Full Metal Panic: Mecha Romantis Sousuke-Chidori

sousuke2

Jika disuruh menyebutkan manga mana yang paling berkesan dan memiliki jalan cerita yang sangat menarik, saya akan mengaku kesulitan. Tapi yang terbesit di ingatan saat ini adalah Full Metal Panic. Manga ini sangat kocak tapi di lain sisi menegangkan. Sejak dirilis 15 tahun lalu, manga ini masih memiliki basis penggemar yang sangat banyak, termasuk saya salah satunya. Full Metal Panic memang lengkap, ada pertempurannya yang menegangkan, karakter-karakter tokoh utamanya yang kuat, serta balutan roman yang tidak biasa. Yuk, baca ulasannya!

Jika dilihat dari tahun produksi yaitu tahun 1998, saya termasuk telat mengoleksinya, yakni sekitar tahun 2007. Saya membelinya saat pameran buku Elex Media dengan memborong delapan serinya. Sejak itu saya rajin mentengin info terbaru tentang anime dan koleksi manganya. Hingga saat ini, Full Metal Panic telah merilis manga, novel, dan anime yang terdiri dari Full Metal Panic, Full Metal Panic: Fumoffu, FMP: Second Raid, FMP: Sigma, dan FMP:Overload.

Nah, bagi yang belum tahu kisah Full Metal Panic, berikut ringkasannya. Sousuke Sagara adalah anggota pasukan organisasi militer pengusung kedamaian bernama Mithril yang anggotanya berasal dari multinegara. Ia mendapat misi untuk melindungi gadis 16 tahun di Jindai High School bernama Kaname Chidori. Saat itu, Sousuke tidak mengetahui alasan kenapa gadis tersebut menjadi target penculikan. Kemudian, bersama timnya, Mao dan Kurz Webber, mereka pun mengintai gadis tersebut sehari-hari. Dan sebagai pengintai utama adalah Sousuke yang menyamar menjadi pelajar sekolah tersebut.

Di sinilah keruwetan tersebut bermula, Chidori yang merupakan ketua kelas dan wakil senat, merasa punya kewajiban untuk mengawasi anak baru yang bertabiat aneh tersebut. Sousuke sendiri karena sejak kecil hidup dalam medan perang, kesulitan beradaptasi dengan lingkungan barunya. Akhirnya ia menganggap lingkungan sekolah bagian dari medan perang. Setiap harinya ia menyiapkan pistol, granat, dan senjata lainnya. Ada saja kekonyolan yang terjadi gara-gara sikap paranoid Sousuke, mulai dari menghancurkan loker sekolah karena ada sepucuk surat di loker (yang rupanya surat cinta dari gadis lain kelas), mengancam petugas kantin dengan pistol agar menyerahkan roti, menembak bola karena takut di dalamnya ada bom, dan sebagainya. Chidori sebagai pihak yang setiap harinya merasa dibuntuti Sousuke pun kesal dan membalas kekonyolan Sousuke dengan menganiaya fisiknya. Adegan saat Chidori marah dan Sousuke yang tak berdaya sangat kocak, dimana Chidori biasa digambarkan memukul dengan kipas besarnya.

kaname

Lalu konflik mulai terjadi ketika Gauron bersama timnya menculik Chidori saat studi wisata. Pesawat mereka dialihkan ke markas Gauron dengan tujuan untuk memeriksa apakah Chidori seorang whisper. Whisper adalah manusia yang memiliki kemampuan black technology, yakni mengetahui teknologi masa depan. Namun, sebelum operasi berhasil, Sousuke berhasil menghubungi Mithril jika Chidori diculik dan satu pesawat disandera dengan bom tertanam dalam pesawat. Di sinilah berbagai arm slaves (robot) beraksi, dari Savage, Venom, hingga Arbalest. Sousuke membuktikan kepiawaiannya bertempur dengan menghadapi teroris dan penculik Chidori seorang diri sebelum bantuan berdatangan. Ketika Sousuke diujung maut melawan Gauron dengan Venom, Chidori berhasil menemukan kekuatannya sebagai whisper. Berhasilkah mereka berdua menghadapi Gauron cs?sousukeDi sini bukan hanya tokoh utama Sousuke dan Chidori saja yang menarik disimak, namun juga ulah Tessa yang selalu ingin menarik perhatian Sousuke, Kurz yang genit, serta Mao Melisa yang urakan. Teman-teman Chidori seperti Tokio yang kekanak-kanakan, serta anggota tim karate dan tim rugbi juga sangat kocak. Jika disuruh memilih bagian mana yang terkocak, yaitu ketika Sousuke lupa membawa buku yang berisi PR yang harus dikumpulkan hari itu. Mereka berdua segera lari menuju apartemen Sousuke. Si Chidori melempar Sousuke persis di depan taksi agar si taksi berhenti. Tapi ketika hendak kembali ke sekolah, taksi tersebut telah pergi karena Sousuke mengancam menembaknya jika pergi. Dan ketika Sousuke mengambil buku di kamarnya, si sopir taksi pun kabur. Akhirnya mereka mencuri sepeda dan dikejar polisi serta melompat ke kereta yang hendak berangkat. Rupanya keretanya salah jurusan dan mereka sampai di sekolah terlambat. Yang lebih konyol lagi, si guru ternyata sakit dan tidak masuk kelas. Hahahaha. Oh ya di beberapa seri ada karakter bonta kun, boneka campuran beruang dan koala yang menjadi maskot dalam serial ini.Gambar: Ambil di buku FMP Sigma dan koleksi wallpaper di http://www.theotaku.com/wallpapers/category/full_metal_panic

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juli 25, 2013.

5 Tanggapan to “Full Metal Panic: Mecha Romantis Sousuke-Chidori”

  1. Inget banget dulu ngakak lihat film ini Pus. Hihihi

  2. Iya Dan lucu banget ihat ekspresinya si Sousuke yang hampir selalu serius di tiap sikon.

  3. Salam knl dewi
    Saya ika klo FMP Sigma dan Overload nonton dimana ya?

    • Aku baru nonton yang reguler FMP Fummofu dan Second Raid. Kalau yang Sigma aku barusan browsing, baru mau rilis musim gugur ini. Sedangkan versi manganya ada di manga online.

  4. Download ahhhh…
    #tanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: