Selamat Hari Sumpah Pemuda

Setiap tanggal 28 Oktober diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda. Jika menilik film berjudul Wage yang mengisahkan tentang konferensi para pemuda dari berbagai suku bangsa dan diperdengarkannya lagu Indonesia Raya kali pertama tersebut, maka perjuangan menyatukan Indonesia tidaklah mudah. Ada saja pihak yang tak suka Indonesia bersatu.

Aku ingat menonton film Wage tersebut dengan jumlah penonton yang minim di bioskop. Hanya ada dua penonton yang sudah termasuk aku. Filmnya menurutku tragis karena Wage Rudolf Supratman yang dipanggil dengan nama Wage meninggal beberapa hari setelah keluar dari penjara.

Ia diburu karena termasuk salah satu pemuda yang aktif dalam pergerakan. Lagu-lagunya juga berhasil menyatukan bangsa. Lagu Indonesia Raya 3 stanza tersebut membuat para pemuda masa itu optimis Indonesia akan bersatu dan akan menjadi negara merdeka.

Tidak mudah bagi para pemuda mengesampingkan ego demi cita-cita mulia menyatukan bangsa. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Namun, karena politik pecah belah maka Indonesia sulit untuk mengusir penjajah. Dan terbukti politik ini sulit diterapkan di Indonesia, berkali-kali perjuangan berhasil ditekuk dengan adu domba ini.

Bangsa Indonesia kini sudah dewasa. Janganlah mudah terprovokasi. Masih ada pihak yang tak senang Indonesia damai dan bersatu. Jadilah masyarakat yang lebih sadar dan cermat agar tak jadi korban hoaks dan upaya agitasi juga provokasi.

Indonesia negeri yang besar dan potensial. Tugas kita untuk menjaga kedamaian dan persatuan bangsa. Sejatinya mempertahankan kedaulatan dan persatuan bangsa sama susahnya dengan memperjuangkan kemerdekaan bangsa.

Bukan waktunya lagi hanya menghafal isi Sumpah Pemuda.
Sudah waktunya untuk berani membela saudara yang mengalami diskriminasi karena berbeda gender, suku bangsa, agama, ras dan sebagainya.
Sudah waktunya untuk lebih menghargai dan bertoleransi karena Indonesia diberi anugerah keragaman suku, budaya, dan sebagainya.
Sudah waktunya untuk lebih berusaha menjaga persatuan kesatuan bangsa dari rongrongan pihak-pihak yang ingin Indonesia terpecah-belah.

Selamat hari Sumpah PemudašŸ˜€

Gambar dari Antara dan Tribun

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Oktober 28, 2018.

13 Tanggapan to “Selamat Hari Sumpah Pemuda”

  1. Smga hr pemuda sllu mengingatkan kita akan arti perjuangan yg sesungguhnya, khususnya bagi kaum muda.

    Oya, sy sngat suka dg 2 pernyataan di 2 alinea TERAKHIR. Mantap dech, itu yg shrusnya kita hrs sllu lakukan.

  2. Setuju dan itu sangat benar Indonesia yang lahir dari perjuangan dan pengorbanan, harus kita pertahankan dan generasi melenial harus tahu perjuangan dan lahirnya Indonesia, selamat hari sumpah pemuda, NKRI harga mati, salam

  3. semangat pemuda!!

  4. Sepi mungkin karena ini film idealis
    Pemain dan idenya gak disukai masyarakat awam
    Gak diendorse selebtwit dan selebgram juga sih
    Jadi terasa asing…

    • Filmnya padahal bagus cuma memang tidak komersial.

      • Mungkin suasananya beda jaman sehingga sangat sulit mentransformasi ke generasi milenial, saya yang masuk generasi jadul saja sulit membayangkan suasana pada waktu itu, tapi saya belajar sejarah, untuk itu dimasa mendatang diharapkan sejarah dapat dijadikan pelajaran wajib disekolah, semoga, Selamat hari Soempah Pemuda

  5. Selamat hari sumpah pemuda…
    Semoga muda mudi generasi bangsa bisa berfikir cerdas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: