Menikmati Akhir Pekan dan Upik Abu

Dulu aku pernah mengalami masa-masa ‘gila’ liburan. Hampir tiap weekend aku berpetualang ke sini dan ke situ. Minggu ini bisa jadi ke Sawarna, minggu depan ke Cirebon dan seterusnya. Alhasil Senin pagi badan tidak fit. Aku seolah-olah bekerja hanya agar dapat membayar hobiku menjelajah saat akhir pekan. Entah sejak kapan kebiasaanku menikmati akhir pekan berubah.

Sebenarnya aku kangen juga masa-masa itu. Aku berupaya mengerjakan pekerjaanku sebaik-baiknya dan dengan segera setiap harinya, agar aku punya waktu menyusun perjalananku untuk akhir pekan. Dulu aku ikut berbagai komunitas jalan-jalan, kadang-kadang memutuskan untuk jalan-jalan sendiri. Ada banyak cerita saat perjalanan dan aku menikmati punya banyak kawan baru.

Kemudian aku masuk fase hari Sabtu Minggu itu waktunya beristirahat. Aku mengambil kuliah malam hari sepulang kerja, hari Sabtu seringkali masih kerja kelompok. Jadinya kesempatan beristirahatku hanya hari Minggu.

Masa-masa itu aku seringkali hanya mampu menikmati hari dengan tidur. Membayar utang tidur rasanya menyenangkan. Aku cukup memejamkan mata dan kemudian badanku pun terasa segar.

Kini aku kembali disibukkan berbagai aktivitas. Akhirnya kuputuskan hanya hingga hari Sabtu aku memiliki agenda acara ini itu. Hari Minggu adalah waktuku untuk re-charge energi. Hari Minggu juga waktuku untuk berolah raga sejenak dan menjadi upik abu.

Upik abu? Kawanku ngakak mendengar keluhanku tiap akhir pekan aku pasti jadi upik abu. Hahaha iya setiap Minggu aku punya jadwal padat dari memasak, menyapu, membersihkan halaman rumah, mengepel, menguras bak mandi, dan setrika.

Oleh karenanya ketika Minggu pagi tadi aku hanya membaca buku itu rasanya sebuah kemewahan. Aku menghabiskan buku hingga siang hari. Membaca sebuah buku berjudul Antologi Rasa hingga waktu bergulir hingga siang hari.

Aku tak ingin diganggu hari ini. Aku hanya ingin menamatkan buku.

Akhirnya buku itu selesai kubaca. Aku kembali ke realita. Waduh halaman masih berantakan. Aku belum menyetrika seragam dan pakaian kerja untuk seminggu ke depan. Aku belum memasak ayam. Hahaha kenikmatanku berakhir. Aku kembali jadi upik abu.

Gambar dari pixabay

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Maret 18, 2018.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: