Tetap Kompak dan Hangat Bagi Pasangan Menikah

couple-3

Masih ingatkah Kalian masa-masa ketika berpacaran atau jelang menikah? Saat itu Anda dan pasangan ingin menampilkan sisi terbaik masing-masing. Kapanpun ingin tampil kompak dan mesra. Sehingga tak heran jika ada lagu favorit berdua, makanan favorit berdua, dan serba berdua lainnya. Lantas bagaimana kehidupan pasca pernikahan Anda? Apakah masih sehangat seperti masa-masa itu?

Dahulu semua indah, dahulu terasa bergelora
Dahulu hanya ada aku, dahulu ku menjadi bunga cintamu

Lirik lagu The Groove yang populer akhir tahun 1990-an ini seolah mengingatkan pentingnya menjaga kehangatan dan keharmonisan sepasang manusia yang telah menikah. Kehidupan pasca menikah satu tahun saja rasanya sudah berbeda dengan ketika baru berpacaran. Apalagi mereka yang telah menikah bertahun-tahun dan memiliki anak-anak.

Mengapa kehidupan pasca menikah umumnya kurang sehangat dibandingkan sebelum menikah? Ada banyak hal faktornya. Faktor utama adalah kemampuan tiap individu untuk beradaptasi. Saat masih berpacaran, tiap insan berupaya menutupi kebiasaan buruknya. Akan tetapi jika tiap hari bertemu dari bangun tidur hingga mata terpejam kembali, tentunya akan sulit menyembunyikan sisi lain dari mata pasangan Anda.

Kebiasaan buruk seperti kebiasaan lupa menutup kloset atau sering mencabut ponsel dengan kondisi charger masih menempel di stop kontak, bisa menjengkelkan dan menjadi bahan pertengkaran kecil. Belum lagi jika satu pasangan ternyata doyan belanja atau malah malas membantu pekerjaan rumah. Diperlukan kemampuan adaptasi dan kompromi agar tiap individu tetap sehati.

Faktor lainnya adalah kesibukan bekerja dan kelelahan. Bagi mereka yang hidup di kota besar, setiap hari kerja ibarat maju perang, dimana berangkat pagi-pagi hari agar tidak terlambat masuk kerja dan tiba di rumah saat matahari telah terbenam. Alhasil waktu bertemu saat hari kerja sangat terbatas. Waktu yang tersisa pun digunakan untuk makan malam, menonton teve, atau berinteraksi dengan anak-anak.

Ssstt…jangan terlalu serius, tersenyum dulu yuk. Menjaga tali pernikahan dan memelihara komitmen itu penting. Tapi juga jangan terlalu kaku. Setiap rumah tangga itu unik, jadi rumus kehangatan rumah tangga satu dan lainnya belum tentu sama.

Kehidupan paska pernikahan kami juga tidak terlalu ideal, kadang kami bertengkar untuk hal-hal sepele, seperti berebut remote teve atau berebut permen cokelat. Namun, kami juga mudah berbaikan dan berkompromi. Kami berdua baik-baik saja dan tetap ceria.

Ada benarnya bumbu romansa dari buku yang pernah saya baca, untuk menambahkan humor dalam kehidupan pernikahan. Karena hidup itu tak selalu sempurna seperti impian.

gambar dari: http://hdw.eweb4.com

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada April 8, 2015.

2 Tanggapan to “Tetap Kompak dan Hangat Bagi Pasangan Menikah”

  1. Wah baru denger Pus nama Shopius…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: