Online Games Pun Juga Ada Materi Kursusnya

Seiring dengan era digital, games atau gim pun semakin populer. Bahkan popularitasnya makin menjadi-jadi. Apalagi kini juga marak kompetisi e-sport. Rupanya popularitas games ini membuat beberapa pihak tertarik memasukkannya ke kurikulum. Bahkan ada juga lho kursus online-nya di Coursera yang bisa diikuti secara cuma-cuma

Aku dari dulu suka bermain games. Aku pernah merasakan console yang masih sederhana, seperti Game & Watch dan Atari. Kemudian hadir Spica, Nintendo, Super Nintendo, Sega, Play Station, dan Wii, juga tentunya permainan komputer. Belum lagi kehadiran online games. Pilihan bermain semakin banyak.

Jaman dulu aku paling suka bermain The Legend of Zelda, Antartic Penguin Adventure, Ninja Gaiden, Chip & Dale, Pooyan, Circus Charlie, GI-Joe, dan masih banyak lagi. Memasuki era Play Station aku mulai jarang bermain gim karena mulai disibukkan dengan belajar ini dan itu. Oleh karena pasangan juga maniak game, maka mau tak mau aku juga update kembali permainan PS 3. Final Fantasy, FIFA, Tomb Raider, Call of Duty, Resident Evil, Tetris, dan sebagainya. Berbeda dengan pasangan, teman-teman di kantor lebih maniak dengan games online. Usai jam kantor, mereka kemudian asyik bermain.

Oh ya kembali ke kursus online, Coursera memiliki materi kursus menarik berjudul Online Games: Literature, New Media, and Narrative. Materi ini diajarkan oleh dosen dari Vanderbilt University, Nashville yaitu Profesor Jay Clayton.

Mengapa materi online games ini menarik?

Bisnis di dunia games ini menarik. Prospeknya menarik. Banyak film populer yang dibuatkan versi video games-nya seperti The Lord of The Rings dan Game of Thrones. Demikian pula sebaliknya, seperti Resident Evil, Final Fantasy, Prince of Persia, dan Silent Hill.  
Apa sih poin utama dari sebuah games? Selain ceritanya yang menarik, karakter-karakter yang berkesan, juga musik pengiring dan grafisnya. Pengalaman bermain dalam sebuah games itu yang menentukan. Selama ini ketika menemani pasangan bermain Final Fantasy dan Resident Evil, aku terkagum-kagum dengan kualitas grafisnya. Ketika bermain Ninja Gaiden aku penasaran dengan cerita penutupnya.

Aku sudah pernah mengikuti kursus online dan terkagum-kagum dengan sejarah games, juga bagaimana produsen games menciptakan karakter, cerita dari kisah-kisah klasik dan modern.

Siapa tahu ada kampus yang tertarik untuk mengajarkan materi games ini sehingga Indonesia bisa memiliki banyak generasi yang andal dan kreatif menciptakan games.

gambar dari pixabay

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Oktober 12, 2018.

4 Tanggapan to “Online Games Pun Juga Ada Materi Kursusnya”

  1. Lepas dari sisi positif ada juga game2 yg harus diwaspadai spt GTA karena banyak menyelipkan unsur yg merusak pikiran generasi muda. Dulu suka main adventure game tapi lama2 mikir ngapain juga waktu bnyk habis tapi ga menghasilkan apa2 selain score…hahaha…bagi org lain mgkn nilainya beda.

    • Ada memang seri games yang mengandung kekerasan dan adegan yang vulgar. Di materi kursus online dari Coursera lebih membahas sejarah, unsur, bagaimana menciptakan karakter games dll.

  2. Dunia games zaman now mmang luar biasa. Bhkan tmnku ad jg yg maniak games.
    Sayang, aku bkn penggemar games, jd gak bnyak tahu. Cb klau aku tahu bnyak, mungkin aku jg bkal nyukain games kli ya. Tp prnh sih aku cobain ikut2an nyukain games, tp ttp serasa gak tertarik. Tp klau ad kursus yg sprti Dewi smpekan d ats, mungkin bs beda lg persepsiku kli ya, heee..m

    • Games menyenangkan, tapi kadang menyita waktu lama untuk menyelesaikannya. Sekarang aku nyari games yang gampang aja cuma sebagai hiburan.
      Aku sudah pernah ikut kursusnya secara online di Coursera. Ada kuisnya juga dan ada nilai untuk standar kelulusan. Menurutku materinya unik, games bukan hanya sekedar hiburan tapi ada potensi, cerita dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: