Before Midnight: Ketika Pernikahan Tak Semanis Dongeng

before-keluarga

Kisah romansa Jesse dan Celine, telah memasuki lebih dari lima tahun pernikahan, setelah awal pertemuan mereka 18 tahun silam. Jesse merasa bersalah ke anak laki-lakinya dari pernikahan pertamanya. Sementara, Celine merasa kesal dengan usulan Jesse untuk berpindah ke Chicago. Bagi mereka yang telah mengikuti kisah mereka di Before Sunrise dan Before Sunset, tentu akan penasaran dengan kehidupan pernikahan mereka. Bukan jenis romantis semanis dongeng, namun tetap asyik disimak.

Mengikuti gaya bercerita di dua film sebelumnya, film ini juga berfokus pada Jesse (Ethan Hawke) dan Celine (Julie Delpy). Juga, percakapan hangat antarkeduanya yang memenuhi cerita. Ya, meskipun sudah saling mengenal dan telah menikah bertahun-tahun, mereka masih saja memiliki bahan percakapan yang menyenangkan.
before midnight

Cerita bermula dengan Jesse yang mengantar Hank, putra dari hasil pernikahan pertamanya ke bandara Yunani untuk kembali ke ke Chicago. Ia mengajak putranya berlibur bersama keluarga barunya ke rumah kenalannya. Setelah lama tidak bertemu dan hanya mendapatkan jawaban-jawaban pendek dari anaknya, Jesse merasa bersalah kepada putranya. Ia merasa ingin memberikan lebih banyak waktu ke putranya.
rumah tunani2

Keluhan Jesse ini ditanggapi bercanda oleh Celine. Mereka sendiri telah dianugerahi dua anak perempuan kembar, Nina dan Ella. Dan setelah berlibur selama enam pekan, mereka akan kembali ke Perancis dan Celine akan berpindah pekerjaan.
anak-anak

Tensi cerita mulai naik ketika keduanya berjalan-jalan menyusuri sudut-sudut Yunani, dari reruntuhan, gang-gang sempit, kapel kuno, dan berakhir di hotel. Mereka ngobrol apa saja mulai dari kakek Jesse yang baru saja meninggal dengan usia yang sangat senja, kucing Celine, hingga kemudian mereka membahas usulan Jesse untuk pindah ke Chicago. Usulan Jesse ini menyulut kekesalan Celine, dan masalah-masalah yang dulu mereka pendam pun kemudian meledak satu-persatu. Celine bertanya-tanya, akankah ia masih menganggap Jesse seperti dulu? Ia ragu apakah ia masih menyayangi Jesse seperti 18 tahun silam.

Saya tidak pernah menonton dua film sebelumnya. Namun, teman saya, Yuri, pernah menyarankan saya untuk menontonnya. “Dialognya cerdas,” ujarnya. Ia lalu memberikan salah satu soundtrack yang dibawakan sendiri oleh Julie Delpy dengan gitar di Before Sunser. A Waltz for an Night, judulnya. Lagunya lembut asyik didengarkan lamat-lamat. Mengungkapkan perasaan Celine kepada Jesse. Berikut cuplikan liriknya.
You were for me that night
Everything I always dreamt of in life
But now you’re gone
You are far gone
All the way to your island of rain
 

Bagi yang belum pernah menonton dua film sebelumnya tidak perlu takut merasa tidak nyambung dengan ceritanya. Di film ketiga ini penonton bisa mengetahui kisah mereka sebelumnya, dimana pada pertemuan kedua mereka tahun 2004, Celine mengetahui jika kisah mereka menjadi inspirasi novel oleh Jesse.

Mereka kembali bertemu di acara diskusi buku yang masuk dalam agenda tur Jesse untuk mengenalkan novelnya. Dan kembalilah mereka mengobrol seharian hingga Jesse harus pulang ke negerinya. Hubungan singkat itu rupanya menghasilkan benih di rahim Celine. Dan Celine merasa gusar ketika mengetahui si Jesse rupanya telah berkeluarga. Namun kemudian Jesse lebih memilih Celine daripada keluarganya.
makan

Kembali ke ulasan film ketiga ini, memang, obrolan mereka itulah nyawa dalam film ini. Bahkan obrolan yang terasa agak vulgar bisa asyik juga diperbincangkan. Dan menurut saya dialog yang sangat rapat dan memenuhi film ini akan menyibukkan aktor dan aktrisnya untuk menghafal ekstra keras.

Mungkin karena Julie dan Ethan sudah bekerja sama untuk dua film sebelumnya maka chemistry mereka nampak jelas terlihat dan dialog mereka mengalir secara alami. Atau karena mereka juga bekerja sama menjadi penulis naskah sehingga mereka mudah menghafal bagiannya. Tapi kerja keras mereka terbayar dengan mendapat nominasi untuk best writing di ajang Oscar dan menang di penghargaan film lainnya seperti Chicago Film Critics Association Awards dan Critics’ Choice Awards.

jesse-cheline
Detail Film:
Judul Film : Before Midnight
Sutradara : Richard Linklater
Penulis Naskah: Richard Linklater, Julie Delpy, dan Ethan Hawke
Pemain : Julie Delpy, Ethan Hawke, Walter Lassally, Seamus Davey-Fitzpatric
Rating : 8/10

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada November 6, 2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: