Gim Daring Agar Otak Kiri dan Kanan Seimbang

Belakangan ini aku suka mencoba-coba gim daring (games online) dalam bentuk aplikasi android. Salah satu gim yang sering kumainkan adalah Left vs Right yang bertujuan menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan.Otak kiri dan otak kanan memiliki kelebihan masing-masing. Otak kiri lebih ke kecerdasan yang terukur dan otak kanan lebih ke unsur kreativitas. Pandai berhitung adalah keandalan otak kiri, sedangkan kemampuan reflek termasuk otak kanan.

Nah, dalam gim Left vs Right ini beberapa manfaatnya adalah:

  • Melatih kemampuan menyadari kondisi sekeliling (awareness). Contohnya siapa tetanggamu? Apa mobil yang Kamu lihat dan dari mana/ke arah mana ia datang juga pergi. Kawanmu mengenakan baju apa hari ini?
  • Reflek. Misalnya, Kamu bisa bertindak cepat dengan percaya diri. Dapat menangkap momen yang menguntungkan atau malah menghindari yang bersifat negatif.
  • Kesabaran (patience)dengan tetap sabar dan fokus kepada tujuan.
  • Reasoning atau penalaran. Diharapkan gim ini mampu melatih berhitung cepat, dapat menemukan pola dengan cepat, dan dapat menyusun kepingan masalah atau petunjuk dengan tepat.
  • Presisi. Dapat membedakan dua hal yang mirip, misalnya.
  • Adaptability atau kemampuan beradaptasi
  • dll

Wah ada banyak ya manfaatnya. Aku pun kemudian memainkan gimnya. Ada banyak pilihan. Kita bisa mengaturnya agar dapat berlatih tiap hari dengan teratur.

Gimnya sendiri ada banyak dan sebenarnya mudah. Tingkat kesulitan akan bertambah seiring dengan kenaikan level. Contoh gimnya seperti membandingkan jumlah barang sisi kiri dan kanan; menghitung cepat: mengetahui dari mana dan ke mana sebuah benda; mengetahui benda mana yang bergerak paling cepat: dan sebagainya.

Favoritku sendiri adalah bagian berhitung. Aku suka sekali berhitung dari jumlah bon, total dua bilangan dan sebagainya. Ada yang levelnya sudah sepuluh ke atas.

Kemampuanku yang paling lemah adalah level untuk mengetahui arah benda. Itu benar-benar perlu fokus karena bentuk benda dan warnanya juga suka mirip.

Saat ini aku masih suka memainkan gim ini. Sedikit demi sedikit aku merasakan manfaatnya. Yang kurasa sedikit meningkat adalah unsur presisi dan kesadaran akan kondisi sekeliling. Cek cek cek tadi teman-temanku pakai baju apa ya? Walah cuma ingat sebagian.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juni 5, 2018.

2 Tanggapan to “Gim Daring Agar Otak Kiri dan Kanan Seimbang”

  1. Waaaaaa bagus tu. Boleh dicoba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: