Apa Saja Profesi di Ranah TI

Bekerja di ranah teknologi informasi tidak harus sebagai programmer. Ada beberapa pekerjaan lainnya yang tidak harus selalu berkutat dengan koding. Yuk berkenalan dengan berbagai profesi di bidang TI

Selama ini masyarakat awam menganggap pekerjaan TI tak jauh-jauh dari pengembangan perangkat lunak. Sebenarnya dunia TI tidak melulu di bidang software development, ada ranah-ranah lainnya yang bisa jadi jarang dikenal awam.

Bidang TI umumnya terbagi atas empat hal, yaitu proses bisnis, aplikasi, infrastruktur dan jaringan, tatakelola TI, serta pendidikan dan pelatihan TI. Mereka yang belajar TI umumnya memiliki dasar-dasar pengetahuan ini, tinggal kemudian pada semester akhir dan pasca sarjana ilmu ini kemudian lebih diperdalam.

Ya, pekerjaan di bidang TI bukan hanya membuat perangkat lunak, namun juga bisa berkiprah sebagai network engineer untuk hal-hal berkaitan dengan jaringan dan sebagai ahli infrastruktur TI dengan membuat perencanaan kebutuhan TI untuk hardware, mengetahui kebutuhan kapasitas server, mengurusi perbaikan dan pemeliharaan, dan sebagainya. Ada yang ahli dalam hal teknis menangani perangkat yang bermasalah dan disebut IT technician dan IT help desk. Masih ada kaitannya dengan TI, juga ada pakar masalah keamanan TI. Mereka merancang topologi untuk mendukung keamanan TI perusahaan baik dalam bentuk perangkat lunak maupun perangkat fisik, seperti memasang firewall dan metode akses tertentu untuk memasuki data center.

Selain itu ada ahli tentang database, ada pihak yang suka mengamati tren teknologi TI, juga mereka yang peduli dalam hal tatakelola TI seperti masalah aset TI, kontrol, dan risiko TI. Juga ada ahli dalam hal media sosial, mengurusi proyek TI, dan masih banyak lagi.

Mereka yang bekerja di ranah TI juga perlu paham tentang proses bisnis. Dalam membuat sebuah produk perangkat lunak tentunya perlu diketahui perangkat lunak ini digunakan dalam proses bisnis manakah dan siapakah unit yang akan menggunakannya. Sama halnya dengan masalah perangkat lunak, begitu juga dengan penerapan kebijakan TI. Tentunya kebijakan TI itu sebagian di antaranya juga mengikat unit lain di luar unit TI.

Cerita detail tentang tiap-tiap profesi TI akan kusampaikan ke depan secara bertahap. Termasuk apa saja sih ruang lingkup pekerjaanku sebagai konsultan TI. Siapa tahu Kalian atau adik-adik Kalian nantinya tertarik bekerja di bidang TI.

Gambar: pixabay

 

 

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Januari 29, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: