Suka Tebak-Tebakan TTS, Bikin Sendiri Yuk!

TTS

Apakah Kalian suka bermain teka-teki silang? Teka-teka silang alias TTS berhubungan dengan kegiatan menebak-nebak jawaban yang pas dengan jumlah kotaknya. Kegiatan ini menyenangkan, bisa membuat senam otak, juga menghibur. Bagaimana jika membuat sendiri TTS dan kita ajak teman-teman untuk bermain dengannya?

Saat ini membuat TTS itu mudah karena sudah banyak aplikasi pembuatnya yang gratisan. Kalau jaman dulu itu yang agak repot, harus bikin kotak-kotaknya sendiri. Dulu aku membuatnya menggunakan excel agar kotak-kotaknya bisa ditambah atau dikurang dengan mudah. Bagian yang tidak terpakai lalu dihitamkan.

Aku dulu pernah jadi bagian pembuat TTS di majalah internal kantor. Juga dulu pernah jadi panitia acara lomba TTS raksasa. Yang bikin kalang kabut jika kotak yang kita desain kurang. Wah bisa diprotes oleh para peserta.

Cara gampan bikin TTS tentunya adalah menyiapkan jawaban dan pertanyaan. Untuk jawaban sebaiknya maksimal dua kata dan jangan terlalu panjang. Setelah jawaban dan pertanyaan siap maka tinggal bikin kotaknya.

Salah satu aplikasi gratisan untuk membuat TTS yang pernah kugunakan adalah Crossword Puzzle! Ukurannya kecil dan mudah digunakan. Googling aja.

Setelah diunduh dan dijalankan, maka tinggal menaruh-naruh antara jawaban dan pertanyaan. Kalian bisa membuat pertanyan 10 mendatar, 10 menurun.

TTS

TTS

Misalnya aku ingin membuat yang mudah, 5 mendatar dan 5 menurun, maka totalnya ada 10 pertanyaan. Caranya, aku masukkan jawaban di baris atas, lalu pertanyaan di baris bawah seperti berikut ini. Lalu tekan tombol ‘Add word to list”. Lakukan sebanyak 10 kali. Oh iya kalau ada dua kata mending jawabannya tanpa spasi karena umumnya di TTS tanpa spasi.

Setelah jumlah soal dan jawaban cukup maka tekan tombol ‘next’. Kalian bisa menyimpan TTS-nya dan memberi nama dulu agar bisa diedit suatu ketika. Kemudian pilih ukuran kotak. Selanjutnya Kalian bisa memilih desain TTS-nya dengan menekan “I want another puzzle like this one’. Pilih desain yang dirasa nyaman.  Biasanya yang seimbang sih antara vertikal dan horizontalnya.  Di sisi kiri akan terlihat desain TTS-nya plus jawaban. Setelah merasa oke, maka pilih ‘next’, Kalian bisa menyimpan, mencetak, atau siap mempublikasikannya.

jadi deh TTS-nya. Berikut isian dan pertanyaannya.

TTS

 

 

 

 

~ oleh dewipuspasari pada Agustus 22, 2020.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: