Resolusimu Apa Sudah Tercapai?

Duh tinggal belasan hari lagi nih tahun 2018 ditutup. Aku melihat lagi daftar harapanku yang kususun awal tahun. Resolusiku tahun ini tidak banyak dan ternyata belum sepenuhnya kupenuhi. Wah kira-kira bisa tidak ya dengan waktu yang tinggal hitungan ini.

Tahun ini resolusiku tidak muluk-muluk. Aku kapok hanya menyusun resolusi tapi tidak ada upaya lebih untuk mencapainya. Resolusiku hanya sederhana, ada delapan hal. Delapan hal tersebut adalah

  1. Bangun lebih pagi dan tidur lebih awal
  2. Menikmati momen dan merayakan hari
  3. Mengurangi menggunakan hape
  4. Lebih banyak menulis dan tidak menundanya
  5. Lanjut belajar dan perbanyak membuat artikel berlatar studi
  6. Mendengarkan musik dan membaca tiap hari
  7. Memberikan waktu dan perhatian untuk orang-orang tersayang
  8. Merayakan keberhasilan tanpa banyak memikirkan anggaran

Dari delapan resolusi di atas meskipun hanya sederhana ternyata belum semuanya kuselesaikan. Untuk nomor 2, 4, dan 7 rasanya sudah kucoba melakukannya meskipun belum sempurna. Aku mencoba melakukan mindfulness dan menikmati momen dengan menghadirkan jiwa dan raga. Memang tidak selalu berhasil, kadang-kadang pikiranku melalang buana sementara badanku ada di satu tempat, terjebak di acara yang tak kusuka.

Poin no 4 yaitu lebih banyak menulis rasanya sudah terpenuhi. Aku menulis artikel minimal sekali sehari. Belum menulis di Kompasiana dan kedua blog lainnya, serta menulis yang berbayar. Namun aku masih suka menunda menulis karena kelelahan dan ada tugas lainnya yang lebih mendesak. PR menulisku masih banyak, aku belum menulis film Aquaman dan Ralph Breaks The Internet.

Yang nomor 7 yakni memberikan waktu dan perhatian kulakukan dengan mengirimkan makanan ke keponakan dan juga lebih sering menelpon orang tua. Bagaimana dengan lima lainnya?

Tidur lebih awal ini nih yang sulit. Aku sering tidur pukul 00.00 kadang-kadang baru lelap pukul 01,00 juga lebih. Bangunnya tetap pagi meski kadang-kadang usai Subuh aku tidur lagi terutama saat hari libur. Aku berupaya tidur awal dan ini masih menjadi resolusiku tahun depan. Tidur awal dan bangun pagi akan lebih sehat.

Poin no 3, mengurangi menggunakan hape. Ini juga masih susah gara-gara aku suka membaca lewat i-Jak dan menggunakan aplikasi DuoLinggo dan aplikasi Left-Right tiap hari. Ini agak susah tapi sudah kuupayakan tidak terlalu sering membaca pesan email dan whatsapp.

Sedangkan poin no 5 lanjut belajar saat ini sedang kulakukan, tapi aku mulai jarang mengikuti kursus online. Artikel berlatar studiku juga masih sedikit kulakukan. Mendengarkan musik sudah hampir tiap hari,tapi membaca buku tiap hari rasanya belum sepenuhnya. Kalau membaca paper atau kerjaan sih iya. Padahal ada banyak buku menarik gratis di perpustakaan online. Yuk yuk banyak membaca.

Lainnya  yaitu banyak jalan-jalan. Aku menulis tahun ini ingin ke Baluran, Perpusnas, Jepang, Macao, dan Flores. Syukurlah tiga di antaranya sudah kulakukan. PR ku masih ke Jepang dan Flores. Wah mudah-mudahan bisa tahun depan.

Masih ada waktu untuk lebih mengurangi pemakaian hape, banyak membaca, tidak menunda menulis, dan tidur lebih awal. Carpediem, Baby! Yuk lebih mengoptimalkan tiap hari dan tak banyak menunda.

Gambar dari pixabay

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Desember 13, 2018.

14 Tanggapan to “Resolusimu Apa Sudah Tercapai?”

  1. Tulisan ini saya buat dalam bentuk singkat (puisi oplosan)
    Kasih-sayang itu tidak bisa terbagi dengan adil karena sesungguhnya kita hanya sedang belajar untuk untuk menjadi bijak
    Selalu ada saja kecemburuan didalamnya, kecemburuan terkadang menjadi bahasa ungkapan cinta dan kasih dan sayang atau kita menjadi terjerembap dalam egoisme sehingga kita tak dapat berdamai dengan qalbu.
    Perjalanan yang kita lalui sudah cukup jauh, onak duri, rintangan dan hambatan telah menempa diri kita tumbuh menjadi pribadi yang matang dan dewasa, pikir kita semakin tajam seperti sembilu membuat kita berjalan angkuh menggapai cita-cita, kita semakin lupa sesungguhnya kita sudah mendekati arah tujuan dan membutuhkan ketajaman hati untuk membaca, mengerti dan memahami jati diri kita yang sesungguhnya..
    Bersambung masih ada waktu…

  2. Selamat dan sukses untuk resolusi yang sudah dicapai dan yang belum dicapai masih ada waktu dan semangat untuk melakukannya, semoga…

  3. Resolusi menjelang akhir tahun sepertinya selalu ada saja yang sudah di capai dan belum dicapai, karena prioritas atau mungkin terlalu banyak sehingga melampaui kemampuan, tapi itu sudah bagus karena ada yang sudah dilakukan, semoga di tahun berikutnya tercapai semuanya ya? Kalau saya momentum akhir tahun seperti ini resolusinya menunggu inspirasi yang datang, selamat beraktivitas dan berkarya di tahun 2018 yang sebentar lagi akan berganti dan semoga menjadi kenangan.

  4. Waw, resolusinya hbat2 ya. Salut dech. Komitmen yg sungguh sih suatu resolusi dpt tercapai. Smga tercapai ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: