Pekerjaan Menarik di Bidang ‘ Video Game’

Dulu aku punya kawan yang doyan banget main video game (nanti kutulis ‘gim’ di kalimat berikutnya). Bedanya denganku ia suka membuatnya dan merasa penasaran dengan cara membuatnya. Ketika kami kemudian lulus di informatika, ia bekerja di sebuah pengembang gim. Cita-citanya terkabul.

Dulu aku memadang gim hanya sebagai hobi. Dulu aku juga sempat menggandrungi gim sebelum kemudian diminta orang tua untuk lebih fokus belajar. Memang gim itu menyenangkan dan bisa menguras waktu. Tahu-tahu sudah beberapa jam lewat ketika keasyikan bermain.

Ketika kawanku serius ingin membuat gim dan kemudian terkabul, aku jadi menganggap dunia gim itu salah satu pekerjaan menarik. Bukan hanya di bidang pengembang di bidang koding, demikian juga dengan penulis plot gim, alur ceritanya, juga dengan grafis, musik pengiring gim, penciptaan karakter, dan tentunya juga tester-nya.

Aku dulu pernah satu kelompok dengannya. Ia mengusulkan membuat gim petualangan semacam Sonic. Maka mulailah kami kemudian membuat gambar dengan desain sederhana, memikirkan jalan cerita dan penokohannya. Bagian tersulit selain menggambar yaitu membuat algoritmanya. Umumnya sensor. Misalnya ketika tubuh karakter hero terkena lawan, maka ia terluka, poinnya berkurang dan sebagainya. Membuat tokoh bergerak rupanya juga tidak mudah untuk membuat barisan pemula seperti kami yang dulu begitu pemula.

Tapi sekarang bahasa pemrograman berkembang. Mungkin ada tools khusus untuk pemrograman di bidang gim. Untuk grafis pastinya ada tim sendiri

Oh ya bekerja di bidang gim ini rupanya menarik dan membuka banyak peluang usaha. Yang tak banyak disangka adalah tester gim

Biasanya sebelum aplikasi dilempar ke pasar memang perlu dilakukan uji coba terlebih dahulu. Biasanya uji coba dilakukan beberapa kali, versi beta dan sebagainya hingga versi final. Intinya bagaimana pengguna nanti merasa nyaman dan puas ketika bermain gim dan tak ada bugs dalam pemrogramannya.

Rupanya gaji tester gim ini menggiurkan. Dan kegiatan ini bisa menjadi profesi tersendiri.

Potensi pekerjaan di bidang gin ini masih cerah. Peluangnya besar. Apalagi saat ini e-sport makin disukai dan berkembang.

Tertarik bekerja di bidang gim?

Gambar dari pexels

~ oleh dewipuspasari pada Februari 1, 2020.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: