“Eden” Sarah Brightman Bikin Melalang Buana

Seperti apa surga definisimu? Dulu ada seniorku (almarhum) yang berkelakar tentang surga. Ia kurang setuju apabila nirwana diibaratkan seperti daerah tropis karena itu sudah hal biasa yang ditemuinya sehari-hari. Ia bercerita kepadaku surga impiannya. Aku teringat kepadanya saat mendengar lagu berjudul “Eden” karya Sarah Brigthman.

Lagu ini kusukai sejak sepuluh tahun lalu. Dulu lagu ini sangat sering kuperdengarkan. Ketika mendengarnya, benakku melalang buana. Aku terbawa ke alam rekaanku. Kadang-kadang aku membayangkan sesuatu yang indah, jauh di atas realita yang sebenarnya ada di depanku. Terkadang hanya soal refleksi diri. Eden salah satu lagu yang memang ampuh untuk itu. Sering kali aku juga terinspirasi untuk membuat artikel usai mendengar lagu ini.

Eden merupakan lagu Sarah Brigthman yang dirilis tahun 1998. Lagu ini ada dalam album keenam, Eden. Dibandingkan lagu-lagu Sarah Brightman lainnya, maka lagu ini memiliki lirik yang singkat dan berulang. Liriknya sendiri terhitung sederhana.

Lagu Eden bercerita tentang hubungan dua orang. Si penyanyi, dalam hal ini pihak perempuan, diam-diam mempertanyakan hubungannya dengan pria tersebut. Ia bertanya-tanya apakah si pria pernah memikirkannya. Kemudian ia berpikir apakah si pria tersebut menganggapnya teman atau lawan. Ia sendiri tak bisa menghindari bahwa ada getaran yang ia rasakan. Tapi ia tak pernah berupaya untuk tahu lebih banyak tentang pria tersebut. Ia tak tahu apakah itu hal yang benar atau salah serta menyesalinya?

Did you ever think of me,
As your best friend.
Did I ever think of you,
I’m not complaining.

I never tried to feel.
I never tried to feel.
This vibration.
I never tried to reach.
I never tried to reach.
Your Eden.
(Your Eden, your Eden.)

Did I ever think of you,
As my enemy.
Did you ever think of me,
I’m complaining.

I never tried to feel.
I never tried to feel.
This vibration.
I never tried to reach.
I never tried to reach.
Your Eden.
(Your Eden, your Eden.)

I never tried to feel.
I never tried to
(Your Eden.)

Yang bikin lagu ini enak didengar adalah musik elektronya yang sederhana dan vokal Sarah yang bening. Namun, yang membuat lagu ini magis adalah chantt (choir yang dibawakan penyanyi pria dewasa). Chantt ini menguatkan lagu ini masuk new age atau ada yang membuatnya chill out dan meditative genre.

Gambar dari twitter Sarah Brigtman

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada September 25, 2018.

2 Tanggapan to ““Eden” Sarah Brightman Bikin Melalang Buana”

  1. Surga yang digambarkan seperti di daerah tropis itu adalah gambaran surga yang kita terima sejak kecil ya. Jadi ingin mendengar Eden juga setelah membaca ini. Nanti cari di YouTube ah 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: