Penginapan Kumuh vs Penginapan Nyaman

Penginapan di Ambarawa

Apa yang terbayang di benak Anda tentang kualitas penginapan dengan tarif di bawah Rp 200 ribu? Di Solo dengan tarif Rp 60 ribu sekamar saya mendapat kamar yang nyaman dan sarapan yang nikmat. Di Yogya ada banyak penginapan 100 ribuan dengan fasilitas yang lumayan. Tapi rupanya hal ini tidak kami alami di Semarang. Kami salah pilih di sini.

Saya menyesal memilih menginap di Hotel Setyabudi di Jalan Setiabudi ketika berkunjung ke Semarang pertengahan November 2013. Ada banyak pilihan hotel di bawah Rp 200 ribu dan kami menjatuhkan pilihan di penginapan ini karena mudah ditelpon. Dari gambar yang tersebar di ranah maya sih hotel ini cukup bersih dan pelayanannya lumayan. Tapi ketika tiba di sana kami memutuskan untuk segera cabut dari penginapan ini. Fasilitas dan pelayanannya sangat parah dan menurut kami hotel ini sangat tidak layak memberikan layanan penginapan.
Kami tiba di hotel ini sudah sangat larut malam, yaitu pukul 00.30. Hujan deras yang mengiringi keberangkatan kami ke Semarang membuat mobil tidak bisa dipacu terlalu kencang sehingga kami berkendara hampir 11 jam.
Ketika melihat depan hotel ini kami sebenarnya berniat pindah. Tapi karena sudah larut kami tidak yakin bakal mudah menemukan penginapan. lain Apalagi acara kami besok dimulai pagi hari. Kami harus segera beristirahat. Kami sudah memilih kamar yang paling bagus tapi yang kami dapatkan adalah kamar yang kotor, dengan sprei yang sepertinya tidak pernah dicuci, dan kamar mandi yang jorok. Lantai kamarnya kotor berdebu. Begitu juga kursi dan tevenya, semuanya berdebu. Air di bak mandi sangat kotor dan banyak punting rokok. Kami jadi curiga penginapan ini jenis penginapan yang biasa digunakan untuk hal-hal yang tidak baik.

Saat kami melakukan pemesanan via telpon, si petugas bilang akan disediakan air panas untuk minum. Tapi nyatanya tidak ada dan galon yang ada di resepsionis sangat kotor seperti tidak pernah dibersihkan.

Situasi ketika pagi jauh lebih parah. Ada banyak orang keluar masuk dengan tampang seperti preman. Bahkan resepsionisnya yang berbeda dengan saat malam juga berpenampilan sangar. Wah-wah-wah penginapan yang sangat buruk dan kumuh. Saya bakal tidak mau ke sini lagi kedua kalinya. Sayang saya lupa mengambil gambar kamar hotel ini.

Hotel Murah dan Nyaman di Ambarawa
Syukurlah keesokan harinya kami mendapatkan hotel yang sangat berbanding terbalik dengan kondisi di Hotel Setyabudi. Dengan harga yang lebih terjangkau, Hotel Baru di Ambarawa memiliki kamar yang lapang dan bersih, kamar mandi yang bersih dengan fasilitas air panas, televisi, dan disediakan air minum, handuk, dan sabun di dalam kamar. Wah jika kemarin kami tiba lebih sore maka kami sebaiknya menginap di sini karena toh lokasi Ambarawa ke Semarang tidak sampai satu jam dengan kendaraan pribadi.

penginapan di ambarawa2

Lokasi hotel ini di jalan raya dan dilalui kendaraan umum. Tapi tidak terdengar suara lalu lalang kendaraan, atau mungkin Ambarawa tidak seramai di Jakarta. Di sini hawanya sejuk tidak seperti Semarang yang panas. Alamatnya di Jalan Jenderal Sudirman 80. Waktu itu suami memesannya setelah melihat informasinya di blog http://hotelbaru.wordpress.com dengan no telpon 0298-591315 dan 0888 5428230.

Penginapan di Ambarawa

Keesokan harinya kami menuju Wisata Apung Kampoeng Rawa dan Museum Palagan Ambarawa. Kampoeng Rawa ini adalah bagian dari Rawa Pening yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat. Info tentang tempat wisata ini bisa dibaca di artikel mendatang.

penginapan di ambarawa3

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Februari 17, 2014.

14 Tanggapan to “Penginapan Kumuh vs Penginapan Nyaman”

1. ada rekomendasi hotel murah sekitar simpang lima tidak dibawah 200rb

• Salam kenal Hanggar,
      Saya belum pernah menginap di Simpang Lima. Tapi teman-teman sering merekomendasikan di wisma mugas pemda jawa tengah, wisma bapelkes dan wisma TNI AU untuk penginapan di bawah Rp 200 ribu.
      1. Wisma Mugas Pemda Jateng di depan stadion Tri Lomba Juang, Semarang. Telp (024) 8411093
      2. Wisma TNI AU terletak diJalan Seroja di Rumah Sakit Telagarejo. No telp (024) 8440541.
      3. Wisma Bapelkes di Jl. Pahlawan No. 1. No telepon : (024) 8311465

Coba di-browse dulu untuk lihat kamarnya. Selamat berlibur.

2. wah.. saya juga pernah nih ngalamin kayak gitu waktu di jakarta. saya lupa nama hotelnya, di deket stasiun tanah abang. nyesel pokoknya.. 😦

3. Maturnuwun Pus. Bisa jadi alternatif kalo kami liburan ke sana ya.