Belajar Bahasa Santai dengan Duolingo

Akhir-akhir ini aku lagi getol belajar bahasa asing. Sudah sekian lama aku pasif bercakap-cakap dan semakin jarang membuat tulisan berbahasa Inggris. Alhasil kemampuanku dalam bercakap, menulis, maupun mendengarkan makin memprihatinkan. Mau ikutan kursus kok banyak alasan. Akhirnya aku mengunduh apps bernama Duolingo. Cukup membantu.

Aku senang belajar bahasa asing. Dulu aku sampai pernah mengambil kursus tiga bahasa, bahasa Inggris, Jepang, dan Jerman. Namun karena tugas kuliahku masa itu cukup banyak, maka aku keteteran belajar bahasa Jerman. Bahasa Jermanku pun hanya sampai dasar.

Untuk bahasa Jepang karena aku dulu termasuk otaku dan demen dengan anime maka aku pun bertahan sampai level menengah. Aku juga telah mengambil ujian toefl ala Jepang untuk level 4. Mau lanjut level 3 tapi masih malas-malasan. Alhasil setelah itu aku malah tidak pernah lagi menggunakan bahasa Jepang. Saat kucek lagi kemampuanku akhir-akhir ini. Wah benar-benar payah. Kanji dasar saja aku sudah banyak yang lupa, termasuk hiragana dan katakana.

Oke waktunya aku harus belajar.
Tapi alasannya banyak. Aku malas datang les, sudah capek bekerja masak harus belajar lagi. Aku malu, sudah tua kok kemampuan berbahasanya gitu saja. Aku juga sayang duit kan masuk kursus biayanya juga lumayan. Aku juga malas datang, perlu waktu dan juga ongkos. Wah alasannya bejibun.

Oke aku cocoknya belajar online saja. Ada beberapa aplikasi mobile yang kuunduh. Duolingo adalah salah satunya karena banyak direkomendasikan.

Awalnya aku belajar bahasa Inggris. Aku hanya mengambil fitur ringan atau sekitar lima menit belajar. Aku ingin santai belajarnya.

Yup mulai belajar. Aku belajar dari dasar. Pasanganku menertawakanku. Ah biarlah. Aku ingin pronunciation-ku lebih baik.

Dengan aplikasi mobile ini aku belajar mendengarkan, bercakap, menambah kosakata, dan juga belajar tata bahasa. Aplikasinya mudah digunakan, cocoklah bagi yang malas kayak aku.

Setelah bahasa Inggris, aku mencoba bahasa Jepang. Eh ternyata tidak bisa dua bahasa dalam satu waktu. Waduh salah dunk.

Rupanya agak susah untuk belajar bahasa Jepang di sini karena panduannya tidak banyak. Cocoknya belajar bahasa Jepang di Duolingo itu bagi yang sudah pernah kursus bahasa ini. Tapi jika belum sama sekali maka rasanya agak susah.

Aku kembali lagi belajar bahasa Jepang dari dasar. Belajar menulis lagi aksaranya dan belajar lagi kosakata juga tata bahasanya.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Mei 6, 2018.

6 Tanggapan to “Belajar Bahasa Santai dengan Duolingo”

  1. wah sangat cocok ini untuk meningkatkan kosa kata

  2. Mbak, kouta terpakai nggak selama kita gunakan utk belajar?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: