Liburan Komplit di Fukuoka Jepang

Fukuoka

Jepang bukan hanya Tokyo. Bagian barat daya yang paling dekat dengan Korea Selatan dan Tiongkok, yakni Fukuoka, jarang disebut-sebut. Padahal daerah ini memiliki budaya yang unik karena terpengaruh dari budaya negara-negara tetangganya. Selain itu topografi daerah ini dari pegunungan, pantai, dan lautan juga menawan. Ada apa saja di Fukuoka yuk simak artikel berikut.

Fukuoka terletak di Pulau Kyushu, pulau besar di bagian barat daya Jepang. Jika bingung pulau Kyushu dimana, simak peta di bawah ini, dimana Fukuoka satu pulau dengan Nagasaki.

Peta Fukuoka Sumber languegaeschoollinks.com

Peta Fukuoka (Sumber:languegaeschoollinks.com)

Kota ini telah memiliki bandara internasional yakni Bandara Fukuoka sehingga mudah diakses. Tapi jika kesulitan mencari penerbangan langsung dari Jakarta, maka Anda bisa memilih penerbangan ke Tokyo (Bandara Narita) kemudian dilanjutkan dengan penerbangan ke Fukuoka selama 1,5 jam atau mencoba transportasi publik dengan kombinasi bus dan feri atau mencicipi kereta api Shinkansen dari Tokyo ke Fukuoka sekitar lima jam. Jika Anda mencobai kapal pesiar atau melanjutkan berlibur dari Korsel, Anda bisa naik kapal laut dan berlabuh di Terminal Internasional Pelabuhan Hakata.

Bandara Fukuoka Sumber Gambar Wikipedia

Bandara Fukuoka (Sumber Gambar Wikipedia)

Terminal Internasional Pelabuhan Hakata (Sumber Gambar: Wikipedia.org)

Fukuoka merupakan kota terbesar di pulau Kyushu. Kota ini merupakan akses untuk menuju daratan Asia karena lokasinya yang paling dekat dengan Korea Selatan dan Tiongkok. Sejak abad ke-7 hingga abad ke-11 Fukuoka menjadi kota pelabuhan dan lalu lintas perdagangan antara Jepang dan Tiongkok. Namun rupanya ada fakta menarik dimana hubungan Tiongkok-Fukuoka sudah terjalin sejak Dinasti Han atau sekitar abad pertama. Oleh karenanya ada pengaruh budaya dari Tiongkok seperti kuliner dan agama Buddha pada Fukuoka.

Di Fukuoka tidak perlu bingung akan tujuan wisata. Pasalnya ada beragam wisata dari wisata alam, wisata buatan dan wisata belanja, wisata budaya, dan wisata kuliner. Kemana-mana juga mudah karena adanya sistem transportasi publik yang telah tertata seperti bus dan subway. Anda juga bisa berkeliling dengan menyewa sepeda. Paling seru ke sini saat musim semi dan musim gugur. Yuk kita mulai jalan-jalannya, dimulai dari wisata alam dulu ya.

Peta Kota Fujioka (Sumber: yokanavi.com)

Peta Kota Fujioka (Sumber: yokanavi.com)

Fukuoka merupakan daerah yang memiliki pegunungan, pantai, dan pemandangan lautan. Di sini juga ada pulau cantik dan juga air terjun. Berikut wisata alam yang patut dikunjungi di Fukuoka.

    – Pulau Nokonoshima

Pulau Nokonoshima merupakan pulau kecil yang memiliki ladang bunga. Paling cantik ke sana saat musim semi dimana bunga bermekaran. Untuk menuju ke sini Anda bisa menggunakan feri dari Noko Tosenji.

    – Air Terjun Shiraito

Air terjun Shiraito terletak di kaki gunung Hagane Yama dengan ketinggian 24 meter. Udaranya sejuk dengan medan treking yang tidak terlalu berat. Anda bisa memancing di sini tapi harus membayar.

Air Terjun Shiraito (Sumber: www.japan-guide.com)

Air Terjun Shiraito (Sumber: http://www.japan-guide.com)

Setelah wisata alam, Anda juga bisa berjalan-jalan ke tempat wisata buatan yang umumnya berupa taman cantik dan juga taman hiburan. Berikut daftar tempat wisata buatan yang menarik:

    – Taman Ohori

Taman ini paling terkenal di Fukuoka sebagai taman yang memiliki danau dengan pulau kecil di tengahnya. Tempat ini banyak dipilih untuk piknik ataupun untuk jogging dan bersepeda.

Taman Ohori (sumber: blog.gaijinpot.com)

Taman Ohori (sumber: blog.gaijinpot.com)

    – Taman Yusentei

Sebuah taman di Jonan-ku, Fukuokayang dibangun sejak abad ke-18 untuk klan Kuroda. Diberi nama Yusentei berdasarkan puisi tanka. Taman ini memiliki kebun dan kolam yang terbuka untuk umum.

    – Marine World Uminonakamichi

Obyek wisata ini merupakan kombinasi taman, kebun binatang, pantai dan juga akuarium raksasa. Cocok bagi pecinta satwa air.

Kubah Fukuoka (sumber:archive.metropolis.co.jp)

Kubah Fukuoka (sumber:archive.metropolis.co.jp)

    – Kubah Fukuoka (Fukuoka Dome)

Fukuoka Dome merupakan stadion untuk menonton pertandingan bisbol terbesar di Jepang dimana memiliki atap yang mampu dibuka. Kapasitas penontonnya besar sekitar 35 ribu kursi. Selain untuk pertandingan juga biasa digunakan untuk pertunjukan.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi Canal City Hakata yakni pusat perbelanjaan terbesar di Fukuoka dengan desain unik dan Menara Fukuoka (Fukuoka Tower) yang merupakan menara tertinggi di Jepang bagian barat.

Canal City Pusat Perbelanjaan (sumber: wikipedia)

Canal City Pusat Perbelanjaan (sumber: wikipedia)

Yuk lanjut ke wisata budaya dimana di sini kita bisa mengunjungi kuil, reruntuhan kastil dan museum.

    – Beragam Museum Modern di Fukuoka

Museum di Fukuoka sangat beragam ada museum kota Fukuoka yang menampilkan beragam koleksi tentang sejarah kota Fukuoka termasuk segel emas dari Tiongkok berabad tahun silam. Ada juga Museum Sejarah Genko (Genko Historical Museum) dimana memajang koleksi baju perang, lukisan, dan koleksi lainnya yang mengisahkan invasi Mongol ke Jepang pada abad ke-13 pada masa pemerintahan Kubilai-Khan. Ada juga Hakata Machiya Folk Museum dimana pengunjung dapat mengetahui kebiasaan sehari-hari dari masyarakat Fukuoka. Yang juga jangan dilewatkan adalah Museum Seni Fukuoka di Taman Ohori dimana menampilkan koleksi seni modern dan kontemporer dari seluruh dunia termasuk koleksi terkenal Salvador Dali dan Lichtenstein.

Museum Kota Fukuoka (sumber: wikipedia)

Museum Kota Fukuoka (sumber: wikipedia)

  • Museum Nasional Kyushu
    Museum nasional ini merupakan museum sejarah yang berada di Dazaifu untuk mengisahkan budaya Jepang dari sudut Asia. Kyushu dianggap pintu gerbang dan pertukaran budaya antara Jepang dan Asia. Koleksi lengkap mulai dari zaman batu tua.
  • Kuil Hakozaki
    Kuil Hakozaki merupakan kuil tua yang dibangun sejak tahun 921. Di sini tersebar benda budaya dan sering diadakan festival seperti Festival Tamatori.
  • Kuil Kushida
    Kuil ini merupakan tempat dewa penjaga kota Hakata. Di sini ramai saat festival Gion Yamakasa
  • Reruntuhan Kastil Fukuoka
    Kastil Fukuoka saat ini telah berupa reruntuhan. Kastil ini dibangun pada tahun 1608 untuk pemimpin pertama Fukuoka, Kuroda Nagamasa. Kastil ini juga disebut Kastil Bangau Menari karena konon terlihat bangau menari di sini.

Fukuoka memiliki banyak festival budaya yang menarik. Pada bulan Februari mendatang akan diadakan Setsubun festival dan pada bulan Maret akan dihelat Hinamatsuri Doll Festival. Ada juga Hakata Dontaku Festival pada bulan Mei dimana ada tarian dan parade yang dilakukan sekitar 20 ribu peserta. Hakata Dontaku Festival merupakan salah satu festival terbesar di Jepang yang menarik banyak animo pengunjung hingga dua juta penonton.

Hakata Dontaku Festival (sumber:wikipedia)

Hakata Dontaku Festival (sumber:wikipedia)

Pada bulan Juli juga bakal diadakan festival yang telah berusia lebih dari 700 tahun, yaitu Hahata Gion Yamakasa Festival dimana tiap kelompok pria menggunakan pakaian tradisional akan melakukan adu tercepat membawa muatan hiasan yang berat. Selain itu juga bakal ada Houjouya Festival yakni acara musik, tari, dan aneka kuliner se-Asia juga Fukuoka Sumo Tournament.

Hakata Gion Yamakasa Festival (sumber: wikipedia)

Hakata Gion Yamakasa Festival (sumber: wikipedia)

Nah, rasanya seperti makan tanpa garam jika tidak mencicipi masakan khas Fukuoka. Anda bisa mencicipi masakan khas Fukuoka dengan icip-icip di yatai atau gerobak pinggir jalan di sepanjang sungai Naka atau ke restoran terkenal seperti Ichiran dan Ippuso untuk ramen.

Yatai di Fukuoka (sumber: wikipedia)

Yatai di Fukuoka (sumber: wikipedia)

  • Hakata Ramen dan Nagahama Ramen
    Ramen terkenal sebagai masakan khas Jepang yang berupa mie kuah. Sebenarnya masakan ini berasal dari Tiongkok. ketika tiba di Jepang masakan ini kemudian menjadi cita rasa khas Jepang dan setiap daerah memiliki keunikan cita rasa termasuk di Fukuoka. Ramen yang khas di Fukuoka adalah hakate ramen dan nagahama ramen. Hakata ramen memiliki mie udon yang mudah mengembang di dalam kuahnya yang memiliki rasa tonkotsu atau menggunakan kaldu dan irisan daging babi. Sedangkan Nagahama ramen mirip dengan hakata ramen dengan kuah yang lebih ringan. Oh ya Anda bisa lho menambah mie-nya jika dirasa belum mengenyangkan. Ramen tonkotsu ini tentu tidak bisa disantap oleh yang muslim, namun biasanya restoran juga menyediakan ramen halal berupa ramen vegetarian dan ramen berbahan kaldu ikan. Untuk itu Anda perlu bertanya terlebih dahulu tentang penggunaan kaldunya.
  • Game-ni
    Masakan khas yang biasa disantap saat Hakata Gion Yamakasa Festival. Msakan ini terdiri atas ayam dan sayuran seperti wortel, akar lotus, taro, dengan saus kedelai. Masakan ini sebenarnya berasal dari Tiongkok
  • Hakata Gyoza
    Merupakan masakan yang terpengaruh oleh Tiongkok seperti siomay goreng dimana bagian luar renyah dan di dalamnya lembut dengan isian daging yang juicy. Makanan ringan ini mungil dan bisa sekali gigit.
  • Mizutaki
    Mizutaki merupakan masakan tradisi yang telah berusia satu abad. Ayam direbus dalam hotpot dan biasanya ditambahkan sedikit garam sebagai penambah rasa.
  • Motsu-nabe
    Motsu-nabe merupakan masakan berupa sayuran yang direbus dengan jerohan dalam panci. Makanan ini juga mirip seperti yang ada di Korea, namun jerohannya digoreng atau dibakar. Sebelum memesan masakan ini, bagi kaum muslim pastikan dulu jerohannya halal.
Hakata Ramen (sumber: wikipedia)

Hakata Ramen (sumber: wikipedia)

Game-ni (sumber: http://yokanavi.com)

Game-ni (sumber: http://yokanavi.com)

Tentang HIS dan HAnavi
HIS adalah salah satu agen travel di Indonesia yang memberikan layanan baik kepada individu maupun secara kelompok (group tour) untuk perjalanan domestik dan internasional. HIS juga memiliki berbagai produk untuk memudahkan wisata Anda.

HAnavi merupakan kolaborasi antara HIS dan ANA (All Nippon Airways) yang didesain khusus bagi wisatawan yang ingin datang ke Jepang untuk liburan atau perjalanan bisnis. HAnavi menyediakan paket tiket penerbangan domestik dan hotel dengan harga yang terjangkau. Anda bisa berangkat dari Tokyo ataupun Osaka

Untuk mengetahui informasi terkini Anda bisa mengunjungi website HIS di http://his-travel.co.id dan bergabung di sosial media HIS di http://www.facebook.com/HISTravelIndonesia

Ikuti Present Campaign HIS Winter Tour Blogging Competition
http://kawaiibeautyjapan.com/campaign/present-18/track.js

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Januari 15, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: