Aksi Monyet di Baluran

Kupikir ketika menuju Taman Nasional Baluran aku disambut oleh kerbau, merak, rusa, banteng, dan kawan-kawan. Aku tidak mengira ketika di sana aku juga disambut oleh sekawanan monyet. Banyak lagi dan  mereka senang banget ketemu dengan manusia hahaha

Aku kurang akur dengan monyet. Dulu waktu kecil aku pernah jalan-jalan ke sebuah tempat wisata Wendhit bersama ayah, kakak, dan keluarga bibi. Eh kami diserang monyet. Kueku sekantung dicopet hiks dan kacamata bibiku diambil. Sejak itu aku tidak pernah mau diajak ke Wendhit. Aku malas makananku dirampas oleh para monyet.

Ketika bertemu monyet di Baluran perasaanku campur aduk. Kawasan konservasi ini dari dulu ingin kukunjungi. Aku bertanya-tanya apakah monyet ini dari dulu ada ataukah baru ditambahkan.

Ekspresi monyet ini luar biasa. Mereka nampak kegirangan setiap kali ada motor atau mobil mendekat. Mereka lantas waspada, siap menerima makanan. Memang mereka tidak merampas makanan seperti di Wendhit dulu, tapi dagdigdug juga jika tiba-tiba dikerumuni monyet.

Monyet ini paling banyak di Savana Bekol, terutama di dekat kantin. Mereka rupanya sudah terkontaminasi dengan makanan manusia sehingga mereka lebih mudah tergiur dengan mie instan, keripik asin, kerupuk, hingga minuman kemasan dibandingkan dengan buah-buahan yang merupakan makanan alami mereka. Mereka mengais sampah makanan dan menghirup aroma makanan di kemasan plastik sambil berharap masih ada yang bisa dinikmati.

Melihat mereka asyik makan mie instan ataupun keripik itu antara lucu dan miris. Mereka jadi mirip manusia, bedanya mereka itu tidak pandai membuang sampah. Alhasil sampah yang sudah dikumpulkan jadi berantakan.

Eh rupanya di Pantai Bama para monyet juga berkeliaran. Untungnya tidak seganas di savana. Mereka tidak membuntutiku dan aku bernafas lega.

Ulah monyet itu ada yang nakal tapi ada juga yang bikin nelangsa. Ada yang berkelahi, ada juga yang sibuk mencari kutu. Pemandangan ibu monyet dengan anaknya yang sedang menyandar di dadanya bikin aku terharu. Mereka nampak pasrah dalam hal mencari makanan, tidak seagresif teman-temannya.

Oh ya ada papan peringatan lucu tentang monyet. Yang buang sampah sembarangan seperti monyet.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juni 19, 2018.

2 Tanggapan to “Aksi Monyet di Baluran”

  1. Hahahaa ..
    Kreatif juga pembuat papan peringatannya tuuh 😅
    Biar pada jera,ngga buang sampah sembarangan.

    Kehadiran monyet-monyet di suatu lokasi wisata memang kelihatan unik dan cukup menghibur lihat polah mereka tapi juga kadang bikin deg-degan takut tiba-tiba nyerobot barang bawaan kita.

    • Hahaha iya gara-gara monyet nakal di Wendhit aku jadi degdegan kalau dihadang monyet. Yang kocak aku pernah lihat monyet bergincu di kawasan pangandaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: