Pak Bei Sok Tahu

IMG_20150528_081418

Era komik lokal mulai bangkit kembali dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Meski saat ini tengah didominasi komik religi, bukan berarti temanya itu-itu saja. Tema sosial tetap menarik, seperti komik yang menceritakan sosok Pak Bei. Warga desa sederhana yang ingin serba tahu.

Komik Pak Bei dari coretan Masdi Soenardi (alm) ini setiap minggu bisa dibaca di harian Suara Merdeka, Semarang. Hingga Beliau meninggal sudah 19 tahun ia berkarya.

Pak Bei menceritakan kondisi sosial masyarakat kelas menengah dimana diwakili oleh sosok Pak Bei. Ia hanya pegawai dengan gaji yang pas-pasan maka dari itu sepulang kerja ia menyempatkan bekerja sampingan seperti menjadi pelayan warung makanan terkadang juga mencobai profesi lainnya.

Ada banyak kisah kejenakaan Pak Bei akibat sok tahunya. Misalkan ketika mengetahui ada iklan pemandian umum. Kontan ia mengajak anak istrinya untuk mencobai berlibur ke sana. Si istri sudah menyiapkan bekal makanan, anak membawa ban renang, dan dirinya membawa tikar. Eit ternyata bukan pemandian seperti kolam renang, melainkan toilet umum yang menyediakan fasilitas untuk mandi hehehe.

pak bei-pemandian umum
Masih berkaitan dengan toilet umum, Pak Bei ditawari pekerjaan sampingan di bidang jasa oleh rekannya. Ia sangat bangga ditunjuk di bidang keuangan. Ia pun berdandan rapi dengan dasi. Eh lagi-lagi kepolosannya disalahgunakan. Ia ternyata ditugaskan menjaga boks tarif toilet hehehe.

Ada banyak kisah jenaka lainnya yang sebenarnya sedih tapi juga bikin tertawa. Ya kesedihan di satu sisi memang bisa dieksploitasi sebagai sumber tawa.

bidang keuangan eh jaga toilet

Coretan komik Pak Masdi bergaya ala komik Indonesia dan guyonannya juga memiliki ciri khas tersendiri. Ada berbagai istilah basa Jawa untuk menunjukkan asal Pak Bei dari Jawa Tengah, tapi tenang ada keterangan maknannya dalam bahasa Indonesia.

Detail Buku:
Judul : Pak Bei Sok Tahu
Pengarang :Masdi
Penerbit : Kepustakaan Populer Gramedia
Rating : 8/10

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Mei 28, 2015.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: