Only Yesterday Anime Ghibli Usia 25 Tahun

Poster only yesterday

Kalian jangan bosan ya jika membaca ulasan saya akan anime produksi studio Ghibli. Saya memang fans berat anime-anime Ghibli. Senang sekali rasanya ketika menemukan anime Ghibli yang diproduksi tahun 1991 dan ternyata masih enak ditonton. Judul anime yang berusia 25 tahun ini adalah Only Yesterday.

Only Yesterday jenis anime yang biasa banget, tidak ada robot, tidak ada penyihir, juga tidak ada makhluk supernatural lainnya. Hanya kehidupan sehari-hari dari seorang lajang bernama Taeko.

Taeko wanita karier di Tokyo yang merasa bosan dengan kehidupan metropolitan dan ingin menyepi sejenak di sebuah pedesaan. Ia sudah berusia 27 tahun dan mulai risih apabila ditanya kehidupan romansanya.

Selama perjalanan naik kereta ia heran ia sering teringat masa-masa SD-nya. Ia ingat ketika ada seorang anak di kelas sebelah menyukainya, ia juga ingat masa pelajaran tentang alat reproduksi wanita juga merasakan sedihnya ditampar ayahnya. Kilasan ingatan tersebut mondar mandir di benaknya dan ditampilkan silih berganti dengan kehidupan Taeko saat ini di pedesaan.

Rupanya Taeko mudah menyesuaikan diri dengan pertanian. Ia memanen bunga safflower, mengolahnya menjadi minyak dan kue, memerah sapi, dan melakukan berbagai pekerjaan petani-peternak lainnya. Ia juga akrab dengan seorang petani muda dimana ia suka mengisahkan masa kecilnya.Hingga suatu ketika Taeko merasa hidupnya berada di persimpangan.

Film Ghibli ini tidak terasa seperti film lawas. Temanya masih kekinian hanya memang setting-nya ketika Jepang pada tahun 1980-an. Kereta apinya masih kereta biasa seperti yang masih eksis di Indonesia. Dan uniknya di sini mereka baru mengenal nanas dan bingung untuk mengupasnya.

Kehidupan metropolitan memang memudahkan akan tetapi ada suatu ketika warganya bosan dan ingin menyepi sejenak dari keramaian. Di pedesaan sendiri pekerjaan juga tak kalah banyaknya dan menuntut kerja keras.

Taeko yang awalnya hanya ingin berlibur malah sibuk dalam kehidupan barunya sebagai petani dan peternak. Ia ragu-ragu akan masa depannya, apakah ia bakal kembali ke Tokyo atau mencoba kehidupan baru sebagai petani.

Di film ini kehadiran bunga safflower menarik. Bunga ini sedikit mirip dengan bunga kenikir. Namun bunga ini punya banyak manfaat, dari diolah minyak, menjadi zat warna, dan yang paling unik bisa dikeringkan dan kemudian jadi kue. Wah saya belum pernah mencoba seperti apa kue dari bunga tersebut. Ketika saya googling rupanya ada berbagai resep kue safflower dimana kebanyakan berupa kue kering. Hemmmm suatu saat saya ingin mencobanya.

Romansa di film ini dihadirkan secara pas, saat Taeko masih kanak-kanak dan ketika Taeko telah dewasa. Romansa yang sederhana namun memikat.

Detail Film:
Judul : Only Yesterday
Sutradara :Isao Takahata
Genre : anime, drama, romansa
Rating : 8/10

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Februari 28, 2016.

Satu Tanggapan to “Only Yesterday Anime Ghibli Usia 25 Tahun”

  1. […] was There 4. Howl’s Moving Castle 5. Spirited Away 6. Iblard Jikan 7. The Ocean Waves 8. Only Yesterday 9. Wolf […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: