Siapa yang Paling Cocok untuk Candy?

images (16)

Hai Adakah pembaca yang melintas di blog ini menyukai manga dan anime Candy-Candy? Hehehe manga ini masuk manga jadul sih. Ada banyak pria keren di sekeliling Candy. Kalau menurutmu siapa yang paling pas?

Total ada delapan pria yang pernah bersinggungan dengan kehidupan Candy White Audrey. Semua pria, kecuali Neil Logan sih, adalah pria yang ganteng dan keren. Kalau saya sebagai Candy juga pasti bingung.

Pertemuan Candy dengan para pria kece itu dimulai sejak Candy masih umur enam tahun. Hahaha Candy centil juga ya. Saat Candy lagi menangis karena Annie pergi di bukit Pony ia bertemu dengan remaja mengenakan kilt dan membawa bagpipe. Ia remaja yang ramah dan Candy menyebutnya pangeran.

Selanjutnya adalah episode dimana Candy menjadi anak angkat. Eh alih-alih menjadi anak angkat, Candy malah jadi pembersih kandang kuda di keluarga Neil. Tapi sikapnya yang ceria membuat tiga remaja cakep seperti Archie, Stea, dan Anthony terpikat olehnya.

candy1

Ketiga remaja bangsawan tersebut sangat berbeda dengan Neil yang bengal, suka mengganggunya dan sombong. Archie suka kerapian dan selalu wangi. Stea berkacamata dan jenius. Sedangkan Anthony pria yang lembut dan suka bercocok tanam. Eh ada juga Albert di sini, tapi ia baru muncul sebentar dengan rambut gondrong, berkaca mata dan cambang.

Candy paling menyukai Anthony. Waktu Anthony tewas saat berburu ia sangat sedih. Hingga di pertengahan kisah sebenarnya ada tanda tanya apakah Anthony benar-benar tewas. Tapi menilik ayah Anthony yang datang berkabung di pemakaman Stea yang meninggal karena ditembak musuh di peperangan maka sepertinya Anthony benar-benar telah meninggal.

Archie sebenarnya digambarkan sangat peduli pada Candy. Tapi Candy menganggapnya sahabat apalagi melihat Annie begitu menyukainya, sehingga Archie kemudian belajar menyukai Annie.

Selanjutnya di episode Candy belajar di Inggris, ia bertemu dengan bangsawan bandel yang suka membaca naskah drama. Namanya Terry. Di sini hidup Candy jadi penuh drama. Oh ya menariknya keduanya bertemu lagi dengan Albert yang tampil lebih muda tanpa cambang. Ia menjadi petugas kebun binatang ditemani bupee, tupainya yang setia.

Terry menjadi aktor Broadway sedangkan Candy menjadi perawat. Lalu Albert kembali dengan rambut yang berbeda dan kehilangan ingatan. Candy merawat Albert yang seolah sudah menjadi kakaknya. Saat Albert memotong rambutnya, penampilannya berubah seperti Anthony jika dewasa.

Terry dan Candy akhirnya berpisah karena ada wanita yang sangat mencintai Terry dan Candy merasa bersalah jika membuat Terry harus memilih. Terry sebenarnya lebih menyukai Candy tapi ia berhutang nyawa kepada wanita bernama Suzannah tersebut.

Episode terakhir ketika Neil memburu Candy dan memaksanya bertunangan dengannya. Gara-gara Candy menolongnya dari berandalan, ia berbalik jadi menyukainya. Tapi Candy enggan bersama Neil dan memilih menolaknya di depan tamu undangan. Ia mendapat dukungan dari ayah angkatnya yang ternyata adalah Albert.

Ternyata selama ini Albert adalah William Albert Audrey yaitu kepala keluarga Audrey. Ia lebih suka hidup dengan alam daripada terjun di bisnis keluarga.

Ya..ya..ya… penutup kisahnya pun dramatis. Dimana Albert membuat pesta kejutan di panti asuhan tempat Candy dibesarkan. Dan ialah yang sebenarnya ditemui Candy pada masa kanak-kanak. Wajahnya mirip dengan Anthony karena ia pamannya.

Albert dan candy

Oh iya ada satu pria lagi yang ditemui Candy waktu Candy naik kapal secara ilegal. Tapi perannya terlalu kecil dalam kehidupan Candy.

Kalau melihat dari karakter para pria tersebut, Albert yang memang paling wow dan paling dewasa. Usia mereka berjarak sekitar 6-8 tahun. Entah bagaimana hubungan mereka ke depan, apakah bisa hubungan ayah-anak angkat itu menjadi hubungan romansa? Tapi karena itu cerita sebenarnya sah-sah saja bukan?!

Oh ya pada tahun 2010 pengarang Candy-Candy membuat light novel tentang Final Story Candy-Candy. Bentuknya adalah surat-menyurat. Saya belum punya sih dan baru baca ulasannya karena novelnya belum diterjemahkan. Nah, dalam novel tersebut Candy telah berusia 30 tahun dan telah menikah. Cuma menikahnya dengan siapa tidak digambarkan dengan jelas oleh pengarangnya.

Dalam final story tersebut Annie dan Archie telah menikah. Suzannah meninggal sehingga Terry pun telah menjadi pria yang bebas. Namun masih tidak jelas siapa anohito yang dimaksud oleh Candy sebagai pendampingnya.

Hemmm saya juga masih penasaran. Mudah-mudahan Anohito yang dimaksud adalah Albert. Mungkin Albert terpaksa pindah bersama Candy ke Inggris karena hubungan anak-ayah angkat dianggap tabu meskipun tidak ada hubungan darah.

Albert

Gambar dari sini dan sini

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juli 5, 2016.

9 Tanggapan to “Siapa yang Paling Cocok untuk Candy?”

  1. Wuih. Makasih Puspa updatenya. Gak nyangka ternyata masih bersambung sampe skr ya. Jadi penasaran juga ano hito nya siapa.

    • Hehehe aku waktu kapan itu tiba-tiba kangrn sama Candy eh ga ding sama Albert-nya:p
      Terus cari-cari info, eh ternyata ada kelanjutannya dan sudah dirilis tahun 2010 dalam bahasa Jepang. Masih penasaran soalnya perang antara fans Albert dan pendukung Terry seru. Sedih juga waktu tahu Suzannah meninggal dan rumah Lakewood-nya Albert dijual karena great depression masa itu. Padha nebak-nebak kenapa Candy pindah ke Inggris, apa nikah sama Terry atau nikah bersama Albert dan melepas gelar kepala keluarga Audrey karena hubungan mereka dianggap tabu seandainya menikah, ayah dan anak angkat, meskipun tidak ada hubungan darah.

  2. Anohito itu Albert. Bisa dibuka di blog ini http://journal.bequi.com/2012/03/anohito-candy-candy-final-story.html
    Ada epilog lumayan lengkap juga di amor aeternus chapter 27. Di epilog candy candy final story itu isinya surat menyurat candy dgn albert. Na

  3. hai aku juga penggemar CC.. n sudah membaca CCFS vol.1 sampai selesai dan 1/4 bagian dari vol.2 yg baru diterjemahkan sampai chapter 15 dlm bahasa spanyol secara tidak resmi di wattpad candy candy historia final. Sedangkan beberapa surat2 candy, albert n terry pun saya baca yg bahasa inggrisnya, juga epilognya ada di wattpad ccfs yg bhs inggris. kalau terjemahan inggris ccfs bisa di lihat di http://selftaughtjapanese.com/2015/12/02/japanese-to-english-translation-candy-candy-final-story-prologue/ tetapi hanya ada prologue, chapter 1 part 1 n part 2 saja. yg menerjemahkan tidak ada keinginan untuk menyelesaikan terjemahan ccfs.
    untuk membaca analisanya bisa baca di candy candy final story untangled, candy candy manga rambling part VI, dan candy candy rambling part III.

    untuk novelya ada beberapa perubahan isi. Missal:
    >ada prologue yg berisi surat candy n miss ponny. lalu menjelaskan lukisan yg dibuat slim, salah satu yg pernah menghuni rumah ponny.
    Candy bersyukur ditinggalkan orangtuanya di rumah ponny. Candy di usia yg sudah menikah tinggal di inggris.
    >candy menangis dan bertemu pangeran bukitnya saat kepergian Anny dan bukan saat menerima surat terakhir Anny.
    >candy minta dicarikan pekerjaan pada anny (usia Candy sudah 13th dan ini lebih masuk akal kalau ia bisa berkirim surat dibanding cerita yg dibuat untuk manga) dan merupakan surat terakhir yg Candy terima dari Anny.
    >saat pesta kedatangan 3 cucu ardlay, stea yg membuat candy tertawa karena makan kue dan bukan archie (ini lebih sesuai dengan karakter stea)
    >albert sudah mengenali candy sejak menolongnya di air terjun krn candy mengenakan lencana keluarga Ardlay. Saat itu Albert harus mengganti pakaian candy yg basah kuyup dan memakaikan pakaian albert pada candy.
    >Usia candy n Albert di ccfs berjarak 11th. jauh bgt ya?
    >binatang2 yg ada di rumah saat albert mengurus Candy, binatang2 tersebut semuanya terluka dan mendapat perawatan dari albert.
    >Acara berburu rubah bukanlah tradisi d keluarga Ardlay tetapi itu diadakan atas perintah william A.Ardlay untuk debut Candy. (sesuatu yg mengejutkan krn albert itu pecinta binatang). Dan bagi yg memenangkan perburuan akan mendapatkan liontin ruby.
    >Terry memiliki keahlian bermain piano dan mengajari candy sebab di sekolah st.paul setiap siswa harus memiliki keahlian bermain alat musik.
    >saat liburan musim panas, Eliza datang n masuk ke puri milik Grandchaster,disana ia melihat candy bersama terry yg sedang bermain piano.

    ya, baru sampai disitu yg aku baca. lalu surat2 candy yg bisa di baca di
    https://www.wattpad.com/story/49527948-candy-candy-final-story-english

    dan di epilog, candy berada di ruangan yg gelap sedang mengenang masa lalu. tiba2 lampu dinyalakan oleh suaminya (tidak disebut namanya) yang baru pulang dg menggunakan kendaraan mobil sedang Candy tidak menyadarinya dan candy berlari ke arah lengan suaminya yg terbuka (simbol albert). candy berkata ‘selamat datang kembali’. fin

    pengarang ccfs memberikan 99% Candy + Albert tetapi ada kemungkinan 1% Candy + Terry. Bagaimana n mengapa Albert melepaskan Candy & ada harapan kembali bersama Terry sepeninggal kematian Suzanna. Akhirnya memilih siapa? Semuanya dirahasiakan dlm bentuk teka-teki simbol.

    Albert melepas candy saat sepulang dr brazil. ia menerima surat eleanor baker untuk candy dg alamat keluarga Ardlay krn tidak tahu harus menulis alamatnya kemana (kel.ardlay tentu sgt terkenal dan akan sangat mudah bagi tukang surat untuk mencari alamat tersebut). Albert mengajak Candy ke tempat Anthony jatuh dari kuda. Candy menangis sejadi-jadinya di dadanya Albert. Albertpun sedih dan mengakui dialah yg mengadakan acara perburuan tersebut. Lalu Albert bercerita ttg ibunya Anthony bagaimana ia membela cintanya terhadap Vincent Brown. Ibunya anthony rela meninggalkan nama Ardlay demi hidup bersama orang yg ia cintai. Lalu di suatu ruangan rumah keluarga Ardlay, Albert menyerahkan buku diary Candy yg isinya semua ttg terry (diary ini dulunya diberikan paman william saat candy masuk sekolah di st. Paul dan diletakkan di meja kamar istiewanya Candy). albert berkata ‘aku ingin tahu dimana letak kebahagiaanmu'(albert melepas Candy). candy menerima diary tetapi tdk dibukanya sesampai di rumah pony. Candy tidak bisa membayangkan dg wajah seperti apa albert membaca diary tsb. Candy menulis surat untuk anthony untuk melepaskan kegundahan. candy masih mengingat anthony dg jelas, dan berharap tahu akan menjadi pria seperti apakah jika anthony masih hidup..

    petunjuk ttg candy d masa depan/d usia 30th. dia tinggal di inggris dekat sungai avonlea. memiliki kebun dan tukang kebun. namun ada satu bagian dari tamannya yg hanya candy sendiri yg merawatnya.dia merawat bunga daffodil (simbol terry). candy juga memiliki ruang baca dg lemari berisi buku kedokteran (candy n albert) n shakespeare (candy, terry, albert) dan literatur inggris n perancis. ada lukisan rumah pony musim semi yg dibuat slim (simbol pertemuan dg pangeran bukit pony + utk mengingat kampung halaman).
    ada foto keluarga besar ardlay saat pembukaan hotel keluarga Reagan (ada foto albert, hanya saja di sesi pemotretan, candy menolak berdiri di samping albert, ia justru berdiri di samping george).
    candy memiliki kotak perhiasan turun temurun milik ibu dari suaminya yg berhiaskan mutiara (kemungkinan terry krn bangsawan, klo albert orang kaya baru dimulai dari ayahnya tetapi entahlah..). isinya ada kotak musik dari stea yg dibetulkan oleh suamiya Candy tanpa kesulitan (kemungkinan albert krn bisa memperbaiki barang2 bahkan hati Candy) dan bundelan artikel ttg terry (klo menikah dg albert, aneh juga jika menyimpan barang yg ada hubungannya dg mantan, tapi bagi albert pun sebenarnya menghargai sebuah kenangan).

    di sini memang kebanyakan petunjuk ditujukan bahwa suaminya kemungkinan adalah albert ataupun terry. tetapi tentu saja harapanku candy bersama albert. Dan kalau memang bersama albert, ada analisa d ccfs untangled menyebutkan bahwa Albert kehilangan sebagian besar kekayaannya saat crismon thn 1929 lalu menikah dg candy d inggris krn kalau d amerika pernikahan dg perbedaan status sosial masih kontroversial, ditambah candy sebagai anak buangan dan albert sebagai ayah angkatnya sendiri tidak bisa menjadi wali untuk candy. sedangkan kelurga Ardlay pasti sangat menentangnya.
    Petunjuk lainnya adalah kematian suzanna membuat terry mencoba peruntungannya untuk menulis surat pd candy. Laipula Terry sempat ke inggris saat naik daun. disana dia mementaskan Hamlet. ada kemungkinaan dia yg membeli lukisan buatan Slim yg ada di toko di London. Sedangkan Albert ke london saat Candy masih sekolah, tetapi dia tentunya sudah mengenali Candy sejak peristiwa air terjun dan berniat untuk membahagiakan Candy hanya saja memang belum ada benih cinta di hatinya. Cintanya pada Candy tumbuh saat kehilangan ingatan dan di rawat oleh Candy. Puri Grandchaster & villa keluarga Audrey berjarak tidak jauh di Scotland..

    Sekian dariku..

    • Wow detail. Terima kasih Rosdiana sudah berbagi informasi. Salam hangat sis

    • Ada revisi..
      >Maaf, bagian kebun yg di rawat oleh Candy bukan bunga Daffodils tetapi bunga ros, hanya saja yg pasti bukan sweet candy.
      >lukisan Slim ditemukan oleh suami Candy di ‘toko kutu (flea market) di London. Klo di kamus, arti flea=kutu hewan. Apakah maksud dari toko kutu tersebut adalah toko yg khusus menjual obat menghilangkan kutu hewan atau sekedar istilah? Karena ini bisa jadi adalah petunjuk besar bahwa memang Albert adalah suami Candy. Mungkin dia bekerja sebagai dokter hewan? Begitu lihat lukisan Rumah pony, dia pasti memohon untuk bisa membelinya dari si pemilik toko.
      >aku baru saja baca kembali surat Albert pada Candy yg menceritakan ttg masa lalunya Albert.. Dia bercerita bahwa ayahnya bernama William, dan ada William lagi sebelumnya (mungkinkah kakeknya Albert?) Ini jadi petunjuk lagi bahwa ternyata kesuksesan keluarga Ardlay bukan berawal dari ayahnya Albert, melainkan sebelum2nya sudah sukses. >di surat tersebut juga Albert bercerita bahwa ada beberapa kerabatnya yg menginginkan posisi Albert untuk meneruskan kesuksesan tersebut. Ini bisa jadi sebab mengapa rumah di Lakewood saat ini berada di tangan orang lain.

      • Wah.. Makasih utk update candy candy nya ya friends…ini manga yg paling ak sukai dr dulu sampai skrg.. Selalu membekas di hati..utk ak pribadi.. Candy dgn Albert atau Candy dgn Terry…semuanya oke.. Tapi l
        ebih cenderung Candy dgn Terry mengingat kisah mereka penuh dgn drama dan liku2..hehee.. Smoga menjadi kenyataan

      • Hehehe salam kenal Lani. Wah timnya Terry. Dengan Terry memang penuh lika-liku. Bersama Terry, Candy jadi ceria. Dengan Albert, Candy merasa tenang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: