Film Kartun Bukan Hanya Ranah Anak #FA-5

evangelion

Saat ini kandungan materi dalam film kartun sangat beragam. Jika dulunya film kartun atau animasi identik dengan film yang dapat dinikmati segala usia kini orang tua perlu lebih jeli karena ada juga film kartun yang lebih pas ditonton remaja ke atas atau bahkan hanya cocok dinikmati kaum dewasa.

Tahun 90an ketika stasiun televisi hanya didominasi TVRI͵ film kartun ditayangkan saat petang. Biasanya sekitar pukul 17.30 atau pukul 18.00. Sebelumnya ada narasi menyapa para penonton “Adik adik sebentar lagi akan kita nikmati petualangan dari…“ Saya yang ingat film kartun He-Man (Masters of The Universe) dan para superhero yang bersayap (lupa judulnya).

Saat ini ada banyak tayangan kartun dari model serial teve maupun versi layar lebar. Pilihannya jadi lebih beragam. Jika dulu saat kanak kanak saya tak memilah milah tayangan dan menganggap kartun itu film anak maka sebaliknya ketika dewasa saya malah menyadari ada banyak kartun yang juga ditayangkan teve yang kurang pas ditonton anak anak.

Film kartun Tom & Jerry͵ Sinchan͵ dan The Simpsons menurut saya kurang pas ditonton anak di bawah 12 tahun. Begitu juga Detektif Conan͵ Lady Oscar͵ Evangelion͵ Full Metal Panic͵ dan Naruto. Mungkin lebih pas jika ditonton usia remaja atau 13 tahun ke atas. Mengapa?

Film Tom & Jerry sekilas nampak lucu, mengisahkan upaya si kucing Tom yang bersaing dengan si tikus Jerry. Bahkan sering kali terbesit keinginan Tom untuk menyantap Jerry karena nalurinya. Sayangnya ada banyak aksi Tom maupun Jerry yang menurut saya cukup sadis dan entah sejak kapan saya enggan menontonnya. Kasihan si Tom.

The Simpsons bercerita tentang keluarga Simpsons dimana anak lelakinya si Bart dan ayahnya si Holmes sering ceroboh dan bertabiat kurang baik. Begitu juga dengan teman berandalan si Bart dan teman minum ayahnya. Saya dulu menonton ketika masih SD dan jengkel dengan kelakuan Bart dan ayahnya. Bagian yang sering saya hindari di film ini adalah film kesukaan Bart yaitu Itchy dan Scratchy yang merupakan versi lebih brutal dan sadis dari Tom & Jerry.

the simpsons

Untuk film kartun lainnya mengapa lebih pas ditonton usia remaja ke atas karena ada bagian perkelahian͵ kasus yang banyak menyorot pembunuhan͵ drama percintaan, dan taburan rok mini.

Ada juga lho film kartun untuk dewasa. Evangelion lebih cocok untuk kaum dewasa atau 18 tahun ke atas karena materinya yang ‘berat‘ dan membuat otak bekerja ekstra keras. Ada pula film kartun buatan Eropa tentang drama percintaan saya lupa judulnya yang benar benar tidak layak dikonsumsi remaja apalagi anak anak.

Nah,  jika mengajak anak anak atau keponakan menonton film animasi perhatikan terlebih dahulu konten dan peruntukannya.

Sumber Gambar:

 

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Januari 28, 2015.

2 Tanggapan to “Film Kartun Bukan Hanya Ranah Anak #FA-5”

  1. jadi ingat sama the simpsons yang dulu ditayangin sore hari sekitar jam 5-6. Baru belakangan sadar kalau muatan cerita the simpsons sebenarnya nggak cocok buat anak-anak ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: