowning Pool
  • Down with The Sickness (2000) – Disturbed
  • Giving in (2001) – Adema
  • Toxicity (2001) – System of a Down
  • Smooth Criminal (2001) – Alient Ant Farm
  • Jumpdafu*** – Soulfy
  • Bawitdaba (1998) – kid Rock
  • Butterfly (1999) – Crazy Town
  • How Can I Live – I’ll Nino
  • Crawling in The Dark – Hoobastank
  • Alive – P.O.D
  • Guerrilla Radio- Rage Against The Machine
  • Burn Burn – Lostprophets

Sepertinya ada banyak hal tentang nu metal yang asyik digali. Jangan bosan ya seandainya aku menulis banyak tentang topik ini.

Gambar dari youtube dan cvltnation

 

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Februari 15, 2018.

10 Tanggapan to “Siapa Band Pengusung Rap Metal/Nu Metal Favoritmu?”

  1. Kalo saya suka Linkin Park sama System Of A Down.. Giving In nya Adema saya juga suka banget tuh.

  2. Kalau aku sih RATM, mungkin yg bikin mereka khas adalah terikannya zack dela rocha sama riff” keren dari tom morello hahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: