Penginapan Murah Bagi Para Pelancong Bujet Rendah

menginap-sumbawa

Saya termasuk pelancong yang sering menetapkan bujet rendah untuk pos penginapan. Toh penginapan biasanya hanya untuk mendaratkan tubuh setelah lepas berjalan-jalan dan membasuh tubuh, maka tidak perlu yang mahal-mahal. Namun, bujet rendah tidak selalu berbanding lurus dengan kenyamanan atau fasilitas. Dengan Rp 60 ribu bisa dapat kamar cukup luas untuk bertiga, teh manis, dan sarapan nasi goreng, tentu bagi saya sudah sangat memuaskan.

Berikut beberapa penginapan bujet rendah alias di bawah Rp 200 ribu yang pernah saya inapi. Ada beberapa di antaranya menjadi catatan buruk, ada pula yang bisa menjadi rekomendasi.

Tuk-tuk, Samosir

Lekjon Cottage

lekjon cottage

Di Tuk-tuk Samosir, kami mendapat penginapan seharga Rp 150 ribu. Cukup mahal karena masuk peak season. Biasanya harganya Rp 100-125 ribu pada low season. Kamarnya rata-rata menghadap Danau Toba dan tidak ada televisi karena wisatawan diharapkan hanya menikmati suasana damai Danau Toba. Kami seharusnya menginap dua malam di Lekjon Cottage. Karena kecerobohan salah satu petugas, nama kami tidak tercatat. Dan sebagai gantinya kami diinapkan di hotel sebelah.

Di Lekjon Cottage, kami mendapat jatah kamar yang langsung menghadap ke danau sebagai bukti penyesalan mereka. Padahal kamar tersebut merupakan kamar terbaik dan harganya beberapa tingkat di atas kamar pesanan kami. Kamarnya lapang dan rapi, kami bisa memesan air panas gratis. Tidak ada televisi, tapi di depan kami ada kolam, dermaga kecil dengan kursi malas yang asyik digunakan seraya menatap matahari terbit.

Palembang

Wisma Lebar Daun

Di Palembang, kami hanya dua hari bermalam. Kami menginap di Wisma Lebar Daun dimana lokasinya cukup strategis karena banyak penjual makanan dan dilalui oleh angkutan umum. Lokasinya juga tidak jauh dari Jembatan Ampera dan pusat oleh-oleh empek-empek. Tarifnya mulai dari Rp 125 ribu. Kami memilih kamar Rp 150 ribu yang lebih lapang dengan kamar mandi dalam. Di dalamnya ada televisi tapi tidak disediakan sarapan. Di sini ada fasilitas Wifi. Saat ke sini kami dimintai menunjukkan buku nikah yang kami tidak bawa. Untunglah kami diijinkan. Saya bawa sih softcopy jika dipaksa menunjukkan. Sayangnya resepsionis dan petugasnya banyak yang berwajah galak dan kurang ramah.

wisma lebar daun-palembang

Surakarta

Mama Homestay

Inilah penginapan termurah yang pernah saya cicipi. Kami menginap bertiga di Mama Homestay dengan tarif Rp 60 ribu atau Rp 20 ribu/orang Desember tahun 2008. Saat tiba kami disambut oleh pemilik penginapan yang sudah sepuh. Kami dijamu teh manis hangat sebagai ucapan selamat datang.

Kamarnya lapang dengan tiga kasur berukuran kecil dan kipas angin besar. Kamar mandinya ada banyak di luar ruangan, namun saat itu sepi sehingga penggunanya hanya kami. Di sekitar penginapan adalah kampung batik sehingga kami puas melihat-lihat dan berbelanja batik. Pagi harinya kami akan dimasakkan nasi goreng. Namun karena kami ingin mencicipi nasi liwet, ibu pemilik mengembalikan uang kami Rp 10 ribu yang membuat kami heran bercampur gembira.

Semarang dan Ambarawa

Untuk penginapan di Semarang dan Ambarawa sudah ada tulisan sebelumnya di Penginapan Kumuh vs Penginapan Nyaman. Kami menginap di Semarang di Hotel Setyabaru yang mengecewakan dan di Ambarawa di Hotel Baru yang sangat nyaman dan tarif di bawah Rp 150 ribu.

Yogyakarta

Losmen Superman

Saya tiga kali menginap dengan bujet rendah di kota ini. Yang pertama adalah kami bertiga menyewa kamar yang tidak jauh dari stasiun tugu karena kami pulang keesokan harinya. Kami menginap di Pasar Kembang di Losmen Superman yang kamarnya berukuran sedang dan kamar mandi di dalam. Tarifnya Rp 150 ribu karena peak season. Rasanya saya waktu itu salah pilih karena lokasinya ternyata masuk dalam red district dan ada banyak pengguna kamar bapak-bapak yang nampak seram. Untung kami bertiga di kamar saja dan kamarnya agak spooky. Ini salah satu penginapan terburuk yang pernah saya rasakan.

House 140

Kami tahun lalu (2013) ke Yogya dan menginap dua malam di sini. Lokasinya di Jl. Maguwo 140 Wonocatur, tidak jauh dari bandara. Kami memesannya lewat sms di 0878-39662809. Tempatnya strategis, dekat dengan supermarket dan banyak warung tenda. Kamarnya model minimalis, dengan kasur sedang untuk berdua, teve datar, WiFI, dan kamar mandi bersih. Di setiap lantai disediakan dispenser dan resepsionisnya sangat ramah. Tarifnya terjangkau yakni Rp 110 ribu. Minusnya, hotelnya di pinggir jalan raya sehingga agak bising.

house 140-yogya

Mercury Guest House

Setelah puas bermain di Gunung Kidul, kami mengarah ke pusat kota dan menginap di Mercury Guest House di Jalan Prawirotaman II MG III/595. Kami menyewa motor dengan tarif Rp 50rb/hari. Lokasinya tidak jauh dari Malioboro. Penginapan ini berkonsep rumah joglo. Ada banyak barang antik di sini. Kamarnya lapang dengan kipas angin tanpa televisi dan kamar mandi dalam serta sarapan dan fasilitas WiFi. Sayang saat ke sini, kipas anginnya rusak dan bau gosong sehingga kami membuka jendela lebar untuk mengusir baunya. Tapi setelah itu kami merasa nyaman, apalagi resepsionisnya sangat santun. Tarifnya sekitar Rp 125 ribu.

sosrowijayan-yogya

Wisma Pugeran

Bulan Februari 2014 kami menginap di Wisma Pugeran selama di Yogya. Penginapan ini murah yakni hanya Rp 90 ribu/malam dengan kamar mandi dalam dan teve, tapi tanpa sarapan. Ada dapur bersama dan bisa menyewa motor Rp 40 ribu/hari. Ibu pemiliknya sangat ramah. Di dekat penginapan, keluar sedikit dari gang ada banyak penjual makanan dan lokasinya sangat dekat dengan TransYogya.

nginap murah jogj-90rb

Dieng

Bu Jono

Kami kesulitan melakukan booking kamar karena tidak ada nomor telpon di Lonely Planet yang nyambung. Teman saya akhirnya mendapat kamar setelah ada satu nomor yang berhasil nyambung namun rupanya kamar pesanan kami telah disewakan ke orang lain. Kami pun kemudian mencari penginapan dan mendapatkan kamar Rp 72 ribu untuk berempat dengan kamar tidur sempit dan kamar mandi di luar. Awalnya kami kecewa tapi ternyata di Dieng sangat dingin sehingga tidur berdesak-desakan merupakan pilihan terbaik. Mandinya? Wah seperti mandi dengan air es saja. Keesokan paginya setelah keliling Dieng kami memilih mandi dengan air hangat dan tidak banyak membantu hehehe.

Malang

Camelia, Simpang Homestay Hotel Armi dan Hotel Kalpataru

Camelia-malang

Wisma AL (Hotel Camelia)

Meski orang tua tinggal di Malang, ada beberapa tempat penginapan murmer yang pernah saya booking untuk teman atau saudara yang berkunjung. Ada Wisma AL (Camelia), Jona Homestay, Simpang Homestay, Hotel Armi-Kaliurang, dan Hotel Kalpataru. Tarifnya mulai dari Rp 80 ribu. Bagi yang datang berkeluarga bisa menginap di Camelia, karena kamarnya luas dan tarifnya murah, mulai dari Rp 80ribu. Lokasinya juga tidak jauh dari stasiun dan dilalui kendaraan umum.

Bagi yang suka kamar bersih, minimalis dan fasilitas Wifi bisa memilih Simpang Homestay. Tarifnya tahun 2010 berkisar Rp 100 ribu. Di sini ada banyak penjual jajanan dan juga tidak jauh dari jalan raya. Namun, kamar mandinya di luar dan ada ruang untuk menonton teve dengan sofa nyaman.

Simpang Homestay-malang

Simpang Homestay

Jona Homestay lebih cocok bagi solo backpacker karena tarifnya dihitung perorang, yakni sekitar Rp 75 ribu. Sedangkan Hotel Armi terakhir tahun 2010 masih dikenai tarif termurah Rp 125 ribu. Lokasinya di Jalan Kaliurang yang strategis karena bisa makanan enak murah di sini dan dilalui angkutan umum ABG. Terakhir, Hotel Kalpataru sebelum direnovasi hanya Rp 100 ribu/malam. Kamarnya lapang dan bersih. Tempatnya juga tidak jauh dari Kampus Brawijaya. Tapi setelah renovasi harganya sepertinya berubah.

Oh iya berikut kartu nama Jona’s Homestay dan Hotel Camelia.

Jona

jonah2

camelia

Banyuwangi

Kampung Osing

This photo of Kampung Osing is courtesy of TripAdvisor

Ada adik angkatan saya di ITS bernama Ganda yang menyewakan rumahnya dengan nama Kampung Osing. Alamatnya di Jalan Dharma Putra, Lingkungan Watu Ulo. Kamarnya bersih dan lapang. Ibu Ganda sangat rapi, kamar mandinya juga sangat bersih. Si Ganda juga sedang membangun penginapan di dekat stasiun kereta api Karang Asem. Asyiknya di sini kita bisa mencicipi hidangan khas Banyuwangi dan ngerumpi tentang Banyuwangi. Tarifnya bisa tanya langsung ke Ganda karena saya kakak angkatannya saya mendapat harga spesial hehehe.

Usahanya meski baru dua tahun cukup laris. Banyak wisatawan asing yang juga menginap di sini. Untuk informasi lebih detil tentang Kampoeng Osing bisa berkunjung ke TripAdvisor di : http://www.tripadvisor.com/Hotel_Review-g317103-d6158093-Reviews-Kampung_Osing-Banyuwangi_East_Java_Java.html

Sumbawa

Rumah Nelayan Pak Sapiola

Saya menginap di rumah nelayan atas rekomendasi teman-teman couchsurfing. Pak Sapiola namanya. Ia tinggal bersama istri dan ketiga anaknya. Rumahnya cukup besar dengan kamar mandi di bagian belakang. Jika ingin merasakan suasana lokal, menginaplah di sini. Karena istri dan anak-anaknya sangat ramah, begitu pula para bibi dan tetangga mereka yang gemar bercanda.Tidak jauh dari rumah adalah dermaga kecil dengan perjalanan menuju dermaga yang sangat memanjakan mata. Sangat Indah. Tidak ada harga yang ditetapkan untuk menyewa kamar. Saat itu saya diajak keliling Pulau Kenawa dan saya memberikan uang Rp 100 ribu untuk biaya menginap dan berkeliling pulau.

sumbawa (61)

Manado

Rex Hotel

penginapan manado

Kami menginap di Rex Hotel dengan tarif Rp 150 ribu. Ada kamar mandi dalam, televisi, dan dua kasur butut. Kamarnya tidak terlalu luas dan resepsionisnya nampak garang. Di sekitar sini ada banyak penginapan dengan tarif yang tidak terlalu beda jauh. Tapi lokasinya bising karena angkot Manado suka menyetel musik kencang-kencang ala house music. Mimpi saya serasa di diskotik dengan musik dangdut koplo.

Jakarta

Untuk hotel di Jakarta, penginapan murah yang pernah saya inapi di Puri Kwitang. Saat itu (tahun 2006) sekitar Rp 180 ribu untuk bertiga, ada sarapan, dan bathtup. Lokasinya masuk dari Kwitang. Tempatnya bersih dan nyaman. Menurut teman-teman, Losmen Kwitang juga murah. Dulunya tidak lebih dari Rp 100 ribu (tahun 2006). Penginapan murah lainnya ada di dekat stasiun Gambir, sedangkan di daerah Jaksa lebih banyak menjadi tempat penginapan turis asing. Saya dan teman-teman pernah merayakan ulang tahun di sebuah kedai melayu di sana. Dan tempatnya seperti di kawasan penginapan di Bali. Ada banyak penginapan dan tempat makan, serta tempat untuk menukar uang.

Ada beberapa penginapan lainnya saya yang pernah saya cicipi, namun banyak di antaranya yang lupa akan namanya. Di Garut ada banyak bungalow dengan fasilitas kolam renang dan bak mandi dalam dengan harga Rp 400-600 ribu/bungalow yang bisa ditinggali maksimum 6-7 orang. Di Pangandaran, rumah penduduk disewakan dengan tarif Rp 400-500 ribu yang muat banyak orang. Di Pulau Seribu seperti Pulau Tidung, wisatawan bisa menginap di rumah penduduk atau menyewa satu rumah yang jatuhnya juga murah, tidak lebih dari Rp 100 ribu/orang. Oh iya, jika ada yang merasa penginapannya dipromosikan karena mendapat ulasan bagus, mungkin bisa memberikan honor ke saya hehehe (bercanda).

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Maret 20, 2014.

50 Tanggapan to “Penginapan Murah Bagi Para Pelancong Bujet Rendah”

1. hahahhaaaa, ujungnya2 minta honor. tambahin juga rekomendasi buat home stay ane yang di Anyer dong. detailnya disini -> http://pantaianyer.net/home-stay-penginapan-murah-di-pantai-anyer siapa tau bisa jadi referensi penginapan murah di Anyer juga. 😀

tapi kalo buat ente ane kasih gratis deh. #ngrayu 😳

• Hehehe minta honor itu bercanda kok, aku ga kenal sama para pemilik penginapannya selain yang adik kelasku di ITS. Wah kalau rekomendasi selama aku belum pernah nyobain tidak bisa kutampilin. Nanti ga obyektif. Lagipula aku juga bagus-bagusnya saja, ada juga penginapan yang mengesalkan. Btw thanks infonya, siapa tahu aku ke Anyer suatu saat.

2. terimaksih sudah berbagi info ini min, sangat bermanfaat :D, jika berkenan silahkan mampir di blog saya juga ya :v

3. Wisma Pugeran alamatnya dimana?

• Salam kenal ya..
      alamat penginapan pugeran di Jl. MT Haryono, Pugeran, MJ2 70, Yogyakarta, Indonesia
      Phone: (0274) 300 8497, +62 857 4035 9280. Di sebelahnya juga ada penginapan Pondok 71. Yang mengelola kakak adik. Di depan gang ada halte transyogya, jadi bisa ke malioboro atau ke bandara dengan naik trans.

4. halo, salam kenal. boleh tau alamat Pak Sapiola tempat kamu menginap di Sumbawa? Saya sedikit kesulitan mendapatkan info penginapan murah di sekitar sumbawa besar nih. Terima Kasih 🙂

5. Sama-sama, selamat berlibur Septia

6. halo, mau numpang tanya, itu yang jonas homestay kalo 1 orang/malam berapa. terus kalo 2 orang/malam berapa. Tahun 2014 yah makasih banyak kakak 😀

• Salam kenal Huda,
      Mau liburan ke Malang ya? Siapkan payung ya…kata kakak saya hampir tiap hari hujan di Malang. Untuk penginapan, Jona’s Homestay mungkin sudah naik. Dulu tarif termurahnya Rp 60rb/orang dan Rp 100-an untuk sekamar berdua. Tapi sekarang sepertinya sudah naik sekitar Rp 125 ribu/kamar. Ini no telpnya (0341) 324678.

Berikut ini tarif penginapan di Malang tahun 2010-2011. Untuk tahun 2014, coba ditambahkan Rp 50-75ribu.

1. Hotel Camelia. paling murah, mulai dari 80 ribu. Kamar2-nya luas dan punyanya AL, jadi aman. Dekat dengan lokasi makan. Dari stasiun naik angkot 1x, sekitar 10-15 menit dari stasiun. Kelemahannya dekat rel, jadi beberapa kali ada kereta lewat. Namun kereta di Malang tidak sesering di Depok, sekitar 6-8 kali/sehari dan sampai sore saja.
      Jl. Dr. Cipto 24 Malang, Phone. 0341- 323757/322426.

2. Hotel Armi
      Jl. Kaliurang 63 Malang, Telp. 0341 – 362178
      Lokasinya strategis, berdekatan dengan banyak penjual makanan. Dilalui jalur angkutan ABG. Jalan dikiit langsung ktemu jalan utama dimana banyak angkutan ke pusat kota. Terakhir ada saudara menginap di sini mulai dari Rp 125rb tapi high season bisa 150rb

3. Hotel Kalpataru
      JL. Kalpataru No 41, Phone. 0341- 481184 / 486592/484484
      Tempatnya tenang, di depan jalan raya. Dari stasiun naik angkutan 1x yaitu ABG.
      Terakhir Rp 110 ribu mungkin sudah naik jadi Rp 130rb.

4. Simpang Guest House
      Jl. Simpang Borobudur 41 Blimbing
      Telepon: 0341 9353535, 474970
      Kamarnya mungil2 tapi rapi dan masih baru. Ada ruang teve tapi kamar mandi rata2 di luar untuk kamar standar. Harganya mulai dari Rp 100 ribu.

5. Jona’sdan helios
      Untuk dua tempat ini biasa digunakan oleh kalangan backpacker. Kalau Helios sekarang sudah mahal. Sepertinya masih ada yg 85 ribu dengan kamar mandi luar, lokasinya dekat dengan stasiun kereta. Sedangkan Jonah Homestay banyak digunakan turis asing. kamar2-nya masuk dalam rumah.Alamat: Jl. Sutomo 4, Malang Jawa Timur
      Telepon : 0341 – 324678

7. Salam dari Malaysia dewi. Bisa gak aku minta nomor dan alamat Pak Sapiola? Aku mau ke Sumbawa langsung jejak Pulau Kenawa yang indah itu. Tq

• Salam kenal Rara,
      Wah salam juga dari Jakarta:)
      No kontak Pak Sapiola barusan kukirim ke alamat surelmu, tolong dicek siapa tahu masuk ke spam. Oh iya selain ke Kenawa, ada banyak pantai cantik di Sumbawa seperti pantai Maluk dll. Pemandangan laut tidak jauh dari rumah Beliau juga cantik saat sunrise. Selamat berlibur Rara:)

8. Assalamualaikum salam kenal…..punya info penginapan yg murmer di bogor ? trims

9. Halo mbak dewi,
    itu yang di banuwangi, Kampung osing Inn ada/punya contact nya ga ya, aku butuh bgt ini…thx b4….

10. Salam kenal, saya ingin sekali ke solo dan jogya bersama keluarga, bulan Juli nanti. bertepatan libur lebaran. pasti rame sekali. Makanya kami ingin atur dari sekarang. orang tua saya dari Solo dan telah menetap di jakarta.krnya Info penginapan yg cocok untk keluarga di daerah solo dan jogya.

• Salam kenal Ibu Ninuek,
      Sebenarnya penginapan yang saya kunjungi umumnya adalah penginapan murah yang umumnya digunakan oleh wisatawan bujet rendah. Tapi ada pula yang saya rasa cukup nyaman bagi keluarga, apalagi jika ada anggota rombongan yang sudah sepuh atau masih anak-anak.
      Untuk Solo saya hanya pernah mencobai Mama Homestay dimana pada tahun 2009 masih Rp 60 ribu untuk kamar isi 3 bed dan kipas angin. Tempatnya cukup nyaman cuma kamar mandi ada di luar dan masuk gang sehingga tidak bisa parkir mobil. Info tentang penginapan Solo nantinya akan saya coba carikan dari referensi Lonely Planet.
      Nah, untuk penginapan Yogya ada beberapa pilihan. Bisa ke House 140 yang lokasinya dekat bandara dan jika akan berlibur ke arah Gunung Kidul (pantai dan gua). Atau ke penginapan dekat pusat kota yang banyak di Prawirotaman jika lebih bertujuan ke Malioboro, Keraton, Taman Sari dll. Ada Pugeran yang tarifnya berkisar Rp 90 ribu untuk 1 kamar dimana km dalam, kipas angin dan teve juga bisa parkir kendaraan dan dekat halte Transyogya. Atau di Prawirotaman yang lekat dengan Kampung Batik. Di sini ada Mercury Guest House yang nyaman dan disediakan sarapan.
      Untuk info lebih detail akan saya coba cari dulu infonya di buku Lonely Planet. Ibu juga dapat melihatnya di Yogyes.com atau situs booking hotel seperti Agoda dan Booking.com

11. Permisi kk,
    mw tanya, kalo buat menginap d jogja skitar bulan februari, kira2 hrganya brapa ya?
    itu baru pertama kali saya mau ke jogja, jadi sdkit bngung. saya juga punya pertanyaan sederhana, tapi susah karena baru pertama kali mau kesana :
    1. saya dengar, kalo keliatan banget bukan org jogja/jawa, biasanya penjual memberi tarif mahal. jadi apa yg hrus saya lakukan biar tdk trlalu ketara bukan orang tempt?
    2. dari malioboro ke pantai, jauh atau tidak, naik apa?
    terima kasih 🙂

• Salam kenal Kenny,
      Tahun lalu sih masih banyak yang 100 ribuan bahkan ada yang Rp 90 ribu, tapi mengingat kenaikan BBM mungkin naik Rp 25-50 ribu. Kenny ke Jogja mau naik apa ya? Naik kereta atau pesawat? Kalau pesawat di area bandara ada trans Yogya yang memiliki rute hingga ke Malioboro. Kalau Stasiun Tugu sudah dekat dengan Malioboro tinggal jalan kaki. Kalau Stasiun Lempuyangan, bisa naik TransYogya cuma harus jalan dulu ke haltenya. Oh ya jam 9 malam sudah sepi TransYogya dan jelang maghrib, angkot juga sepi. Pilihan terbaik jelajah Yogya yaitu rental motor sekitar Rp 50rb/hari. Ada sih angkot ke pantai, paling dekat pantai Parang Tritis. Kalau Pantai di Gunung Kidul lumayan jauh. Dari bandara itu sekitar 2-3 jam. Jika rame-rame lebih enak sewa mobil atau motor.

Apakah non Jawa diberi harga mahal? Sepertinya mereka yang nampak seperti orang asing akan diberi harga tinggi terutama naik becak, jadi pandai-pandailah menawar. Kadang mereka memberi harga kurang masuk akal bahkan pernah lebih tinggi daripada naik taksi.

12. Oh begitu ya kak. 🙂 Kebetulan saya nanti naik kereta stop di lempuyangan. tetapi sekitar 3 hari setelahnya saya mau jemput orang tua di bandara dan agak bingung mau naik ap ke bandara. Terkait oleh dana, makanya saya cari yang murah meriah aj..hehe
    sangat jelas infonya. matur nuwun.

• Dari Lempuyangan ke Malioboro bisa naik transYogya, begitu juga dari Malioboro ke bandara. Kalau dengan orang tua mendingan setelah itu rental kendaraan biar lebih nyaman atau bisa juga sih naik transYogya, tapi kasihan kalau trans nya sedang penuh.

13. salam kenal, bolehkah diinfo kan no telp Pak Sapiola? rencana bulan maret akhir mau ke sana.. terima kasih

14. Kaka nanya dong itu yang di mercury berapa orang yaa maksimalnya??

15. Oia ka, punya saran gak ka. Kami ber 6 akan ke jogja bulan agustus, tapi bujet kami sangat minim. Ada homestay di sekitar jogja yang bisa sekaligus 6 orang?? Dan ada fasilitas dapur kamar mandi dalam. Info ya ka makasih sebelumnya blognua bermanfaat

• Waktu itu kami berdua menginap di Wisma Pugeran tarifnya masih Rp 95 ribu dan bisa sewa motor di situ. Bisa nambah bed juga dan bisa pinjam dapur untuk masak mie dll. Murmer sih dan di depan gang ada halte trans Yogya. Kontaknya di (0274) 300 8497, +62 857 4035 9280, PIN BB 320D7F0E.
      Jika cari penginapan yogya lebih lengkap bisa mengunjungi web http://www.yogyes.com
      Selamat berlibur:)

• @sitinursaleha, sama kita2 juga ada plan ke yogya agustus. Boleh minta kontak? siapa tahu bisa share cost 🙂

16. Permisi kk,
    mau tanya, ada rekomendasi penginapan murah di dekat stasiun bogor atau terminal baranangsiang? budget dibawah 150 rb per mlm..
    terimakasih banyak

• Dear Melia
      Dekat situ ada Hotel Papaho, tapi sepertinya di atas Rp 200 ribu. Kalau untuk penginapan murah dari Lonely Planet dekat terminal dan stasiun Bogor ada:
      1. Wisma Karunia T323411, Jl Sempur 33-35
      2. Wisma Ramayana T320364, Jl Ir H Juanda 54
      3. Pensione Firman T323246, Jl Paledang 48
      4. Abu Pensione T322893, Jl Mayor Oking 15

17. Kak maaf,
    kira kira kk atau yang lain punya rekomendasi homestay di malang untuk 12 orang ga kak (1 rumah) ? aku agak kesulitan nih carinya.

Kalau ada, boleh minta kontaknya kak ?

Thankyouu kak 🙂

Lala

• Dulu ada saudaraku pernah nyewa satu rumah di jalan langsep, tapi belum ketemu kontaknya. Di Jona Homestay ada pilihan kamar untuk ramai-ramai. Kalau murah dan kamarnya luas bisa di Hotel Camelia, lokasinya tak jauh dari Pasar Klojen (naik sekali dari stasiun Malang). Nambah bed juga murah.

18. sy mnta alamat penginapan rumah nelayan pak sapiola

• Salam kenal Cici..aku mohon maaf no Pak Sapiola berubah dan aku tidak punya yang baru. Pak Sapiola sendiri bekerja sebagai nelayan dan ABK, mungkin bisa ditanya di pelabuhan Poto Tano.

19. Menarik sekali ulasannya

20. Halo… ternyata ada juga sumbawa barat…. pulau kenawa is padang savana west sumbawa. Main ke sekongkang,kec. Sumbawa barat. NTB.

21. kalau penginapan murah di Jakarta yang ku rekomendasikan dalah Kamar-Kamar dan Six Degree

22. Mbaak dewi, postingannya bermanfaat sekali! boleh minta nomor pak Sapiola yang di Sumbawa. Terima kasih banyak bantuannya 🙂

• Ada no hapenya di komentar saya di artikel tersebut. Tapi waktu itu ada yang nyoba nelpon dan nomornya sudah tidak aktif. Saya juga tidak punya lagi nonor telpon Pak Sapiola. Cuma dia mudah ditemui di pelabuhan karena ia sering jadi ABK di feri menuju Sumbawa dan rumahnya tak jauh dari pelabuhan.