Moonrise Kingdom: Drama Kocak Pelarian Dua Remaja

kabur

Sam dan Suzy adalah dua remaja yang merencanakan pertemuan untuk sebuah rencana. Pelarian. Aksi mereka membuat kelompok pramuka di Camp Ivanhoe yang dipimpin Randy Ward dan orang tua Suzy kalang kabut.

Sam Shakusky (Jared Gilman) adalah anak yatim piatu. Sifatnya dianggap terlalu baik bagi para anak-anak yang ditampung dalam panti asuhan, sehingga ia tidak disukai mereka. Ia juga tidak memiliki teman di kelompok pramuka musim panas bernama Khaki Scout. Sedangkan Suzy Bhisop (Kara Hayward) adalah gadis temperamental. Putri sulung pasangan Walt (Bill Murray) dan Laura (Frances McDormand) ini juga tidak memiliki teman di sekolahnya akibat sikapnya yang sulit mengontrol emosi.

missing

Dua remaja yang dianggap bermasalah bertemu di gereja di sebuah pertunjukan drama. Sam yang menyusup ke kamar ganti bertemu dengan Suzy yang menunggu gilirannya tampil. Peran Suzy sebagai burung gagak menarik perhatiannya. Dan mulailah mereka saling berkirim surat. Sam sering mengirimkan lukisannya dan dipajang di kamar Suzy.

kabur3

Karena dua remaja itu tidak mudah ditemukan, akhirnya polisi setempat, Kapten Duffy Sharp (Bruce Wilis), pun turun tangan. Ia menelpon keluarga asuh Sam yang rupanya tidak menghendakinya kembali ke rumahnya. Ia berkeliling ke tiap rumah memamerkan foto Sam dan tidak ada yang melihatnya. Ketika Suzy juga dilaporkan hilang, mereka diduga kabur bersama.

surat

Sharp kemudian bergabung dengan orang tua Suzy dan kelompok pramuka untuk melakukan misi pencarian. Dan sisa makanan kucing Suzy meninggalkan jejak lokasi mereka. Begitu pula keterangan dari seorang laki-laki tua (Bob Balaban) yang rupanya ahli geografis pulau tersebut, pulau New Penzance yang terletak di New England.

narator

Saya sudah tertarik dengan film ini sejak adegan pembukanya. Dimana menampilkan isi rumah Suzy beserta penghuninya. Karakter Suzy yang unik dengan mata yang dihiasi eye liner menunjukkan karakter pemberontaknya. Sedangkan tokoh Sam mirip Harry Porter waktu masih kanak-kanak. Sementara, para anggota pramuka memiliki penemuan masing-masing yang rata-rata konyol.

Tidak ada tokoh superhero di sini, semua memiliki kekurangan masing-masing. Seperti Bruce Wilis yang menjadi kapten polisi Sharp, digambarkan sebagai polisi kesepian yang sudah mulai menua dan kurang siap menghadapi aksi kejar-kejaran ini. Edward Norton sebagai Randy Ward, pengajar pramuka yang merasa tak berdaya ketika kehilangan anggota pramukanya. Apalagi ketika statusnya sebagai pengajar hampir dicopot. Dan tokoh-tokoh seperti pegawai dinas sosial (Tilda Swinton), tokoh narator/ahli geografi, orang tua Suzy yang mirip tokoh kartun, semuanya membuat saya geli.

social service

Meski tidak ada adegan slapstick, film ini sukses membuat saya tersenyum bahkan tertawa terpingkal-pingkal. Seperti tindakan Suzy yang kabur dengan seragam sekolah yang mini khas remaja pertengahan tahun 60-an (setting film ini) dan membawa anak kucing di kotak pikniknya. Surat perpisahan yang kocak. Atau adegan bencana banjir dan angin kencang yang membuat aksi mereka menjadi semakin dramatis.

Pemandangan pulau ini juga indah. Bentangan alamnya yang berbukit-bukit, aliran sungai, dan pantai yang indah. Moonrise Kingdom yang ditujukan di sebuah pantai dengan karang-karang memang sangat indah dan mengingatkan saya pada The Beach-nya Leonardo de Caprio. Musik pengiringnya juga menambah semarak film, pas dengan emosi atau kekocakan yang ditonjolkan di tiap adegan.

moonrise kingdom

Tapi film ini tak luput dari kekurangan. Ada beberapa adegan dalam film ini yang kurang nyaman untuk anak-anak. Sam dan Suzy memang terkesan terlalu cepat dewasa untuk usianya yang baru 12 tahun.

Detail Film:
Judul Film : Moonrise Kingdom
Sutradara : Wes Anderson
Pemain : Bruce Wilis, Edward Norton, Bill Muray, Tilda Swinton, Jared Gilman, Kara Hayward
Genre : Drama, Komedi
Rating : 9/10

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada September 17, 2014.

2 Tanggapan to “Moonrise Kingdom: Drama Kocak Pelarian Dua Remaja”

  1. 9 out of 10?
    pernah nonton film ini, dan sampai sekarang masih terheran-heran dengan keabsurdannya. Tapi memang lucu dari sisi jalan cerita maupun karakter orang-orangnya…

    • Hihihi memang absurd dari segi semuanya,
      Aku sudah tertarik dengan pembuka filmnya, yang memperlihatkan keluarga Suzy dengan intro musik yang unik.Trus para anggota pramuka dengan penemuannya yang ajaib. Aku ketawa terus lihatnya. Ceritanya absurd, agak berlebihan, tapi menarik:p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: